--> Skip to main content

Cara Mancing Ikan Dalum (bagarius) Yang Besar

Mancing ikan dalum memang sangat mengasikan, terlebih sensasi tarikannya yang terbilang cukup kuat untuk melakukan perlawan saat di tarik ke pinggiran, tapi eitsss sobat haruslah tau Umpan, Cara mancing ikan dalum dan spot yang pas supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

cara mancing ikan dalum yang besar

Sebelum kita membahas cara memancing ikan dalum besar dan umpan jitunya, alangkah baiknya bila sobat menyiapkan bahan dan mencari spotnya yang pas. Karena kurang satu saja persiapan sobat saat pergi memancing, bisa saja kalian tidak mendapatkan hasil seperti yang di inginkan.

Sebelum berangkat untuk memancing ikan dalum, sebaiknya persiapkan arah spot atau tempat kalian akan memancing. Karena tanpa spot andalan ini akan membuat kalian kebingungan nantinya untuk mengarahkan dan menarget ikan dalum sebagai buruan pancingan kalian.

Cara Memilih Tempat Mancing (spot) Ikan Dalum

Ikan dalum ini cenderung menyukai air yang mengalir dan sedikit berarus deras, sebagian dari ikan dalum juga menyukai tempat yang deras dan bebatuan, maka dari itu tentukanlah spot memancing kalian pada air yang berarus dengan kedalaman yang sedang antara 1 setengah meter saja.

Tidak perlu mencari lubuk atau tempat yang dalam untuk memancing ikan dalum, karena pada umumnya ikan ini tidak begitu menyukai air yang dalam. Sedikit tambahan, usahakan kalian mencari bagian sungai yang menikung / belok baik kiri atau kanan sama saja tinggal tergantung suka kalian, tapi alangkah baiknya bila pas saat melempar umpan ke tengah nantinya.

Setelah kalian yakin untuk spot ikan dalum, sekarang saatnya kalian menyiapkan umpannya, karena umpan ikan dalum sangat berbeda dengan yang lainnya.

Umpan Jitu Ikan Dalum

Pada dasarnya, hampir semua ikan sungai sangat menyukai umpan Cacing tanah termasuk ikan dalum. Hanya saja, Cacing yang digunakan bukanlah sembarangan cacing, karena tidak semuanya cacing tanah itu bisa di gunakan untuk memancing.

Untuk memancing ikan dalum, usahakan kalian mengunakan umpan cacing yang berukuran besar, kalau ditempat saya namanya cacing kalung.
Cacing kalung yang saya maksudkan adalah, cacing yang berukuran paling besar dan bergeliat-geliat apabila di pegang.
Jenis cacing kalung ini, sangat disukai ikan dalum dan bila kalian lemparkan di spot yang pas bisa saya pastikan tidak akan menunggu waktu lama pasti akan mendapatkan sambaran.

Selain umpan diatas, ada pula cacing nasi biasa kami menyebutnya. Ciri cacing yang saya maksudkan ini, pada bagian lehernya berwarna orange atau agak kuning dan selain itu warna agak merah muda. Ini juga termasuk umpan yang jitu untuk ikan dalum sungai yang besar.

Untuk yang lebih simpel dan tidak ribet, kalian juga bisa mengunakan umpan jangkrik untuk memancing ikan dalum ini, tapi sayangnya banyak ikan-ikan lain yang berukuran kecil seringkali memakan umpan ini.

Tekhnik Mancing Ikan Dalum

Untuk kalian yang sudah bisa memancing ikan sungai pasti tidak akan kesulitan untuk memancingnya. Karena seperti yang kita ketahui, ikan dalum termasuk jenis ikan dasaran yang berada dibagian dasar sungai.

Karena mainnya ikan ini didasaran, kalian harus mengunakan tekhnik mancing dasaran dan jangan lupa usahakan untuk mengunakan kili-kili pada bagian pemisah antara timbel (timah pemberat) dan jarak mata kail.
Kili-kili berfungsi untuk memutar umpan, supaya senar antara mata kail dan timah tidak terputir atau tergulung karena derasnya arus sungai bagian dasar ini.
Ketika streak atau mendapat sambaran, jangan pernah memainkan ikan dalum layaknya ikan bersisik lainnya. Langsung tarik ke pinggir, supaya ikan dalum tidak menempel ke batu atau bagian tanah yang keras. Apabila ikan dalum menempel ke batu, maka akan semakin berat dan bahkan tidak mungkin untuk di tarik ke atas kecuali senar yang kalian gunakan kuat juga mata kailnya.

Bila ikan dalum menempel ke batu dan sulit ditarik, biasanya kebanyakan para pemancing mengunakan asoy plastik berwarna hitam yang di ikatkan ke senar tujuannya supaya mengenai ikan dalum yang sedang menempel tadi. Karena bila kaget ia akan berpindah tempat dan bisa ditarik kembali.

Secara tekhnik khusus untuk memancing ikan dalum saya rasa tidak ada, yang penting kalian harus mengerti cara memancing disungai yang deras. Sampai disini, semogga artikel mancing ikan dalum ini bisa bermanfaat.