[UMPAN] Dan Cara Mancing Ikan Putian (Wader) √

Mancing ikan putian memang mengasikan, karena terbilang sangat mudah dan banyak. Ikan putian sering juga di sebut dengan ikan wader akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui umpan jitu untuk memancingnya.

Umpan roti keju tipis atau yang sering disebut Crispy adalah umpan yang paling top untuk mancing ikan putian. Namun harus tau cara mengolah umpannya, karena tidak dibeli bisa langsung digunakan.

Umpan dan cara mancing ikan wader putian

Roti crispy yang renyah dan gurih ini harus di olah terlebih dahulu sebelum bisa menjadi umpan mancing ikan putian. Selain Anda harus mengerti cara mengolahnya, tekhnik mancingnya juga harus Anda ketahui supaya pas dalam memancingnya.

Untuk bisa mendapatkan ikan putian yang banyak hal pertama yang harus Anda ketahui adalah lokasi (spot) yang banyak ikan putiannya.

Biasanya ikan putian ini, bila di air paritan atau sungai-sungai kecil ia akan bergerombol dan bila umpan di masukan ke air akan langsung di sambar dengan cepatnya. Bila lambat menarik, bisa jadi umpan akan langsung habis saja, bila terlalu cepat menariknya juga salah.

Jadi antara, lokasi mancing (spot), umpan dan cara mancingnya harus diketahui dengan jelas supaya Anda tidak sia-sia saat memancing ikan putian ini. Bila langkah awal, yaitu lokasi mancing telah Anda tentukan selanjutnya mulailah untuk mengetahui peralatan yang digunakan.

# Ikuran Senar dan Mata Kail Untuk Mancing Ikan Wader

Seperti yang kita ketahui, ikan ini memiliki mulut yang kecil dan tipis. Maka dari itu untuk Anda yang ingin memancingnya, usahakanlah mengunakan mata kail berukuran kecil.

Selain mata kail, usahakan juga Anda mengunakan ukuran senar yang halus untuk bobot ikan dibawa setengah kiloan saja. Karena semakin halus senar yang Anda gunakan maka semakin besar juga kemungkinan untuk Anda mendapatkan ikan putian dengan cepat.

Perlu diketahui, karena biasanya ikan ini bergerombol maka Anda tidak bisa memilih khusus ikan yang besar-besar saja untuk dipancing. Besar kecil bila memakan umpan segeralah ditarik ke permukaan karena itulah bagian dari rejeki yang Anda perolah.

Bila peralatan sudah Anda siapkan, selanjutnya tinggal Anda membuat umoannya yang berbahan roti crispy ini, adapun cara mengadonnya:
  1. Belilah roti Crispy (keju) 1 bangkus. Tidak digunakan semuanya.
  2. Celupkan 3 - 4 keping ke dalam air sungai tempat Anda akan memancing.
  3. Masukan ke dalam plastik dan penyet-penyet sampai jadi seperti umpan pelet.
  4. Bila kekurangan air, bisa di tambahkan beberapa tetes saja. Jangan menambahkan air dalam jumlah yang banyak! Selanjutnya umpan siap untuk di gunakan.
Untuk cara mengunakan umpan, hampir sama seperti mengunakan umpan pelet dalam bungkus plastik, yaitu cukup gunting sedikit bagian ujungnya dan pencet supaya keluar umpannya dan tarok secukupnya pada mata kail.

Perlu Anda ketahui, mengunakan umpan ini jangan memancingnya dibagian arus air yang deras. Usahakan mencari spot yang berarus sedang namun banyak ikan putiannya.

Bila Anda mengikuti tata cara diatas, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan banyak ikan putian untuk dibawa pulang. Semogga artikel tentang cara mancing dan umpan ikan putian ini bisa bermanfaat untuk kita semua!

Posting Komentar untuk "[UMPAN] Dan Cara Mancing Ikan Putian (Wader) √"