Skip to main content

Umpan dan Cara Mancing Ikan (hitam) Sitam

Mancing ikan terkadang memiliki target ikan tertentu. Walaupun terkadang malah bukan ikan yang diharapkan memakan umpan yang Anda lemparkan. Kendati demikian, tidak akan meninggalkan rasa suntuk dan bosan karena lelah menunggu ikan target menyambar umpan yang digunakan.

Contohnya ikan sitam (hitam), untuk memancing ikan ini tidaklah sulit apa bila mengetahui umpan dan cara memancingnya serta memilih spot tempatnya bermain. Selain itu ikan sitam juga ada waktu tertentu bila ingin memakan umpan. Bentuk dari ikan sitam hampir mirip ikan mas namun keseluruhan warnanya adalah hitam legam. Ikan ini sangat cocok bila berada di aquarium sebagai ikan hias.

Umpan dan Cara Mancing Ikan (hitam) Sitam

Selain itu, kerap kali ikan sitam dijadikan target memancing. Selain tarikannya yang kuat, dikenal juga bahwa ia ikan yang kuat dan pantang menyerah bila terkena pancing karena itulah banyak para pemancing yang mengincar untuk mendapatkan kesempatan strike ikan sitam ini.

Cara Memancing Ikan Sitam

Untuk memakan umpan pancing, ikan sitam juga memilih tekhnik pemancingnya. Sekalipun umpan yang digunakan cocok dan memang untuknya, bila tidak pas dalam memasang timah pemberat dan mata kail ikan ini tidak juga mau memakan umpan pancing Anda.

Setidaknya ada beberapa tekhnik untuk memancing ikan sitam ini, tapi biasanya hanya 2 saja yang biasa digunakan para pemancing yaitu:
  1. Mata Kail Gantung diatas timah pemberat.
  2. Mata Kail Gantung di bawah timah pemberat.
Diantara ke 2 cara memasang mata kail tersebut tidaklah boleh sembarangan. Karena dalam memancing ikan sitam ia jarang memakan umpan dasaran walaupun pernah orang mendapatkannya dengan teknik dasaran namun sangatlah jarang.

Untuk membuat mata kail seperti yang telah saya sebutkan diatas adalah:

1 Mata Kail diatas timah
Mengikat senar dan mata kailnya harus diatas timah pemberat. Ada baiknya, Anda memasang kili-kili berukuran kecil dan menganjalnya dengan karet stoper atas bawah, tujuannya untuk mempermudahkan Anda menaikan dan turunkan posisi mata kail.

Untuk teknik yang pertama ini, usahakan jarak mat kail 6-9 cm diatas timah pemberat. Untuk ukuran panjang senar ke mata kail bisa Anda gunakan setengah meter saja.

2 Mata Kail Di Bawah timah
Untuk yang ini, pemasangan mata kail sama saja dengan yang pertama. Hanya saja disini Anda harus memanjangkan senar ke mata kail hingga 1 setengah meter panjangnya.

Dan jarak antara timah dan kili-kili penghubung mata kail bisa Anda naikan sejengkal saja di atas timah. Sehingga umpan akan terus bermain bila terkena arus air.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui umpan yang cocok untuk ikan sitam ini. Karena tidak sembarangan umpan mau dimakannya.

Umpan Jitu Ikan Sitam (hitam)

Ikan ini, cenderung suka dengan umpan yang beraroma wangi. Karena itu, Anda bisa mengunakan umpan yang berasal dari roti seperti:
  • Roti gabin di ulen.
  • Roti crispy (keju) di ulen.
  • Umpan buatan campuran roti.
  • Dan sebagainya yang beraroma wangi.
Akan tetapi, mengetahui umpannya belum tentu Anda bisa mendapatkannya karena ada tata cara memasang umpannya, karena bila sembarangan juga tidak akan dimakannya.

Cara Memasang Umpan Roti
Pastikan umpan yang Anda gunakan awet terkena air, setidaknya mampu bertahan lama di dalam air.

Bila Anda mengunakan umpan roti gabin yang di campur air, usahakan mencampurkan sedikit tepung kanji (sagu) supaya awet. Bila roti crispy (keju) yang dilumat dengan air, biasanya mampu bertahan lebih lama di dalam air.

Bila Anda mengunakan umpan roti yang di injak-injak dan gunting bentuk kotak-kotak kecil, usaha mengunakannya hanya 5 saja, karena jika kebanyakan ikan ini juga tidak akan mau memakan umpan.

Selain umpan dengan aroma wangi, terkadang ikan sitam juga mau memakan umpan kulit kelapa sawit. Biasanya digunakan dengan cara di parut terlebih dahulu, atau di tumbuk dan diberi campuran kapas. Bila Anda sedang hoki, umpan cacing sekalipun biasa mau dimakan oleh ikan sitam ini tapi jarang.

Perlu Anda ketahui, ikan sitam termasuk manja bila dipancing karena itulah Anda harus sabar dalam memancingnya. Selain Anda harus mengetahui, cara memancing dan umpan ikan ini, Anda juga harus mengetahui spot yang banyak ikan sitam ini.

Spot Tempat Ikan Sitam Bermain

Ikan ini pada umumnya, suka bermain di air deras. Tapi tepatnya dilubuk atau air yang dalam namun berarus.

Selain itu, lokasi bernapal atau pasir yang keras juga tempat bermain ikan sitam ini. Karena itu, bila Anda ingin mencari lokasi yang cocok untuk ikan jenis sitam ini, usahakan Anda memancingnya dilokasi yang banyak napal atau lubuk berarus.

Untuk lebih jelasnya ikan sitam ini, bisa tonton videonya dibawah ini.