Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Mancing Casting (kesting) dan Tajur Ikan Gabus

Saat mancing ikan gabus kebanyakan angler mengunakan tekhnik casting (kesting) atau ngetek baik mengunakan pancing katrol atau juga secara berjalan berpindah-pindah lokasi. Terkadang banyak juga para pemancing ikan gabus yang tidak sabaran, sehingga tidak terlalu lama menunggu pancing ia diamkan atau ditajurkan.
Mancing ikan gabus, kebanyakan memang mengunakan 2 cara ini yaitu di Casting atau Tajur. Dari kedua cara mancing ikan gabus ini tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

kelebihan dan kekurangan mancing gabus

Tapi jangan salah juga, dari ke 2 cara ini pun terdapat kesengan tersendiri. Sensasi dan rasa senangnya pasti berbeda-beda, namun saya pastikan untuk jenis pancing tajur untuk ikan gabus lebih banyak lagi manfaatnya.

Berikut kita ulas, kelebihan dan kekuarangannya masing-masing dari ke 2 cara mancing ikan gabus jenis ini.

Kelebihan dan Kekurangan Mancing Ikan Gabus di Kasting (Casting)

Untuk jenis ini lebih mengarah kepada hobi pemancingnya, sensasi yang di timbulkan biasanya saat ikan gabus menyambar umpa. Jblukkkkk. Jika sudah bersuara seperti ini, ada pemancing yang membiarkan beberapa saat sebelum di tarik, adapula yang tidak sabaran, begitu di sambar langsung sentak...

mancing kesting ikan gabus

Selain itu, bila bicara kelebihan mancing kesting ini lebih kepada kita mencari tempat ikan gabus bersembunyi.
Karena orang mancing kesting ikan gabus, mereka akan terus bergerak dan berpindah tempat.
Dari sini, akan membuat mereka lebih berpotensi mendapatkan ikan gabus yang besar dan banyak, atau malah sebaliknya mereka hanya akan membuat capek dirinya saja.

Selain kelebihan diatas, adapun kekurangan dari mancing ikan gabus jenis kesting ini lebih mengarah kepada keadaan tempat kalian memancing ikan itu sendiri. Bila lokasi atau spot kalian memancing terbiasa di kesting, maka siap-siap kalian tidak mendapatkan ikan gabus sama sekali, karena tekhnik kesting bisa membuat ikan gabus kapok dan jera memakan umpan kalian.
Karena tempat mancing yang biasanya dikesting tetap saja akan ada 1 atau lebih ikan gabus yang sudah menyambar umpan dan terlepas. Mereka akan takut menyambar lagi umpan yang kalian gunakan, walaupun tetap saja ada yang masih mau memakan umpan tapi itu pasti sudah jarang.
Selain itu, rasa capek dan panasnya terik matahari harus kalian pikirkan dan persiapkan diri kalian semaksimal mungkin untuk berangkat kesting ini. Air minumpun harus disediakan lebih banyak, terbilang lebih boros air.

Diatas, adalah kelebihan dan kekuarangan bila kalian mancing ikan gabus mengunakan tekhnik kesting. Lantas apakah mancing ikan gabus dengan tekhnik tajur lebih baik???

Kelebihan dan Kekurangan Mancing Gabus di Tajur

Mancing ikan gabus dengan cara menajur sebenarnya lebih banyak manfaatnya, yang utama adalah lebih berpotensi mendapatkan banyak ikan gabus. Alasannya seperti ini, orang menajur ikan pasti membawa lebih banyak pancing ketimbang yang kesting, dari sini potensi untuk mendapatkan lebih banyak ikan akan semakin besar.

mancing tajur ikan gabus ganas

Selain itu, bagi yang lokasi pekerjaannya dekat dengan spot tempat memancingnya tidak akan meninggalkan kerjaan. Mereka bisa berangkat dipagi hari dan memasang pancing tajurnya kemudian langsung kerja, saat istirahat mereka bisa melihat tajur ada yang kena atau tidaknya, atau hanya sebatas menganti umpannya saja.

Mancing tajurpun tidak akan membuat banyak tenaga terkuras, karena setelah dipasang mereka bisa beristirahat sembari menunggu tajur mereka dimakan oleh ikan gabus.

Tapi tetap saja, baik mancing kesting atau tajur tetap memiliki kekurangannya. Mancing tajur juga ada kekurangannya, mereka yang memasang tajur harus siap kehilangan ikannya.
Misal, saat mereka memasang tajur dan ada ikan yang kena tapi mereka belum melihatnya, bersamaan dari itu ada pemancing lewat atau orang yang mengetahui ada ikan gabus yang kena terus di ambilnya.haha (pengalaman pribadi).
Selain yang saya tulis diatas, terbilang uang lebih banyak dikeluarkan untuk membeli mata kail, juga harus rajin memeriksa apakah tajur ada yang kena, atau umpan sudah habis dan harus diganti.

Tapi ya semuanya, kembali kepada anglernya sendiri, sukanya mancing kesting atau najur, karena semuanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.