Skip to main content

(Umpan) dan Cara Jitu Mancing Ikan Lele Di Kolam

Cara Jitu dan Cepat Mancing Ikan Lele di Kolam - Siang, Malam, Pemancingan, Harian, Galatama.  Memancing ikan lele dikolam pemancingan / empang ketika ini merupakan olahraga yang cukup digemari oleh banyak para pemancing mania dikarenakan umpannya yang cukup gampang didapat dan keagresifan si ikan lele dalam memakan umpan pancing menjadi saat-saat yang sangat dinikmati dan ditunggu-tunggu oleh para mancing mania.

(Umpan) dan Cara Jitu Mancing Ikan Lele Di Kolam


Ikan lele ini sebetulnya merupakan ikan Nokturnal yang pada habitat alamiahnya melaksanakan aktifitas pencarian makannya lebih kasar pada malam hari dan pada siang hari lebih kepada berdiam diri dan berlindung ditempat yang teduh dan gelap.

Tips Memancing ikan Lele di empang / kolam pemancingan Harian

Akan tetapi pada kolam pemancingan / empang ikan lele yang paling biasa digunakan untuk dipancing ialah hasil dari budidaya kolam / empang alias bukan dari alam, dikarenakan sudah semenjak dari kecil diberi makan baik dipagi hari, siang hari sore hari ataupun malam hari, ikan lele ini sudah tidak lagi menjadi  berprilaku nokturnal murni akan tetapi mencari makan disetiap ketika ia merasa lapar .

Beberapa Tips Memncing ikan lele pada kolam pemancingan harian / empang

1. Umpan
Untuk memancing ikan lele umpan yang digunakan :
    Cacing Tanah
    Ulat
    Serangga
    Potongan daging ikan dan belut (bisa dikukus, dibakar ataupun digoreng)
    Potongan daging unggas dan sapi (bisa dikukus digoreng ataupun dibakar)
    Telur Semut / Kroto
    Pelet lele yang sudah jadi dan dijual ditoko umpan dicampur dengan daging giling ataupun dicampur daging ayam yang sudah dikukus

2. Mata Pancing dan Benang pancing.
Gunakan kail / mata pancing ukuran 8 – 10 sesuai selera anda dan kaitkan 2 atau 3 mata kail, benang pancing yang besar lengan berkuasa untuk menarik ikan berukuran 3 Kg dan usahakan berwarna tidak terang. gunakan pelampung yang agak tinggi biar lebih gampang melihat pancing anda sudah dimakan atau belum oleh ikan.

3. Tempat / Lapak
Carilah Tempat / Lapak yang kira-kira berdasarkan anda galian tanah kolam pemancingannya cukup dalam walaupun pada ketika gres diatruh dikolam ikan lele akan eksklusif memutari kolam pemancingan tetapi besar kemungkinan ikan akan lebih dahulu menghampiri kolam yang lebih dalam galian tanahnya. Jika ada lapak pinggir dikolam tersebut yang bersisian dengan keramba ikan biasanya ikan lele akan menghampiri kesisi tersebut. Jika anda memancing disiang hari cari posisi daerah yang teduh dan apabi;la kelihatan ada lobang pada pinggir kolam pemancingannya biasanya ikan lele bersembunyi disekitar daerah tersebut.

4. Selera Makan Yang berubah-ubah
Pada ketika memancing bawalah lebih dari 2 macam umpan yang tertera pada No. 1 dikarenakan selera ikan lele yang cepat berubah dalam makan.

5. Benang Pancing yang sering ditabrak
Ikan lele yang berubah-ubah selera makannya pada ketika sudah berada didekat umpan anda biasanya ia hanya melewati umpan tersebut dan terkadang menyentuh benang pancing anda sehingga pelampung anda bergoyang. Pada ketika menyerupai ini sebaiknya anda segera menyentak pancing anda dengan cita-cita mata pancing anda tersangkut pada badan si ikan tersebut.

