Skip to main content

Umpan Ikan Baung Selain Kucur, Kijing (Kerang) Di Busukan

Umpan terbaik dan jitu untuk ikan baung bukan hanya kucur saja, dimana orang lebih mempercayai mengunakan umpan ini sebagai cara praktis untuk bisa mendapatkannya saat memancing.

Kucur bukanlah satu-satunya umpan yang jitu untuk memancing ikan baung. Walaupun sangat dipercayai bahwa ikan baung sangat suka dengan umpan yang busuk dan beraroma tajam dan kuat. Tapi pada kenyataannya banyak pemancing yang mengunakan umpan kucur gagal dalam mendapatkan ikan baung saat memancing yang di dapat hanyalah baunya yang menyengat saja.

Umpan Ikan Baung Selain Kucur, Kijing

Menurut pengamalan saya, umpan yang paling ampuh untuk ikan baung adalah Kijing yang dibusukan sehingga akan memberikan aroma yang khas dan tidak ada ampunnya, selagi lokasi tempat Anda memancing ada baungnya pasti di sambar.

Sekalipun ikan baung berada di kejauhan sarangnya, bila tercium aroma Kijing yang sudah di busukan ia akan langsung keluar dan mengikuti aroma tersebut.

Untuk membuat umpan baung mengunakan Kijing (kerang) yang dibusukan, ada cara dalam pembuatannya unuk itu silahkan Anda mengikuti tata cara pembuatannya dibawah ini.

Bahan Membuat Kijing (kerang) busuk

Untuk membuat olahannya, tentu Anda harus menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Adapun yang harus Anda siapkan sebagai berikut:
  1. Kijing (kerang) makin besar makin bagus
  2. Botol aqua utuh jangan ada sedikitpun yang bocor
  3. Masaki ayam
  4. Dan wadahnya.
Untuk membuatnya, lebih baik saat siang hari yang panas, untuk lebih jelasnya sebagai berikut:
  1. Kijing (kerang) pertamaa-tama dikeluarkan dari cangkangnya, bila kesulitan mengeluarkan paksa bisa Anda siram dengan air panas supaya lebih mengeluarkan isinya.
  2. Bila ukuran Kijing (kerang) besar maka potong-potonglah terlebih dahulu sesuai selera Anda untuk di kaitkan ke mata kail dan bila ukurannya kecil langsung saja ke tahap selanjutnya.
  3. Setelah Kijing (kerang) dikeluarkan, tarok ke wadah dan jemur supaya kadar air sedikit berkurang. Menjemurnya dikira-kira saja jangan sampai kering betul.
  4. Setelah dijemur campurkan masako dan aduk rata, bila ingin membuat banyak masukan masako lebih banyak juga. Tujuan mengunakan masako bukan untuk menyerap aromanya, tapi supaya Kijing (kerang) lebih cepat busuk.
  5. Setelah itu, masukan satu per satu Kijing (kerang) yang sudah Anda bumbuhi tadi ke dalam botol aqua dan tutup rapat. Ada baiknya sebelum menutup botol diberikan plasti dan tutup dengan rapat, tujuan supaya tidak ada oksigen yang masuk.
  6. Setelah simpan hingga 3 hari.
Ada hal yang harus Anda ketahui dalam pembuatan Kijing yang dibusukan ini, pengunaanya tidaklah bisa lama mungkin lebih kurang 1 minggu. Karena apa bila Kijing sudah terlalu busuk maka tidak bisa lagi di kaitkan ke mata kail ia akan langsung hancur.

Ketika pas 3, 4 dan 5 hari, umpan ini sedang bagus-bagusnya digunakan untuk memancing ikan baung. Dan yang perlu Anda ketahui adalah spot tempat Anda memancing harus ada ikan baungnya, karena bila tidak ada ikannya ya tau sendirilah dan Anda harus pindah spot mancingnya.

Dari sini perlulah kita sadari, mengunakan umpan baung dari Kijing (kerang) yang dibusukan termasuk umpan yang alami walaupun di proses dengan cara dibuat dulu tapi masih tetap tanpa bahan campuran yang aneh-aneh berbeda halnya dengan mengunakan kucur yang terbilang umpan sangat dibuat-buat dengan racikan yang tidak umum untuk baunya.

Dari itulah, mengapa umpan ikan baung mengunakan kucur banyak orang yang gagal dari pada berhasilnya. Berbeda dengan umpan Kijing yang dibusukan, hampir kebanyakan orang yang mengunakannya selalu berhasil mendapatkan ikan baung.

Walaupun kita yakin, saat mancing semuanya faktor rejeki. Tapi umpan adalah sebuah bentuk usaha kita yang maksimal. Termasuk membuat umpan ikan baung mengunakan kijing busuk yang juga termasuk sebuah usaha yang besar.

Sampai disini, semogga artikel tentang umpan kijing busuk untuk ikan baung bisa bermanfaat untuk kita semua.
Oldest Post