Skip to main content

[UMPAN) Cara Mancing Ikan Belida (Belido) Besar dan Kecil √

Memancing ikan, bila tidak menentukan target sasaran pasti kurang seru. Terlebih bila berangkat memancing ikan bersama teman-teman yang menargetkan ikan, contohnya ikan belida nah ini jenis - ikan yang paling sulit untuk dipancing karena ada teknik dan cara khusus memancingnya.

Untuk bisa memancing ikan belida yang besar umpan yang digunakan berbeda dengan belida yang kecil dan ukuran sedang. Karena pada umumnya ikan belida hanya memakan umpan hidup seperti Udang dan Anak ikan kecil tapi tidak semudah itu terdapat cara untuk memancingnya.

[UMPAN) Cara Mancing Ikan Belida

Disini untuk para pemancing yang telah biasa mengincar khusus target ikan Belida pasti sudah pengalaman untuk memancingnya. Serta mengetahui cara yang benar baik dari segi:
  • Memilih Spot ikan belida
  • Melempar pancing
  • Umpan yang digunakan
  • Dan menarik saat ikan belida menyambar umpan.
Di atas adalah hal yang butuh diperhitungkan bila Anda ingin memancing ikan belida, bila kurang 1 saja maka kemungkinan Anda bisa gagal mendapatkan ikan belida sebagai sasaran target pemancingan.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah spot atau tempat yang banyak ikan belidanya. Bila di sungai, ikan ini bisa berada di bagian air yang agak deras hingga lubuk. Tapi pasti akan ada kayu di dalam air tersebut, karena ikan belida akan membuat sarangnya di bawa tumpukan kayu tersebut.

Untuk lebih jelasnya, bila ada ikan belidanya akan terlihat sesekali ia naik ke permukaan menghempaskan ekornya (nilap) disini bisa terlihat dan diperkirakan ukurannya besar atau kecil.

Mengetahui Tempat (Spot) Yang Banyak Ikan Belida Besar dan Kecil

Pada umumnya, ikan belida yang bersarang tidak hanya berukuran besar saja dengan bobot kiloan. Tapi yang dibawah sekilo lebaran 5 jarian juga sering berada di sarangnya.

Terdapat ciri untuk membedakan ikan belida yang besar dan kecil di sebuah lokasi pemancingan yang bisa Anda terka dan perkirakan, berikut adalah cirinya:
  1. Ikan Belida Besar
    Untuk yang berukuran besar, jarang akan menilap atau naik ke permukaan. Hanya sesekali saja yaitu sekitaran hari mau magrib dan besok antara jam 7 dan 8 pagi. Dan terlihat bagian ekornya yang neliap akan memberikan percikan air yang halus dan berserak banyak di bagian tertentu ia menilap.
  2. Ikan Belida Kecil
    Berbeda dengan yang berukuran kecil, belida yang besarnya hanya 5 jarian dalam sehari tidak terhitung nilap ke permukaan. Terbilang sangat sering, ini dikarenakan jumlahnya yang banyak.
Perbedaan di atas, membuat Anda bisa memikirkan untuk cara memancingnya dan umpan yang di gunakan karena untuk bisa membawa ikan belida untuk pulang tidaklah mudah!

Untuk jenis umpan dan cara memancingnya, sangatlah berbeda antara yang kecil dan besar karena ada jam tertentu dan cara yang tepat untuk mancing ikan belida ini.

Umpan dan Cara Mancing Ikan Belida Kecil 5 Jarian

Untuk ukuran kecil ini sangatlah rakus, kemungkinan para pemancing tidak harus mengunakan teknik dan cara khusus untuk bisa memancing ikan belida ukuran kecil ini.

Ikan belida kecil biasanya, memakan umpan terbilang sembarang terkadang Cacing tanah sekalipun mau di makannya. Akan tetapi bila Anda memang mengkhususkan mancing ikan belida gunakanlah Umpan Udang Hidup dan memasangnya di kail dengan cara menancapkan mata pancing pada bagian ekornya supaya udang bisa bertahan lama di dalam air.

Antara ikan belida besar dan kecil juga berkemungkinan besar memutuskan senar pancing. Karena itu harus waspada saat menariknya ke permukaan.

