Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tekhnik dan Umpan Ikan Gabus Yang Tidak Mau Makan Umpan

Ikan gabus memang sangat mudah di pancing, tapi pasti pernah tau ada loh ikan gabus nggak mau makan umpan apa saja yang digunakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan gabus juga bisa stress, terlebih apa bila sudah sangat sering terkena pancing namun lepas lagi.

Ada cara untuk memancing ikan gabus yang tidak mau memakan umpan yang digunakan. Selain itu, juga harus mengunakan cara yang benar dan pas.

Tekhnik dan Umpan Ikan Gabus Yang Tidak Mau Makan Umpan

Memancing ikan gabus biasanya mengunakan 2 tekhnik bila serius ingin mendapatkan banyak dan besar:

  1. Tekhik Tajur
  2. Tekhnik Casting.

Tapi disayangkan, bagi mereka yang hanya hobi sekadar memancing ikan gabus saja, tekhnik tajur tidak akan digunakan karena pasti terlalu lama untuk menunggu.

Begitu juga umpan, ikan gabus biasa memakan ikan-ikan kecil, karena termasuk predator gabus juga terkadang mau memakan sesama.

Karena termasuk dalam golongan predator inilah membuat ikan gabus sangat mudah dipancing.

Pantang liat ada binatang yang bergerak dan lewat diatasnya, ikan gabus akan langsung menyambar apa saja yang bergerak diatasnya sekalipun itu umpan mainan.

Jadi tak heran apa bila banyak pemancing Casting, lebih memilih mengunakan umpan mainan atau buatan untuk dikasting karena tidak akan mleset selagi ada ikan gabus pasti tetap akan disambar.

Untuk lebih jelas bila ingin memancing ikan gabus yang sudah tidak mau makan umpan, bisa mencoba beberapa umpan dengan tekhnik tajur.

Bagi yang belum mengetahui Tajur (Najur) untuk mancing ikan gabus bisa sedikit saya jelaskan:

Tekhnik najur adalah membiarkan pancing berada di satu posisi yang tepat dan lama, bisa ditarok sore ini dan diangkat ke esokan harinya. Atau juga bisa dikontrok mengunakan hitungan beberapa jam sekali di cek tajurnya.

Untuk ikan gabus yang tidak mau makan umpan lagi, tekhnik tajur merupakan satu-satunya cara yang tepat untuk menggangkat ke permukaan.

Tapi tajur yang digunakan kalau bisa lebih dari 1, bawa sekitaran 5 atau 6 pancing sekaligus yang diletakan pada posisi tertentu dengan spot yang ada ikan gabus.

Baiklah sekarang kita merujuk ke umpannya.

Mancing Ikan Gabus Mengunakan Cacing Gelang (gila)

Untuk umpan yang pertama bisa gunakan cacing dengan ukuran besar, biasanya disebut dengan cacing gelang atau gila (gilo).

Dengan menajur pancing mengunakan umpan ini, ikan-ikan kecil akan berdatangan dan memakan umpan.

Kalian tidak perlu kuatir umpan habis dimakan ikan kecil, tidak akan terkoyak sedikit pun karena ukuran cacing yang besar dan keras, selain itu ikan-ikan kecil yang mengerumbuli umpan akan memancing kedatangan ikan gabus.

Dengan begitu, sudah pasti ikan gabus akan memakan umpan cacing yang digunakan pada tajur. Karena sesaat setelah ikan gabus datang pasti ikan-ikan kecil akan berlarian ke segala arah.

Apa bila mengunakan tekhnik tajur dengan umpan cacing gelang berukuran besar tidak juga mau makan. Kalian mungkin bisa mencoba alternative lain dibawah ini.

MANCING TAJUR IKAN GABUS MENGUNAKAN ANAKAN LELE
Ini hanya sebagai alternative saja, karena pada unsurnya hampir sama dengan tekhnik Casting.

Ikan lele anakan yang berukuran kecil membuatnya akan terus bergerak bila dipasangkan ke mata kail.

Dengan gerakan yang terus menerus membuat ikan gabus merasa terganggu dan langsung memakan, tapi mengunakan tekhnik tajur ini harus sabar dalam menunggunya kalau bisa usahakan menunggu jauh dari tempat memancing. Karena bisa jadi ikan sudah trauma bila melihat manusia.

Apa bila mengunakan cara diatas tidak juga dimakan umpannya. Saya masih punya cara yang paling jitu untuk menangkapnya.

Bila kalian memancingnya pas musim kemarau dan kondisi air sudah mulai berkurang. Bisa langsung menguras saja tempat ikan gabus tersebut, karena mungkin memang ikan tersebut sudah tidak mau makan umpan lagi dan menjadi strees berat akibat terlalu sering dipancing dan terlepas.

Dengan menguras air, ikan gabus itu tidak akan bisa pergi kemana-mana lagi dan bisa dengan leluasa menangkapnya.

Bukan hanya itu saja kalian juga akan mendapatkan bonus ikan-ikan lain seperti betok, sepat dan lainnya.

Apa bila tidak memungkinkan untuk dikuras, masih ada kok sob tekhniknya lagi memancing ikan gabus yang tidak mau makan umpan ini. Caranya dengan bantuan decis dan PLN :CMIW

Tapi setidaknya, mancing adalah hobi, karena itu sob jika memancing ikan gabus dan tidak mau makan umpan apa saja yang telah digunakan, maka bersabarlah atau bisa pindah ke spot lain karena mungkin memang ikan tersebut bukan rejeki.

Nah sampai disini informasi tentang umpan ikan gabus yang sudah tidak mau makan umpan semogga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

2 komentar untuk "Tekhnik dan Umpan Ikan Gabus Yang Tidak Mau Makan Umpan"

  1. Mau tanya saya biasa mancing gabus di setu pake tehnik glosor...pake jangkrik...biasa nya dpt ada aja 2 atau 3 ekor...skrng ga sama sekali di makan...apakah lg proses kawin jadi gabus nya ga berkeliaran apa dia di sarang nya aja apa gmn ...ksh solusi nya dong mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mancing gabus kalo di alam liar bagusnya pakai casting (ngetek), tapi kalo lokasinya sudah sering di pancing coba pakai pancing tajur pakai umpan katak atau bisa juga cacing kalung berukuran besar.

      makasih sudah mampir di blog saya gan, salam fishing 🙏

      Hapus