Cara Mancing dan Umpan Ikan Sebaraw √

Ikan sebaraw salah satu dari sekian banyak ikan yang suka bermain di arus sungai yang deras, sesekali ikan sebarau akan terlihat melompat ke permukaan air pada siang hari terutama di pagi hari. Banyak orang yang sama sekali pengen memancingnya, tapi sayang dengan arus yang deras sangat sulit untuk menentukan lemparan.

Selain tempat melempar pancing, umpan ikan sebaraw juga tidak sembarangan walaupun sesekali ia juga mau memakan cacing dan jangkrik namun bukan itu umpan aslinya.

Cara Mancing dan Umpan Ikan Sebaraw √

Untuk bisa membawa pulang yang banyak dan besar-besar untuk ikan sebaraw, dibutuhkan umpan khusus yang menjadi makanan favoritenya yaitu anak ikan kecil. Selain itu ikan sebarau juga sering menyambar apa saja yang terlihat berkilau di lihatnya dan inilah salah satu keunikan dalam memancing ikan sebaraw.

# Umpan Buatan Untuk Mancing Ikan Sebaraw

Salah satu yang paling banyak digunakan oleh para pemancing ikan sebarau adalah umpan mainan. Biasanya dibuat dari timah namun sebagian ada juga yang dibuat mengunakan besi stainles.

Anda bisa membuat umpan ini dengan mudah, karena hanya membuatnya menyerupai ikan-ikan kecil yang pipih. Peletakan mata pancing hampir sama pada umumnya umpan buatan yaitu pada ekor ikan buatanlah dipasangkannya mata kail.

Saat memancingnya, Anda cukup melemparkan ke arah arus yang deras. Dengan demikian umpan buatan Anda akan melayang-layang di dalam air karena terkena arus sungai yang deras. Dari situlah, nantinya ikan sebaraw akan menyambar umpan buatan yang Anda gunakan.

Sebagai Panduan saat mengunakan umpan buatan ini, sebaiknya gunakanlah kili-kili supaya umpan mainan yang Anda gunakan bisa berputar-putar dan tidak membuat senar yang Anda gunakan bergulung-gulung..

Selain itu, jangan lagi mengunakan timah pemberat bila mengunakan umpan buatan ini untuk memancing ikan sebarau. Kelemahan dari umpan buatan seperti ini, hanya bisa digunakan pada spot ikan sebaraw yang jarang dipancing oleh orang, bila spot menjadi langganan para pemancing maka Anda harus mengunakan umpan yang aslinya supaya bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

# Umpan Asli Ikan Sebaraw

Ikan sebarau hanya memakan ikan-ikan kecil, walau sesekali juga mau menyambar umpan cacing tanah tapi sangatlah jarang terjadi.

Untuk itu, bila Anda ingin mendapatkan ikan sebaraw dengan cara memancing mengunakan umpan aslinya maka Anda harus mengunakan anak ikan. Untuk yang paling cocok adalah anak ikan seluwang (seluang) sebagai umpannya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunakan anak ikan putihan seperti wader dan sepat. Cara mengikatkan kailnyapun harus pada bagian ekorkan supaya anak ikan ini bisa awet di dalam air.

Ingat jangan menancapkan kail pancing pada bagian punggung anak ikan, karena bila terkena arus justru ia akan berputar-putar dan sulit untuk di lihat oleh ikan sebarau. Bila pada bagian ekornya, walaupun berputar ia akan tetap terlihat sebagai anak ikan kecil.

Mengunakan umpan anak ikan untuk mancing ikan sebaraw, dibutuhkan timah pemberat yang cukup untuk melawan arus air. Usahakan juga Anda mengunakan kili-kili supaya putaran umpan tidak membuat rusak senar yang Anda gunakan.

Akan tetapi bila Anda, ingin mendapatkan ikan dengan berbagai jenis selain ikan sebaraw maka gunakanlah umpan yang netral saja seperti:
  • Cacing
  • Jangkrik
  • Belalang
  • Ulat Pisang
  • Dan Ulat Bambu.
Dengan umpan diatas, Anda bisa mendapatkan sembarangan ikan di arus deras dan bila memungkinkan maka Andapun juga akan mendapatkan ikan sebarau.

Namun sebenarnya, bila Anda memang berfokus menjadikan target mancing ikan sebaraw maka gunakanlah ke 2 jenis umpan yang telah saya tuliskan diatas.

Selain Anda mengetahui umpannya, ketahuilah pula bahwa ikan sebaraw akan sangat ganas menyambar umpan pada matahari terik dan panas tepatnya di jam-jam 1-2 siang saja. Selebihnya maka akan sangat jarang ikan sebaraw yang mau makan umpan.

Dengan mengetahui beberapa saran diatas, bila Anda terapkan dengan benar maka insya allah Anda akan mendapatkan ikan sebaraw yang banyak dan besar.

Posting Komentar untuk "Cara Mancing dan Umpan Ikan Sebaraw √"