Bila Anda khusus memancing ikan belida besar dan kecil, maka usahakan mengunakan timah pemberat berukuran kecil dan jangan memasang leader mata kail di bagian atas timah karena sangat mudah untuk di gulung ke bagian leher ikan belida saat ia berputar terkena pancing Anda, sekalipun senar selalu kencang pasti akan kendor bila ikan belida berputar nanti.

Gunakanlah cara dasaran yang dimana kail dan senar utama langsung terhubung. Jangan juga mengunakan kili-kili sebagai pembatas bagian timah pemberat, gunakan saja karet stoper.

Untuk melempar umpan pancingpun tidaklah boleh sembarangan bila sudah mengetahui sarang ikan belida. Karena pada umumnya ikan belida besar dan kecil hanya akan memakan umpan di bagian atas arus sungai yang dekat pada sarangnya. Bisa sekitar 10 - 15 meteran ke bagian atas sarangnya, nah lemparkan umpan di sini.

Jangan kuatir umpan dibawa arus air ke pinggir, karena ikan belida tidak akan menyambar umpan yang di bagian tengah. Ikan belida selalu makan di pinggir sungai, terkadang juga ada yang memakan umpan dibagian tengah namun jarang.

Untuk ikan belida ukuran kecil ini sangatlah ganas. Anda bisa mendapatkannya dalam jumlah yang banyak bila menemukan sarangnya dan mengunakan umpan udang ini, dan yang jelas menerapkan cara yang saya bagikan diatas tadi.

Nah bila Anda sudah tau cara mancing yang kecil untuk ikan belida. Berbeda dengan cara mancing yang besar dan umpan yang digunakan.

Umpan dan Cara Mancing Ikan Belida Ukuran Besar

Pada umumnya, kebanyakan orang memang tanpa disengaja bila mendapattkan yang berukuran besar ini. Karena memang tidaklah mudah memancingnya. Seseorang pemancing khusus ikan belida biasanya tau persis umpan yang digunakan dan cara memancingnya.

Selain itu ada jam-jam tertentu saja untuk memancing ikan belida berukuran besar ini. Biasanya jam yang tepat untuk berangkat mancingnya adalah setengah 3 subuh dan tepat jam 3 setengah 4 Anda sudah di lokasi.

Karena ikan belida berukuran besar hanya mau makan umpan di subuh dan pagi hari. Selain itu malam di atas jam 7 sampai 10 saja, bila lewat dari itu segeralah untuk pulang!

Untuk bisa mendapatkan ikan belida ukuran besar ini, gunakanlah umpan Anak ikan betok atau sepat. Usahakan membawa pancing lebih dari 1 dan jika memungkinkan gunakan juga umpan udang hidup. Berikan sedikit uluran senar atau kendorkan senar Anda saat sudah melepar pancing.

Jangan lupa juga gunakan timah berukuran kecil, karena biasanya bila ikan belida besar yang menyambar umpan ia tidak langsung memakan ditempat akan tetapi membawanya dulu beberapa jauh atau mematikan terlebih dahulu umpan yang digunakan. Untuk pastinya, umpan akan dibawa masuk ke sarangnya dan barulah dimakan.

Disinilah fungsinya Anda mengunakan timah pemberat ukuran kecil. Selain bisa dibawa oleh ikan juga tidak menyangkut saat dibawa masuk ke sarangnya.

Banykan para pemancing yang sering terkecoh, saat melihat ujung pancing yang bergoyang langsung ditarik. Padahal bila memancing ikan belida, ini masih hanya dibawa saja belumlah di makan.

Dan juga perlu diperhatikan, saat memainkan ikan belida yang terkena pancing usahakan senar selalu kencang, bila kendor dan ikan belida terbang ke permukaan air dan berputar bila senar terkena hempasan ekornya sudah bisa dipastikan senar Anda akan terputus.

Jadi saat ikan belida berukuran besar memakan umpan Anda, usahakan senar selalu dalam keadaan kencang. JANGAN KASIH KENDOR!!!!

Nah bila Anda sudah mengerti umpan yang digunakan dan cara mancingnya. Silahkan dicoba dan semogga berhasil untuk mengunakan umpan dan cara memancing ikan belida besar dan kecil.