--> Skip to main content

Cara Memilih Joran Pancing Yang Lentur, Kuat dan Ringan

Cara memilih joran pancing yang kuat, lentur dan tidak mudah patah susah-susah gampang sih sebenarnya, kalian pasti pernah atau melihat pancing teman kalian yang patah, baik saat menarik ikan besar atau gak sengaja karena nyangkut di kayu, begitu di paksa tarik bunyinya Cetttaakkk. Nah bila kalian tidak ingin joranya mudah patah, maka harus benar-benar bisa memilih joran yang bagus dan pas dengan isi kantong kalian.

Cara memilih joran pancing yang kuat, lentur dan tidak mudah patah susah-susah gampang sih sebenarnya, kalian pasti pernah atau melihat pancing teman kalian yang patah, baik saat menarik ikan besar atau gak sengaja karena nyangkut di kayu, begitu di paksa tarik bunyinya Cetttaakkk. Nah bila kalian tidak ingin joranya mudah patah, maka harus benar-benar bisa memilih joran yang bagus dan pas dengan isi kantong kalian.

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum membelu joran pancing ini, yaitu bahan yang digunakan dan kapasitas bobot angkatan dari joran pancing yang akan kalian beli. Pada umumnya, di joran pancing sudah tertera LBS kekuatanya, jadi kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalian untuk memancing.

Beberapa merek joran pancing yang terkenal adalah:

  • Shimano.
  • Exori.
  • Jingjie.
  • Ultra Ligth.
  • Venom Furtue.
  • Dan masih banyak lagi yang lainya.

Merek joran pancing ternama di atas bisa dipastikan sudah amat terkenal bahkan mungkin kalian tau nama itu, bahkan setiap merek mengklaim bahwa buatan merekalah yang terbaik dan terkuat. Sebenarnya bisa jadi joran buatan mereka bagus, tapi kembali lagi pada kalian yang mungkin tidak tau jelas tentang bahan dan jenis joran pancing yang kalian beli sehingga terasa sangat mudah patah.

Tapi sebaliknya, bila kalian paham dengan joran pancing, sudah bisa dipastikan sebelum membelinya kalian sudah bisa menyesuaikan pilihan kalian untuk target ikan yang akan kalian paning. Untuk itu, tidak ada salahnya kita berbagi sedikit pengalaman.

Bahan Joran Pancing

Hal utama yang harus benar-benar kalian ketahui adalah bahanya, ada beberapa joran pancing yang memang mengunakan bahan yang sangat mudah patah, bisa di katakan untuk joran dengan harga yang murah. Karena joran tanpa kualitas, sudah pasti harganya murah dan bahan yang di gunakan juga entah dari apa yang jelas pasti mudahlah patah.

Untuk itu, saat kalian akan membeli joran perhatikanlah dulu bahan yang di gunakan, karena joran pancing terbagi 2 kita akan bahas satu persatu dulu.

1# Joran Antena / Susun.
Untuk yang standart bila kalian membeli joran antena, usahakan dengan berbahan karbon. Pada umumnya, joran dengan bahan karbon lebih tahan di banding yang lainya, tapi kalian juga harus jeli dalam memilihnya, karena bisa saja bahan karbon pada joran yang akan kalian beli hanya tulisan saja.

Selain bahan, perhatikan juga jarak antara ring 1 dan yang lainya, bila memungkinkan usahakan kalian membeli joran antena yang jarak ringnya tidak berjauhan seperti biasanya. Tapi tetap jangan lupa, perhatikan juga LBS kekuatanya, bila kalian tidak paham juga tanyakan langsung pada pemilik toko pancingnya.

2# Joran Sambung.
Hampir rata-rata joran sambung ini memiliki kekuatan yang benar-benar kuat, tapi hanya untuk yang berbahan fiber saja. Karena biasanya, joran sambung ini ada beberapa macam selain fiber, tapi usahakan kalian membelinya yang asli fiber bila ingin tahan joran pancing kalian.

Selain bahan, ada beberapa hal lain yang sebaiknya kalian ketahui bila ingin membeli joran pancing ini.

Cara Memilih Joran Pancing

Selain bahanya, kalian harus tepat dalam memilihnya. Yang sebaiknya kalian pilih adalah joran dengan kelenturan yang cukup pada bagian ujungnya.

Antara joran antena dan sambung hampir sama saja, bila bahanya bagus belum tentu ujungnya lentur. Usahakan memilihnya jangan yang kaku, karena bila joran kaku biasanya tidak tahan dengan sentakan ikan walaupun kuat. Selain kelenturanya, kalau bisa cari yang ringan, tapi rata-rata joran pancing yang lentur dan ringan harganya juga lumayan tapi untuk harga yang standart kalian juga bisa memilih.

Jadi intinya untuk memilih joran pancing yang kuat itu di lihat dari bahan, kelenturan, ringan dan yang terpenting kekuatan dari joran itu sendiri. Bila kalian sudah memilih joran yang tepat seperti yang saya sarankan, semua tinggal tergantung kalian lagi yang mengunakanya karena sekalipun joran pancing kuat dan mahal bila kalian mengunakanya sembarangan tetap saja akan mudah patah.