Teknik Cara Mancing Ikan Lele di Sungai dan Rawa

Jika secara kalkulasi populasi ikan lele memang terhitung lebih banyak daripada ikan konsumsi lainnya. Entah itu di sungai maupun rawa. Mancing ikan lele pun juga terbilang cukup seru mengingat jenis ikan predator yang satu ini juga populer liar dan tak segan menyambar kail pancing ketika sedang kelaparan. Terlebih lagi bila para masyarakat sudah mengetahui cara mancing ikan lele dengan benar, maka ikan yang berjulukan latin Clarias tersebut tidak sulit untuk didapatkan.

Bicara mengenai teknik cara mancing ikan lele, ada banyak hal yang perlu diketahui. Mulai dari jam kapan macing dan resep umpan ikan yang akan dipergunakan. Memang benar ikan lele termasuk ikan yang rakus dan terlebih lagi ketika sedang kelaparan. Hanya saja semua itu tetap tergantung kejelian setiap pemancing. Jika memancing di jam-jam yang sempurna dan menunjukkan masakan kesukaannya, maka ikan tesebut akan lebih gampang didapatkan.

Tentunya cara mancing ikan lele di sungai dan di rawa sendiri berbeda. Jika semisal dibandingkan, mancing ikan lele di sungai terbilang lebih mudah. Berbeda dengan ikan lele rawa yang mana cukup sulit mendeteksi keberadaannya mengingat volume perairan rawa rata-rata memang terhitung lebih dalam daripada di sungai. Oleh alasannya itu, baik umpan dan joran pancing yang dipergunakan sudah niscaya berbeda-beda.

Cara Mancing Ikan Lele di Sungai

Cukup banyak yang beropini bahwa teknik cara mancing ikan di sungai sama mudahnya ketika mancing ikan lele di rawa. Namun berdasarkan pendapat pribadi, sebetulnya mancing ikan di sungai lebih gampang daripada di rawa. Bahannya atau alatnya pun juga terhitung lebih sederhana. Bahkan para masyarakat sanggup memakai bambu atau joran pancing seadanya untuk mendapat ikan tersebut. Tinggal mengetahui jam-jam makannya, maka ikan lel sungai akan lebih gampang didapatkan.

Untuk dilema umpan sendiri tidak perlu memakai umpan yang mahal dan muluk-muluk. Jika sudah kelaparan, ikan lele sungai tidak akan berpikir dua kali untuk menyampar umpan yang diberikan. Umpan sendiri sanggup memakai cacing, kroto ataupun laron. Tinggal mengetahui dilema waktu atau kapan jam yang paling sempurna untuk mancingnya. Berdasarkan pengelaman pribadi, lele sungai dua kali lebih lapar ketika sedang hujan. Tingkat oksigen air sungai meningkat tajam ketika hujan dan itu membuatnya semakin kelaparan.

Cara Mancing Ikan Lele di Rawa

Rata-rata kondisi perairan rawa tidak ada bebatuan dan volume airnya juga terbilang lebih banyak daripada di sungai. Makara sudah niscaya cara mancing ikan lele di rawa berbeda, baik itu joran maupun umpan yang dipergunakan. Terhitung memcancing ikan lele rawa terhitung lebih membutuhkan biaya daripada di sungai. Hanya semua sangat sepadan yang mana rata-rata ikan lele rawa terbilang lebih besar (lele dumbo) dan liar daipada di sungai.

Pertama untuk dilema joran pancing yang dipergunakan. Semua tergantung kondisi atau tingkat kedalaman rawa. Jika rawa sangat dalam yang kedalamanya sekitar 3-4 meter akan lebih baik memakai umpan tiruan. Untuk rawa yang yang tidak terlalu dalam (1-2 meter) maka sanggup memakai beberapa jenis umpan yang sanggup dipergunakan.

Umpan Ikan Lele Rawa
    siapkan kuning telur yang sudah direbus
    tepung ikan
    tepung udang
    pelet
    bawang putih

cara: uleni menjadi satu campuran dengan air air seadanya, kemudian bentuk kecil-kecil sesuaikan dengan kail yang akan dipergunakan.