Skip to main content

Cara Buat Pancing Tegek Kuat Tidak Mudah Patah

Cara Buat Pancing Tegek Kuat Tidak Mudah Patah. Sebenarnya pancing tegek apa saja itu pastinya awet dan tidak mudah patah, namun tinggal kembali sama yang mengunakanya, ada yang mengunakan pancing tegek awet dan tahan lama tapi ada juga yang pakai tegek tidak lama langsung patah. Jadi, sebenarnya semua tinggal kita sendiri yang mengunakanya, kalau di rasa pancing tegek kita tidak begitu kuat dan mudah patah pastinya kita bisa melihat kekuaranganya sekalian bila perlu langsung saja di perbaiki yang sudah patah atau di beri tambahan untuk menjadi kekuatan dari pancing tegek.

Cara Buat Pancing Tegek Kuat Tidak Mudah Patah. Sebenarnya pancing tegek apa saja itu pastinya awet dan tidak mudah patah, namun tinggal kembali sama yang mengunakanya, ada yang mengunakan pancing tegek awet dan tahan lama tapi ada juga yang pakai tegek tidak lama langsung patah.

Hal yang pertama sekali membuat pancing tegek mudah patah itu biasanya kekuatan dari bahan untuk pembuatan tegeknya, sebut saja ruas carbon yang tidak begitu kuat dan hampir kebanyakan pancing tegek itu tetap di carbon itulah yang membuatnya pecah saat di gunakan. Terutama saat digunakan mancing pas dapat ikan yang besar (babon), dengan bobot yang berat dari ujung tegek mentiung sampai ke beberapa ruasnya, kalau di tahan terus terkadang pangkal atau ujung ruasan akan pecah dan langsung patah, nah inilah penyebab kebanyakanya.

Maka dari itulah, saat pertama kali membeli tegek kebanyakan pemancing menambahkan bahan seperti ring di setiap ruasanya, tinggal tergantung panjangan dan beras ruas yang di gunakan pada tegek yang kalian beli. Biasanya dipasang 5 - 7 ring pada ruas tegek, pengunaan ring ini biasanya sudah cukup untuk buat pancing tegek menjadi lebih kuat terlebih lagi pengunanya termasuk orang yang awet mengunakan alat pancing.

Selain mengunakan ring, masih ada cara lain untuk membuat tegek menjadi kuat seperti ring, salah satunya mengunakan Solasi lakban hitam yang biasanya digunakan buat kabel. Nah dengan melingkari Solasi hitam pada bagian-bagian ruas yang di perlukan. Kalau pemasangan Solasi hitam itu tepat, maka joran tegek juga bisa dipastikan cukup kuat untuk di gunakan mancing.

Selain mengunakan Solasi untuk pancing tegek, masih ada cara lain yang biasanya di gunakan yaitu Benang Jahit dan Lem Setan (korea). Untuk membuatnya tinggal melingkari Benang jahit yang di rasa kuat sampai selesai lalu teteskan dengan lem setan, pengunaan lem dan benang ini bisa di pastikan lebih kuat dan awet dari Solasi karena kelebihan pemasangan benang ke ruas tegek ini lebih tahan lama dan tidak bisa lepas walaupun kena air, berbeda dengan Solasi yang kadang kalau kena air bisa lepas sendiri ataupun terkelupas.

Jadi pengunaan bahan seperti ring, benang dan solasi pada joran tegek itu fungsinya sama saja untuk menambahkan kekuatan dan ketahanan pada ruas joran tegek. Untuk kekuaranganya kalian bisa rasakan sendiri yaitu setiap ruas tegek tidak bisa tersusun rapi saat kalian akan pulang mancing, berbeda bila kalian tidak mengunakan alat-alat seperti di atas, setiap ruas tegek akan rapi saat pulang mancing ataupun berangkatnya lagi sekaligus bagian ujungnya bisa di pasang penututupnya.

Tapi beberapa orang yang mengunakan benang jahit sering di temukan susunan ruas tegek masih bisa rapi di susun. Walaupun bisa rapi atau tidak pengunaan cara untuk buat pancing tegek ini kuat semuanya tinggal kembali pada pemilik dan yang mengunakanya mau awet atau tidak joran tegek yang ia gunakan.