Skip to main content

Pakai Umpan Anak Sepat Untuk Mancing Ikan Belida (belido) Besar

Kebanyakan orang memancing ikan belida (belido) berukuran besar mengunakan Anak ikan sepat sebagai umpan. Memang ada benarnya mengunakan anakkan ikan, tapi bila Anda tidak memancingnya maka bisa jadi tidak akan mendapatkannya sama sekali.

Memancing ikan belida mengunakan umpan anak ikan sepat harus tau cara memancingnya, bukan asal mengunakan dan melemparkannya saja. Pada kebanyakan orang yang mengunakan umpan ini untuk mancing ikan belida, sudah pasti ia memiliki pengalaman tersendiri.

Pakai Umpan Anak Sepat Untuk Mancing Ikan Belida (belido) Besar

Anak ikan sepat memang menjadi umpan terbaik untuk ikan belida, entah mengapa ia sangat marah saat melihat anak ikan sepat dekat dengan sarangnya.

Untuk itu, bila Anda ingin memancing ikan belida besar mengunakan anak ikan sepat perhatikan beberapa hal khusus yang harus Anda pelajari terlebih dahulu. Berikut akan saya uraikan satu per satu tata caranya.

MENYIAPKAN UMPAN ANAK IKAN SEPAT
Anak ikan yang digunakan bukanlah sembarangan, ia harus berukuran kecil. Minimal sebesar jempol tangan orang dewasa, dan terasa pada bagian sisinya agak lembut.

Cari dan siapkanlah umpan minimal 6 - 9 ekor anak ikan sepat. Bila mengunakan pancing lebih dari 3 maka usahakan mencari kelipatan 2 atau 3 per pancing. Fungsinya supaya bila anak ikan sepat ini mati atau tersambar ikan lain Anda masih memiliki cadangan umpan.

Setelah Anda persiapkan umpan dengan cadangannya di atas, lanjutkan dengan menentukan waktu dan lain sebagainya.

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MANCING IKAN BELIDA
Bila Anda ingin memancing ikan belida dengan ukuran yang besar, maka usahakan berangkat mancing pada subuh atau malam hari.

Perlu juga diketahui, bahwa ikan belida besar termasuk sensitif. Jadi bila Anda ingin memancingnya, harus benar-benar berhati-hati dalam mengunakan peralatan.

Hindari mengunakan scarlet pada ujung pancing bila Anda memancing dimalam hari. Karena biasanya, kebanyakan orang mancing dimalam hari mengunakan scarlet pada ujung stick pancing supaya jelas terlihat bila dimakan ikan.

Untuk memancing ikan belida pada malam hari, usahakan Anda mengunakan alat bantu lainnya seperti Bel (Lonceng) kecil yang dikaitkan di ujung stick. Hindari juga sambil merokok dipinggir sungai bila Anda mengincar ikan belida besar, karena bila terlihat api rokok ia tidak akan memakan umpan Anda, jika dipaksakan merokok harap apinya tidak terlihat ke air tutup dengan tangan dan sebagainya.

KENDORKAN SENAR BILA MANCING IKAN BELIDA MENGUNAKAN UMPAN ANAK SEPAT
Pastikan senar Anda dalam keadaan kendor, atau bisa mengendorkan rill (katrol) pancing Anda saat memancing ikan ini.

Karena, saat memakan umpan ikan belida tidak langsung menelannya, melainkan dimatikan serta dimainkan terlebih dahulu. Dan yang repotnya, umpan terkadang dibawa masuk ke dalam sarangnya yang dibawah kayu-kayu dalam air.

Saat Anda melihat ujung pancing atau senar yang mulai mengencang, jangan terburu-buru ditarik. Usahakanlah Anda mengulur lagi senar hingga 2 atau 3 meteran. Seperti yang saya tulis diatas, ikan belida tidak langsung memakan umpan di tempat.

Ciri Ciri Umpan dimakan ikan belida besar

Bila Anda awam dalam memancing ikan belida, pasti Anda tidak akan menyangka bila di ikan belida berukuran besar.

Karena bila dilihat dari ujung stick pancing, ikan belida besar bila memakan umpan goyangnya hanya sedikit seperti umpan dimakan ikan kecil. Dan bila sudah seperti ini, kebanyakan orang awam akan langsung menyentakan stick pancingnya, berharap kena tapi Boncosssss.

Ciri utama ikan belida besar bila memakan umpan sangat terlihat dari ujungnya, bila tertahan tanpa di ulurkan senar maka umpan akan dilepaskan dan ikan belida tidak jadi memakan umpan yang Anda gunakan.

Terlebih bila Anda mengunakan anak ikan sepat, lebih meyakinkan bahwa ikan yang makan adalah belida walaupun belum bisa di pastikan.

Bila sudah terlihat umpan dibawa ikan belida, dan telah Anda ulurkan senar seperti yang telah saya tulis diatas. Selanjutnya gunakanlah filling Anda.

Pegang stick mengunakan tangan kanan, siap-siap untuk menyentak. Lalu tangan kiri memegang senar yang kendor tadi sambil merasakan ditarik atau tidak. Bila Anda rasakan semakin berat dan yakin umpan telah dimakan ikan belida maka langsunglah sentak pancing Anda, sebaliknya bila saat di tahan ada tarikan dan beberapa saat kendor lagi maka lepaskan saja senar tersebut dan jangan di sentak.

Kemungkinan umpan telah dilepaskan oleh ikan belida tadi. Dan bila ikannya masih berada disekitar lokasi tersebut ia akan mengulangi memakan umpan yang tadi, disinilah sebabnya tadi saya tuliskan jangan langsung disentak, bila di gulung harus diganti umpannya lagi karena bisa dipastikan umpan anak ikan sepat sudah mati.

Demikian cara memancing ikan ikan belida besar mengunakan umpan anak ikan sepat semogga bisa menambah pengetahuan kita semua.