--> Skip to main content

Asiknya Mancing Ikan Sepat Siem (siam) dan Mutiara

Bagi pemancing rawa, atau kolam yang belum pernah mancing ikan sepat pasti pernah terlintas dipikirannya bagaimana cara untuk bisa mancing ikan ini. Karena terbilang bergerombol, ikan sepat baik siem dan mutiiiara bila kalian bisa memancingnya pasti tiap hari bakal dapat puluhan ekor.
Mancing ikan sepat ini bila kalian sudah tau tekhniknya, untuk mendapatkan 10 ekor itu sangatlah cepat, tapi harus benar-benar tau tekhnik mancingnya.

cara mancing ikan sepat siam

Seperti yang kita ketahui, ikan sepat terbagi menjadi 2 yaitu:
  1. Sepat Siem atau Siam
    Cirinya: dari segi warna agak kehitaman, selain itu bentuk tubuhnya sedikit gemuk yang sangat terlihat pada bagian sirip kiri dan kanannya (bagian dada) selain itu banyak juga ditemui ukurannya bisa sampai 5 jarian bahkan lebih.
  2. Sepat Mutiara
    Cirinya: terdapat bulatan warna hitam atau agak keabu-abuan sebelum bagian ekornya, selain itu warnanya sedikit putih keperakan dan terlihat agak pipih alias kurus.
Kalian para pemancing pasti bisa membedakan mana sepat siam dan mutiara, untuk cara mancingnya tetaplah sama saja tapi jika bercampur antara sepat siam dan mutiara maka yang paling ganas menyambar umpan nantinya adalah ikan sepat siamnya.

cara mancing ikan sepat mutiara

Buat kalian yang penasaran untuk umpan dan tekhnik mancingnya, kita bahas dulu dari umpannya supaya kalian tidak bingung.

Umpan Ikan Sepat Siam dan Mutiara

Antara ke 2 ikan ini, jika kita bicara umpan mereka sama saja tapi berbeda dengan ikan lainnya yang biasanya sangat suka makan umpan jenis cacing. Walaupun terkadang ada saja pemancing yang mendapatkan ikan sepat mengunakan umpan cacing tapi itu hanyalah kebetulan saja karena pada umumnya bukan itu umpan aslinya, berikut beberapa jenis umpan ikan sepat dan kekurangannya:

1. Lumut
Ini umpan yang paling umum untuk mancing ikan sepat, tapi harus dicampur dengan masako ayam. Karena jika tidak dicampur dengan masako biasanya jika ada ikan Nila malah di sambarnya dan ikan sepat juga tergolong kurang garang bila tidak dicampur masako.

Sebenarnya, kebanyakan orang mencampur masako ayam pada lumut yang digunakan sebagai umpan ini tujuannya hanyalah 1 untuk merangsang ikan sepat baik mutiara atau siam memakan umpan.

Untuk lebih simpel dan mudah dari umpan lumut yang di campur masako ayam, kalian bisa merujuk pada umpan berikut ini.

2. Daging ayam
Inilah asli umpan ikan sepat siam dan mutiara, bila orang mancing mengunakan lumut yang di campur masako ayam, maka mengunakan daging ayam lebih ganas lagi dan benar-benar tertarget untuk mancing ikan sepat.

Untuk cara mengunakannya, kalian harus membawa gunting atau di suwir / cuil seukuran mata kail yang kalian gunakan. Mengunakan daging ayam ini, sebenarnya agak susah dan ribet bagi yang tidak terbiasa, tapi kalian bisa mencoba umpan yang 1 ini.

3. Pentol Bakso.
Inilah umpan yang ringkas, dijamin kalian bisa panen ikan sepat bila mengunakan umpan ini. Tapi harus kalian ketahui pentol bakso yang digunakan harus yang rasa ayam bukan sapi dan lainnya.

umpan pentol bakso mancing ikan sepat

Biasanya kan penjual bakso itu ada bakso ayam atau sapi, nah belilah pentolnya saja yang rasa ayam. Jangan beli banyak-banyak cukup 1 atau 2 pentol saja bila kalian mancing sendirian, atau sesuai selera kalian mau beli pentolnya berapa biji.

Untuk mengunakan umpan pentol, bagi kalian yang memiliki kuku bisa langsung di cuil dan potong-potong pakai kuku seukuran mata kail saja.

Setelah kalian pilihan umpan ikan sepat diatas, selanjutnya ketahui pula cara mancingnya karena ada cara tersendiri memancing ikan sepat ini.

Cara Mancing Ikan Sepat

Berbeda dengan kebanyakan mancing ikan, untuk mancing ikan sepat kalian jangan pernah mengunakan pancing ulur yang mengunakan rill (katrol), karena saat kalian melempar umpan maka ikan sepat akan langsung lari ketakutan karena lemparan umpan kalian.

Gunakanlah pancing stik atau walesan kentul langsung, tujuannya selain ikan sepat tidak takut dan lari juga memudahkan kalian mengakat ikan saat umpan dimakan. Karena mulut ikan sepat ini sangat tipis maka berhati-hatila saat menariknya ke pinggiran, jangan disentak saat terlihat ikan memakan umpan pancing kalian karena bisa saja membuat mulut ikan ini langsung sobek dan ikan terlepas..

Untuk cara lainnya, usahakan kalian mengunakan senar yang halus ukuran ikan setengah kilo saja, semakin halus senar yang kalian gunakan semakin bagus pula. Selaiin itu gunakan pelapung berukuran kecil, dan jarak antara pelapung dan mata kail jarak sejengkal saja karena ikan sepat ini bermain dipermukaan jadi jangan buat jarak antara pelampung dan mata kail kalian lebih dalam karena nanti tidak akan terlihat oleh ikan sepat.

Saat kalian akan berangkat memancing ikan sepat jangan lupa untuk membawa minyak goreng bekas (jelantah) lebih baik lagi minyak mie ayam. Bila kalian mengunakan pentol bakso sebagai umpan, saat membelinya kalian bisa sekalian membeli sedikit saja minyak mie ayam. Jika tidak ada minyak mie ayam atau sisa pengorengan (jelantah) kalian bisa mengunakan kerupuk rassa ikan.

Diawal akan memasukan umpan ke air, usahakan umpan pertama kalian celupkan ke minyak mie ayam atau jelantah tadi. Tujuannya supaya ikan sepat siam atau mutiara berkumpul, jika sudah berkumpul pertahankan seperti itu terus baik saat kalian mendapatkan ikan dan menaruh umpan usahakan pelan-pelan supaya ikan tidak bubar / kabur, bila ikan sepat sudah tidak berkumpul ulangi cara pertama dengan mencelupkan umpan ke minyak tadi.

Bila kalian mengunakan kerupuk ikan, saat mata kail pertama kalian celupkan maka cuil sedikit kerupuk dan lemparkan tepat di dekat pelampung kalian supaya ikan berkumpul bila ikan sepat tidak terlihat dipermukaan dan berkumpul maka akan sulit ntuk memancingnya.
Sebagian orang ada juga yang mengunakan dedak supaya ikan sepat keluar dan berkumpul, tapi kalian jangan mengunakan cara ini walaupun ikan sepatnya keliatan dan berkumpul, ikan-ikan ini nantinya akan kenyang memakan dedak dan tidak mau memakan umpan kalian.
Usahakan kalian pertahankan mancingnya seperti yang saya tuliskan diatas, saat ikan sepat hilang ulangi mengunakan minyak dan seterusnya.

Dengan mengunakan cara ini, bisa dipastikan kalian akan benar-benar panen ikan sepat siam dan mutiara, selamat mencoba.