Skip to main content

Cara Mancing dan Umpan Ikan Juaro (juara) Yang Besar

Mancing ikan juaro (patin juara) sebenarnya tidaklah sulit bahkan cukup mudah untuk memakan umpan yang kita pasangkan. Akan tetapi bila tidak bisa memancingnya maka akan terasa sulit, maka dari itu yang harus Anda ketahui adalah umpan jitu ikan juaro dan cara memancingnya.

Umpan racikan untuk ikan juaro hampir sangat mudah untuk dibuat dan bahkan sangat mudah untuk ditemukan.

Cara Mancing dan Umpan Ikan Juaro

Sekilas untuk ikan juaro (juara) sebenarnya masih kerabat dengan ikan Patin. Tapi untuk jenis ikan Juaro (juara) terbilang sangat rakus bahkan apa saja yang lewat bisa saja dimakan bahkan sampah sekalipun akan dimakan juga.

Untuk umpan memancing ikan juaro ini, terdapat 3 umpan yang sangat sering digunakan oleh banyak orang dan mendapatkan ikan juaro ini. Dan berikut kita uraikan terlebih dahulu umpannya, yang setelah itu barulah kita masuk ke cara mancingnya.

Umpan Ikan Juaro Mengunakan Roti

Untuk jenis umpan ini yang paling utama dan banyak digunakan orang dan hampir semua ikan juaro akan memakan umpan jenis roti ini.

Tapi umpan roti yang digunakan bukanlah sembarangan roti saja. Akan tetapi rotinya dibuat dulu, kalo orang daerah saya banyak yang menyebutkan Cakui, untuk membuatnya silahkkan siapkan bahannya terlebih dahulu:
  • Tepung Terigu
  • Fernipan (pengembang kue)
  • Dan masako ayam
Setelah bahan diatas siap selanjutnya buatlah adonan, untuk meracik dan membuatnya sebagai berikut:
  1. Tepung dan fernipan lebih dulu di campurkan, adonan antara 3 sendok makan tepung dengan sedikit Fernipan di kira-kira saja untuk mencampurkan fernipannya dan aduk kering terlebih dahulu.
  2. Campurkan masako ke dalam air kira-kira sepermpat gelas air dan setengah sendok teh masokanya.
  3. Lalu masukan bertahap air masako ke dalam adonan tepung dan aduk hingga menjadi adonan keras. Ingat jangan langsung memasukan semua airnya karena jika berlebihan bisa membuat adonan menjadi lembek.
  4. Telah adonan jadi, puntir-puntir mengunakan tangan dan dibuat memanjang kira-kira seukuran rokok mild atau lebih besar dikit, setelah dibuat semua diamkan hingga 10 menitan.
  5. Terakhir goreng adonan yang telah jadi tadi hingga matang. Dan siap di gunakan untuk mancing.
Untuk umpan jenis ini, biasanya digunakan dengan cara di gunting-gunting kecil supaya bisa dimasukan ke mata kail.

Dan untuk selanjutnya, Anda bisa bisa mengunakan umpan Jangkrik untuk memancing ikan juaro ini. Atau bisa juga mengunakan pentol bakso.

Pada dasarnya, ikan juaro bisa saja memakan hampir semua umpan yang Anda pasang. Intinya mengerti cara untuk memancingnya!

Cara Tepat Mancing Ikan Juaro

Pada khususnya, ikan juaro ini bermain pada permukaan air dan paling dalam hanya semeter saja dari permukaan air. Dengan begitu apa bila Anda memancingnya mengunakan tekhnik dasaran maka sulit dipastikan bisa mendapatkannya.

Untuk memancing ikan juaro, dibutuhkan Lead senar ke mata kail yang panjang lebih kurang 1 meteran. Dan usahakan mengunakan tekhnik pancing gantung, atau senar yang ke maia kail diatas batu (timah) pemberat.
Tujuan tekhnik gantung supaya umpan bisa lebih terlihat oleh ikan juaro, khususnya yang berada di air yang dalam. Dan khususnya bila Anda ingin mencari ikan juaro berukuran besar, tempat yang dalam merupakan yang paling cocok.
Selain itu ada cara yang simpel memancingnya yaitu mengunakan tekhnik Casting atau bisa juga mengunakan pelampung, tapi hanya untuk kondisi air yang tidak terlalu ber arus deras.

Selain itu, ikan juaro yang berukuran besar berbeda dengan yang kecil. Terdapat sedikit perbedaan dalam memancingnya, dan jika Anda memang ingin mendapatkan yang besar harus mengunakan cara yang sedikit berbeda.

Umpan dan Cara Mancing Ikan Juaro Yang Besar

Hal yang paling umum dan perlu Anda ketahui adalah: Ikan juaro yang berukuran besar minimal diatas 1 KG jarang berkeliaran di air yang berarus, ia cenderung main di daerah air yang dalam seperti lubuk pada sungai

Nah apa bila Anda ingin memancing ikan juaro dengan ukuran diatas 1 KG, carilah spot diair yang dalam. Ikan juaro dengan ukuran besar, memakan umpan hanya diwaktu-waktu khusus saja yaitu pagi hari antara jam 7-9 dan saat cuaca terasa sangat panas yaitu jam 12-14 siang.

Namun akan lebih pasti lagi untuk memancing ikan juaro berukuran besar cocoknya di malam hari. Ikan tergolong aktif di malam hari untuk yang berukuran besar dan bila yang kecil-kecil itu biasa saja tanpa harus melihat waktu.

Dan untuk cara memancingnya hampir sama saja seperti yang telah saya tulis diatas, hanya saja Anda harus mengunakan lead senar ke mata kail itu yang berukuran kecil, bening dan lemas. Semakin kecil dan halus senar maka semakin besar juga potensi Anda mendapatkan ikan juaro berukuran besar, karena itu bila ingin mendapatkan yang besar-besar untuk ikan juaro usahakan mengunakan senar yang kecil tapi kuat.

Selain senar dengan ukuran yang kecil dan halus, usahakan juga memilih senar yang kuat dan berwarna bening. Namun untuk ukuran ikan juaro yang kecil Anda bisa mengunakan senar ukuran sembarangan.

Dengan tekhnik dan umpan yang telah saya tuliskan diatas, insya allah dengan rezeki yang juga ada pada Anda tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan ikan juaro berukuran besar. Tapi dengan catatan bila ingin memancing yang besar ingat waktu yang telah saya tuliskan tadi. Semogga bermanfaat.