Umpan Cacing Nifah (Pumpun) Untuk Ikan Sungai

Umpan mancing memang ada bermacam-macam dari yang dibuat secara adonan kayak roti sampai jenis-jenis umpan hidup. Banyaknya cara pemacing untuk mendapatkan ikan terdapat cara yang bermacam-macam, dan yang paling kreatif adalah pemancing sungai karena akan terus terevolusi mengunakan umpan-umpan hidup ataupun buatan.

Cacing Nifah, Pumpum atau yang sering juga disebut Cacing Naga dan ini salah satu favorit pemancing yang di gunakan untuk berbagai jenis ikan. Umpan cacing nifah (pumpum) terdapat keunikan untuk mengunakannya dalam memancing di sungai.

Umpan Cacing Nifah (Pumpun) Untuk Ikan Sungai

Berbeda dengan cacing biasanya - cacing nifah sendiri jika dilihat dari segi fisik cacing yang memiliki kaki dan terlihat di atas kepalanya terdapat seperti tanduk kecil. Walaupun terlihat seram dan berbahaya, aslinya cacing nifah (pumpum) ini tidaklah berbahaya sama sekali.

Cacing nifah tidak mengingit, hanya saja akan geli saat digunakan karena ukurannya yang bisa mencapai 1 meteran. Untuk pemancing yang sendirian, cukup membawa 1 ekor saja bisa dipakai untuk mancing hingga sore hari bahkan belum habis saat sudah mau pulang.

# Kelebihan Cacing Nifah Untuk Umpan Dari Pada Cacing Biasa

Dalam mengunakan cacing nifah untuk memancing, sangatlah besar kemungkinan di sambar ikan ketimbang cacing biasa.

Pada umumnya, cacing nifah dan yang biasa mereka sama-sama amis dan umpan netral untuk segala jenis ikan. Tapi untuk cacing nifah lebih tahan lama dan awet walaupun sudah berjam-jam lamanya didalam air ia akan tetap bisa bergerak-gerak.

Dari warnanya yang merah muda dan keputian membuat umpan cacing nifah lebih cepat terlihat ketimbang umpan cacing biasa yang hanya mengandalkan bau amisnya saja.

Sebanrnya masih banyak kelebihan dari umpan cacing nifah ini tapi tidak bisa disebutkan satu persatu. Selain kelebihannya, cacing nifah juga terdapat kekurangannya yaitu:
Cacing nifah hanya ada didaerah tertentu saja, tidak semua tempat terdapat cacing ini. Karena itulah, tidak bisa sembarangan orang yang mengunakan umpan cacing nifah.
Kekuarangannya hanya terletak pada tidak semua tempat ada cacing ini. Selain itu, saya akui banyak kelebihan ketimbang kekurangannya bila digunakan unuk mancing ikan.

# Jenis Ikan Yang Makan Umpan Cacing Nifah

Hampir mirip dengan umpan cacing biasa yang netral di makan oleh banyak ikan. Namun mancing mengunakan umpan cacing nifah ini sangat diburu oleh ikan sebagai berikut:
  • Ikan Baung
  • Lele Rawa atau Sungai
  • Patin sungai
  • Ikan bersisik
  • Dan Hampir semua jenis ikan.
Jadi mancing mengunakan umpan cacing nifah ini tidak bisa menargetkan ikan tertentu, tapi memang digunakan sebagai mancing untuk mencari ikan sebenarnya.

Berbeda dengan umpan lainnya, yang digunakan untuk ikan-ikan khusus saja. Cacing nifah lebih kepada semua jenis ikan.

Selain itu, jarang ikan-ikan kecil yang di dapat oleh para pemancing mengunakan umpan cacing nifah ini. Karena ukurannya yang besar dan tekstur yang keras membuat umpan cacing nifah lebih lama bertahan di dalam air.

# Cara Mengunakan Cacing Nifah Untuk Umpan

Kebanyakan orang yang baru pertama kali mancing mengunakan cacing nifah biasanya akan bingung akan cara mengunakannya.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengunakan cacing nifah dibuat umpan, cukup di potong-potong sesuai selera dan besarnya mata pancing (kail) yang digunakan.

Ingat memotongnya harus dari bagian ekor, jangan dari bagian kepalanya. Karena bila memotong dari ekor, cacing nifah bisa lebih lama bertahan hidup walaupun sudah di potong-potong, bila dari kepalanya ia akan langsung mati.

Bawalah toples yang sudah di bolong-bolongkan bila ingin mengunakan umpan cacing nifah ini. Karena saat memancing nanti, Anda hanya butuh sedikit saja kurang lebih memotongnya hanya sejengkal saja. Selebihnya bisa Anda masukan ke toples untuk di gunakan nanti. Bila masih panjang, cacing nifah bisa bertahan dan di gunakan untuk mancing di keesokan harinya.

Selain itu, ada baiknya Anda memancing ikan pada malam hari bila mengunakan cacing nifah ini. Karena ikan-ikan yang keluarnya malam lebih ganas lagi dengan umpan cacing nifah ini di malam hari.

Jadi umpan cacing nifah ini sebenarnya sangat bagus di gunakan. Tapi ya itulah, tidak semua tempat ada cacing nifahnya jadi harus beli di luar kota bahkan provinsi dulu bila Anda ingin mengunakan umpan cacing nifah ini.

Posting Komentar untuk "Umpan Cacing Nifah (Pumpun) Untuk Ikan Sungai"