--> Skip to main content

Mancing Ikan Kalui (gurame) Sungai Yang Liar

Ikan kalui (gurame) sungai memang sulit-sulit gampang bila dipancing, ini karena memang ada cara mancingnya dan umpan yang di gunakan saat kalian akan memancing ikan dengan target kalui (gurame).

mancing ikan kalui gurame sungai 6 kilo

Untuk berangkat memancing ikan kalui ini setidaknya ada 3 hal yang harus kalian terapkan dan ini harus benar-benar fokus, bila tidak kena ikan kalui kemungkinan kalian akan mendapatkan ikan putian lainnya.
3 hal yang harus kalian siapkan untuk mancing ikan kalui (gurame) disini adalah:
  1. Cara Mancing
  2. Umpan Ikan Kalui
  3. Dan Tempat (spot).
Jika ke 3 hal ini sudah pas, kembali lagi ke rejeki kalian jika kebetulan pas, kalian bisa membawa balik ikan kalui (gurame) sungai ini dengan bawa karung sob.hehe

Cara Mancing Ikan Kaloi (Gurame) Sungai

Ikan Gurame dalam bahasa yang terkenalnya, dibagi menjadi 2 yaitu: Gurame kolam dan sungai (liar). Untuk yang jenis kolam cara mancingnya hanya sederhana yaitu seperti pada umumnya mancing kolam, namun umpannya pasti berbeda karena ikan kalui (gurame) kolam lebih cenderung ke umpan buatan seperti pelet dan umpan olahan (racikan) para pemancing itu sendiri.

Untuk cara mancing kalui (gurame) sungai yang liar ini, kalian harus mengunakan pelampung (apung-apung) dengan jarak mata kail yang bisa dibilang hanya sejengkal saja dari pelapung. Oh ya, ada baiknya jika bisa kalian jangan mengunakan timbel (timah pemberat) karena biasanya saat kalian menaruh umpan berbunyi"Plung"ikan kalui (gurame) sungai akan langsung lari dan berpindah tempat, usahakan menaroh umpan dengan pelan-pelan saja.

Jika arus sedikit deras, maka tidak ada salahnya kalian mengunakan timbel (timah pemberat) tapi usahakan menaruh umpannya pelan saat masukan ke dalam air. Selain itu, yang harus kalian ketahui dari memancing ikan kalui ini adalah umpannya yang pas.

Umpan Ikan Kalui (gurame) Sungai Yang Jitu

Kebanyakan pemancing asli pribumi, memancing ikan kalui mengunakan umpan pisang yang sudah matang. Pisang ini, biasanya di potong-potong kotak dengan besar yang di sesuaikan.

Selain pisang, ikan kalui (gurame) liar di sungai juga sangat menyukai umpan seranga seperti Jangkrik, Belalang dan juga Capung. Kalian bisa memilih salah satu umpan seranga yang sudah sebutkan tadi untuk memancing ikan kalui sungai ini, yang paling mudah kalian dapatkan adalah Jangkrik karena bisa kalian beli di toko pakan burung selain itu juga sangat mudah mencarinya ketimbang Belalang dan Capung

umpan jangkrik untuk mancing ikan sungai

Untuk memasang umpan dengan seranga ini, seperti biasanya saja dan bagi kalian yang sudah biasa mancing pasti taulah cara memasangnya. Nah setelah kalian tau cara mancing dan umpan untuk ikan kalui ini, sekarang ketahuilah pula tempat mancing (spot) yang banyak ikan ini pada bagian sungai yang biasanya kalian dapatkan ikan kalui ini.

Ciri Tempat (spot) Yang Banyak Ikan Kalui (gurame)

Tidak semua sepanjang sungai disukai ikan kalui, pada bagian sungai hanya beberapa tempat saja yang disukainya. Salah satu bagian sungai yang disukai ikan kalui (gurame) ini adalah dibawah rumpunan pohon bambu yang terdapat di pinggiran sungai, lebih banyak pohon bambu yang condong ke sungai maka akan semakin banyak juga ikan kalui yang suka berada di bawahnya.

Selain rumpunan bambu, ikan kalui juga menyukai tempat-tempat yang teduh dan banyak sampah-sampahnya. Bila memungkinkan adanya tanaman kangkung air atau eceng gondok, disini juga akan menjadi tempat bagi ikan kalui ini, kalian bisa memanfaatkan spot yang seperti ini.

Selain itu, pada bagian sungai yang disukai ikan kalui seperti yang sudah saya sebutkan tadi memang kalian bisa saja tanpa sengaja mendapatkan ikan kalui (gurame) liar saat memancing. Tapi, kemungkinan itu hanya satu atau 2 saja, berbeda bila kalian memang mengkhususkan untuk memancing ikan kalui sungai, kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak dan cukup memuaskan hati.

ikan kalui sungai babon dan besar

Apa Keunikan dan Sensasi Memancing Ikan Kalui (Gurame) sungai di alam liar???

Sangat banyak sensasi yang ditimbulkan saat memancing ikan kalui sungai ini, terutama pada tarikannya karena setiap ikan bersisik yang berukuran besar setidaknya 5 jarian atau lebih tarikannya lebih kuat ketimbang ikan yang tidak bersisik. Selain itu, perlawanan ikan kalui di dalam air, mengarah kesana kemari sehingga membuat arah senar pancing tidak di satu arah dan dengan sangat cepat beralih arah.

Sebagian orang mensensasikan mancing ikan kalui (gurame) sungai berbeda-beda, tapi tetap saja akan ada 1 hasilnya yaitu kepuasan tersendiri saat mancing ikan kalui sungai yang liar ini, selamat mencoba.