Skip to main content

Mancing Ikan Sengarat Dengan Umpan Anak Ikan

Mancing ikan sengarat (sengerat) merupakan salah satu yang sangat asik namun sangat menyulitkan, sangat susah memancing ikan ini jikapun dapat sambarannya itu hanya kebetulan saja. Sekalipun kalian benar-benar berniat memancing ikan sengerat belum tentu sehari bakal dapat 1 ekor saja.

mancing ikan sengarat dengan anak ikan

Tapi berbeda dengan yang tanpa disengaja, karena biasanya malah dapat sambaran dari ikan sengerat ini.
Seperti yang kita ketahui, ikan sengarat merupakan jenis ikan yang langka dan terancam punah. Dibeberapa sungai besar yang ada di tanah air kita, hanya beberapa saja yang masih bisa ditemukan ikan sengerat. Salah satunya sungai (kali) batang hari di Jambi, para Angler Provinsi Jambilah yang sangat sering Streak ikan sengerat ini.

Walaupun sangat jarang didapat dengan dipancing, masih ada banyak pemancing yang masih berusaha memancing ikan ini dengan umpan yang khusus.

Ciri Ikan Sengarat

Dilihat sepintas, ikannya hampir mirip dengan Tapah tanpa sisik juga pastinya. Tapi ada keunikannya yaitu terlihat ada kumisnya yang khas.

ikan sengarat besar 4 kilo kg

Ikan sengarat juga memiliki warna tubuh perak kecoklatan, dan akan terlihat mengkilat bila kena senter. Tidak sulit untuk membedakan ikan sengarat ini, kecuali untuk para pemancing yang memang tidak mengetahui nama ikan ini, karena bila dilihat sekalipun pasti akan sangat berbeda dengan jenis ikan lainnya.

Umpan Untuk Mancing Ikan Sengarat

Pada umumnya, ikan ini termasuk jenis predator yang memangsa ikan-ikan kecil.

umpan ikan sengarat dan cara mancingnya

Akan tetapi bila kalian memancingnya dengan umpan anakan ikan harus di perhatikan tidak semua anak ikan mau di makan ikan sengarat, berikut beberapa anak ikan yang bisa kalian gunakan sebagai umpan untuk mancing ikan sengarat.
  1. Anak ikan lele
  2. Anak ikan gabus
  3. Anak ikan wader (putian)
  4. Dan ikan seluwang.
Selain jenis anakan ikan diatas, ikan sengarat juga sering melahap umpan cacing dan udang. Tapi sangat jarang sekali ikan sengarat mau makan umpan roti dan jenis buah lainnya seperti Sawit dan sebagainya.

Bila kalian ingin mancing ikan sengarat ini, gunakanlah beberapa umpan yang telah saya sebutkan diatas, tapi hindari umpan yang dibuat sendiri ataupun buah-buahan.

Selain mengetahui jenis umpan untuk mancing ikan sengarat ini, ada hal yang harus kalian ketahui yaitu cara mengolah kail pancing yang kalian gunakan.

Tempat Yang Banyak Ikan Sengarat dan Cara Mancingnya

Untuk bisa mendapatkan ikan sengarat ini, sudah pasti kalian harus mengetahui spot atau tempat mancing yang banyak ikan sengaratnya dan juga cara mengolah mata kail supaya tidak putus saat disambar oleh ikan ini.

Ikan sengarat, pada habitatnya menyukai bagian sungai yang dalam atau bahasa Melayunya bagian lubuk. Tapi tidak menutup kemungkinan ikan sengarat juga biasa main dibagian sungai yang berarus sedang dan dalam.

Untuk cara mancingnya, hampir sama seperti kebanyakan ikan namun ada 1 hal yang harus kalian ketahui. Gigi ikan sengarat sangatlah tajam, karena itu saat mendapat sambaran dari yang berukuran sedang bisa saja senar kalian putus dengan mudah akibat gesekan dari giginya. Maka dari itu, usahakan menambahkan seling dibagian mata kail dan senarnya aslinya, gunakan seperlunya saja, bisa satu jengkal tangan kalian atau sesuka hatimu.

Tujuan memasang seling supaya lebih tahan dari gesekan gigi ikan sengarat. Tapi kalian tidak perlu kuatir bila mengunakan senar yang cukup besar dan tahan akan gesekan gigi ikan sengarat.

Pada dasarnya, kita sebagai penghobi mancing sungai dialam liar, tidak mementingkat untuk mendapatkan ikan apa saja saat memancing, tapi terkadang pasti akan timbul niat untuk kangen mancing ikan ini dan itu termasuk tarikan ikan sengarat ini.

Bagi kalian yang sudah pernah menarik ikan sengarat ke tepian, suatu saat pasti akan kangen dan rindu ingin menariknya lagi saat memancing, tapi harus kalian ketahui bisa jadi saat kalian mendapatkan ikan sengarat saat mancing itu hanya faktor keberuntungan saja bukan memang sengaja kalian mencari ikan ini saat memancing.