Skip to main content

Cara Buat Umpan Cakui Warna Hijau, Kuning, Orange dan Putih

Umpan ikan mengunakan roti ada bermacam-macam yang dibuat. Para pemancing tidak akan pernah kehilangan akalnya untuk bisa membuat berbagai jenis umpan yang penting bisa mendapatkan ikan yang ia pancing.

Umpan cakui yang biasanya digunakan dengan cara di gunting salah satu dari sekian banyak umpan roti yang sering dibuat oleh para pemancing. Roti ini terbilang sangat mudah untuk dibuat dengan berbagai warna dan aroma alami.

Cara Buat Umpan Cakui Warna Hijau, Kuning, Orange dan Putih

Pada umumnya, cakui yang dibuat adalah mengunakan bahan-bahan dapur yang memberikan aroma khas untuk digunakan. Cenderung ia bisa beraroma wangi buah-buahan atau juga sedikit amis.

Beberapa jenis umpan cakui yang bisanya digunakan adalah dengan warna:
  1. Hijau
  2. Kuning
  3. Orange
  4. Dan putih.
Untuk bahan dasar pembuatan umpan cakui adalah Tepung dan Fernipam (pengembang kue) dan untuk memberikan warna dan aroma khas barula di tambahkan berbagai jenis tambahan.

Nah bila Anda ingin mencoba membuat umpan cakui, bisa ikuti tata caranya dibawah ini. Sekaligus membuatnya dengan berbagai warna dan aroma.

# Buat Cakui Hijau Aroma Pandan

Jenis ini sangat sering digunakan pada kondisi air yang sedang jernih. Target ikan pun bermacam-macam namun masih untuk jenis ikan yang bersisik.

Adapun bahan untuk pembuatan cakui jenis hijau ini adalah:
  • Tepung terigu
  • Fernipam
  • Dan Pasta Kue Pandan.
Untuk membuat adonanpun tidaklah sulit, Anda bisa dengan mudah mengikuti tata cara pembuatannya. Ikuti dengan benar dan silahkan ditambahi dengan kelipannya bila ingin membuat cakui lebih banyak lagi.

Cara Membuat Adonan Cakui Hijau
Pertama ambilah wadah untuk mengadon, ambil tepung terigu 2 sendok makan dan campurkan terlebih dahulu dengan Fernipam setengah sendok teh.

Setelah diaduk langsung, kemudian ambilah gelas masukkan Pasta Kue Pandan terlebih dahulu dengan air yang dikira-kira saja. Selanjutnya campurkan air dengan dikira-kira saja sambil di aduk.

Aduklah adonan hingga menjadi pulen, tidak terlalu lembek bila dirasa perlu ditambahkan Tepung Terigu karena lembek tambahkanlah sedikit demi sedikit saja.

Setelah adonan jadi, kemudian puntir dengan telapak tangan kiri dan kanan menjadi sebesar-besar rokok mild saja. Setelah dibentuk biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu langsung goreng, untuk mengorengnya harap untuk tidak berlama-lama karena bila terlalu garing kurang bagus hasilnya.

Setelah umpan jadi, silahkan dibawa memancing untuk digunakan sebagai umpan. Untuk pengunaannya cukup digunting-gunting sesuai selera dan masukkan ke kail antara 5 biji hingga 7.

Kekurangan umpan cakui hihau ini adalah pada air keruh, ikan akan kesulitan untuk menemui umpan jenis cakui hijau bila tidak terlalu dekat dengan umpan.

# Umpan Cakui Warna Kuning

Cara untuk membuat umpan jenis ini hampir sama dengan yang berwarna Hijau tadi dalam adonannya. Hanya saja untuk campurannya yang sedikit berbeda.

Bila untuk yang berwarna hijau mengunakan campuran Pasta pandan. Untuk membuat yang kuning bisa Anda campurkan pasta kue aroma Nangka atau Durian.

Untuk pembuatannyapun juga sama seperti yang diatas tadi jadi bila Anda bisa membuat umpan cakui sudah pasti bisa menambahkan aroman dan berwarna kuning.

Untuk jenis lainnya Orange dan Putih bisa ditambahkan Serbuk Kunyit untuk berwarna Orange dan Jasjus Sirsak untuk yang berwarna putih.

Dalam pembuatannyapun sama saja. Terlebih dahulu campuran harus di larutkan ke gelas yang diisi sedikit air, tujuannya supaya bisa bercampur merata pada adonan umpan.

Pada umumnya, umpan cakui bisa digunakan dalam kondisi air keruh maupun jernih hanya saja umpan cakui sangat sering di sambar oleh ikan Juaro. Terlebih bila mengunakan mata pancing dengan senar lead yang panjang.

Namun walaupun demikian, umpan cakui dengan warna dan aroma ini sudah sangat terbukti untuk mendapatkan berbagai jenis ikan, salah satunya adalah Lampan dan Sitam. Karena memang umpan Cakui sangat sering di sambar dengan ikan-ikan bersisik.