--> Skip to main content

Ikan Patin Tidak Mau Makan Umpan, Coba Racik Adonan ini !

Ikan patin kolam terkadang ada yang sangat sulit sekali dipancing, umpan apa saja yang dipakai tetap tidak mau makan juga sampai bosan ya sob nunggunya.hehe kalau sudah pusing, tinggal pulang saja sob terus bacain deh artikel ini dijamin ikannya ente bawa pulang besoknya.

Ada umpan andalan bila ikan patin kolam atau sungai tidak mau lagi makan umpan yang Anda gunakan. Tapi harus dilihat juga sudah berapa hari mencobanya, karena bisa jadi faktor cuaca dan airnya membuat ikan patin ngambek dan malas makan umpan yang Anda gunakan.

Ikan Patin Tidak Mau Makan Umpan

Karena jika ikan patin kolam cukup mengunakan pelet pasti nggak boncos. Berbeda dengan patin sungai yang dimana di dalam air sudah ada banyak sekali tersedia umpan yang bisa makan olehnya, dengan begitu apa saja umpan yang Anda gunakan jika tidak tepat maka akan sulit untuk menangkapnya.

Tapi Anda tidak perlu kuatir, jika ingin memancing ikan patin yang jelas terlihat tapi tak mau juga memakan umpan yang Anda gunakan boleh cobain umpan yang akan saya bagikan ini.

Tapi perlu diketahui, jika patin sungai dan kolam jelas berbeda untuk umpannya, Anda bisa mencoba mengunakanya salah satunya yang tepat dengan spot Anda memancing.

Umpan Ikan Patin Kolam

Bila dikolam pemancing atau rawa yang airnya tegenang dan tidak mengalir. Anda bisa mencoba membuat racikan umpan yang akan saya bagikan disini.

Pertama : siapkan roti tawar dan dencis kaleng, gunakan seperlunya. Tapi ingat usahakan membeli rotinya jangan banyak-banyak karena bisa mubazir.

Kedia : racikan umpan tersebut dengan cara:
Dencis kaleng terlebih dahulu dikeluarkan ikannya, tapi mengunakan isinya juga tidak masalah tapi dihancurkan terlebih dahulu dengan cara diblender atau terserah Anda. Kemudian campurkan dengan roti dan lumat sampai menjadi adonan tapi bisa di gunakan sebagai umpan. Maksudnya adonan roti yang sudah dicampur dencis bisa dikaitkan ke mata kail.
Bila Anda memancingnya dirawa dan ikan patin berada dibawa semmak atau reremputan, ada baiknya Anda membeli pelet cacing bakar dan sesekali di taburkan supaya ikan patin mau keluar karena aroma peletnya.

Untuk saran, usahakan membawa pancing lebih dari 1 dan di gunakan pada titik-titik tertentu. Setiap 15-20 menit gulung dan lihat umpannya, bila terlalu lembek dikuatirkan umpan mudah hancur saat digunakan.

Nah bila diatas sudah dibahas untuk ikan patin kolam atau rawa, bagaimana dengan yang di sungai??? Karena pasti lebih sulit!

Umpan Ikan Patin Sungai

Untuk yang jenisnya, akan berpengaruh pada senar dan tekhnik Anda memancing. Karena bukan saja umpan yang diutamakan untuk bisa bawa pulang ikan patin dan selfie-selfie :CMIW

Untuk ikan patin sungai yang susah memakan umpan, Anda bisa mencoba dengan sawit. Tapi sebelum digunakan sawit harus terlebih dahulu di rebus atau rendam selama 2-3 hari sebelum digunakan. Untuk cara pemasangan pada mata kail ada caranya:
Setelah kelapa sawit di rebus, kemudian di parut terlebih dahulu dengan tujuan mengambil dagingnya saja tidak dengan kelapanya. Dibutuhkan umbut (bagian tengah) batang pisang untuk menjalin umpan supaya terikat pada mata kail. Bila Anda tidak mau repot bisa campurkan dengan dengan kapas sambil ditumbuk.
Untuk cara memancingnya, usahakan lead senar ke mata kail panjang sekitar 1 meteran supaya umpan lebih terlihat oleh ikan patinnya.

Dengan mencoba ke tekhik dan mengunakan umpan yang telah saya sebutkan diatas insya allah Anda pulangnya tidak tangan kosong.

Tapi perlu disadari bahwa mendapatkan ikan saat memancing tergantung dengan rejeki masing-masing. Jadi saat memancing ikan sangat sulit untuk dipaksakan karena memang sudah ada kadarnya manging-masing. Semogga artikel tentang umpan ikan patin yang tidak mau makan umpan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.