Skip to main content

Umpan Mancing Ikan Pakai Laron

Umpan laron - biasanya menjadi sebuah makanan yang di favoritkan oleh kebanyakan ikan, baik ikan sungai, rawa, danau dan kolam bisa saja memancingnya dengan umpan ini.

umpan mancing pakai laron

Laron menjadi sebuah umpan yang sangat jitu, selain ampuh untuk mancing ikan, umpan ini juga terbilang gratis dan adanya hanya diwaktu-waktu tertentu saja. Selain itu, tidak mudah untuk mendapatkan laron bila tidak pada musimnya.
Karena keluarnya laron diwaktu tertentu saja, inilah penyebabnya laron menjadi umpan yang paling jitu terutama untuk jenis ikan di alam liar.

Ikan yang biasanya memakan umpan laron adalah:
  • Mujair
  • Nila
  • Lele
  • Dan berbagai ikan lainnya.
Umpan laron juga termasuk umpan yang paling jitu untuk memancing, apapun ikan akan menyukai umpan laron ini. Hanya saja, untuk mencari laron hanya di waktu-waktu tertentu sajalah, terutama pada musim penghujan.

Akan tetapi, ada juga cara lainnya untuk mendapatkan umpan laron untuk mancingnya, nah bagi sobat Anggler bisa cobain caranya.

Cara Mencari Laron Untuk Umpan Mancing

Ada beberapa cara yang biasanya digunakan oleh para pemancing untuk mendapatkan umpan ini, salah satunya adalah dengan membeli Laron pada penjualnya.
Di beberapa kota, tempat penjualan alat pancing biasanya menjual berbagai umpan termasuk Laron. Anda bisa mencoba untuk membelinya, karena cara ini sangat terbilang praktis.
Bila Anda kesulitan atau tidak ada yang menjualnya, kemungkinan mencari sendiri adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

Untuk mencari laron ada beberapa saat dan cara yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Karena gampang-gampang susah untuk mencari laron sebagai umpan pancing ini.

Mencari Laron Saat Hujan

Memang laron akan keluar di waktu penghujan, namun tidak setiap saat hujan laron akan keluar. Terutama di siang hari, Anda tidak akan menemukan laron di saat ini, maka dari itu gunakan waktu malam untuk mencarinya, karena laron hanya akan keluar di malam hari saja dan mencari penerangan biasanya di lampu-lampu yang putih terang mereka akan berkumpul.

Untuk mencari dengan cara ini, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan tempatnya, bisa berupa toples dan sejenisnya. Namun Anda harus mencarinya secara manual, mengambil satu persatunya supaya laron bisa dalam keadaan hidup saat di gunakan untuk umpan mancing di keesokan harinya.

Jangan Gunakan Ember Berisi Air Untuk Menangkap Laron Dengan Cara Ini, Laron Bisa Dengan Cepat Mati.

Bila Anda masih kesulitan untuk mencari laron dengan cara ini, kemungkinan Anda bisa mencoba dengan cara saya yang satunya dibawah ini.

Membongkar Tanah Sarang Rayap atau Laron

Seperti yang kita ketahui, laron berasal dari Rayap yang bersarang didalam tanah. Sarang laron ini, bisa terlihat dengan tanah yang menjulang bagaikan gunungan kecil, inilah sarang Rayap tersebut yang didalamnya bisa saja terdapat ribuan bahkan juta laron yang masih bercampur dengan rayap.

Anda bisa membongkar sarang tersebut untuk mendapatkan laron, tapi harus berhati-hati pada rayap yang berkepala merah bila mengigit akan langsung mengeluarkan darah dari kulit Anda. Usahakan Anda hanya mencari yang telah memiliki sayap saja, dan mengambilnya satu persatu, walaupun rayap yang berkepala merah juga dimakan oleh ikan dan bisa digunakan sebagai umpan namun ini akan sangat beresiko bagi Anda.

Hal yang harus Anda ketahui bila mengunakan cara ini adalah, waktunya karena tidak sembarangan bulan rayap-rayap tersebut memiliki sayap dan berubah menjadi laron. Hanya waktu tertentu, dan khususnya hanya diwaktu-waktu penghujan saja.

Saya hanya memiliki 2 pengalaman diatas saja untuk mencari laron sebagai umpan mancing. Oh iya, untuk membuat laron bisa awet dan bertahan lama untuk digunakan memancing simpanlah di dalam tanah yang lembab, bisa dengan wadah-wadahnya sekaligus tapi jangan lupa kasih udara yang cukup.

Cara Menyimpan Laron Supaya Tahan Lama Untuk Umpan Mancing

Selain menyimpan laron dalam tanah, ada yang lebih ringkas lagi yaitu masukan ke dalam kulkas. Dengan begini laron mampu bertahan hidup hingga berminggu-minggu dan bila ada yang mati, laron tidak akan langsung hancur dan membusuk.

Karena seperti yang kita ketahui, saat mengambil laron untuk umpan mancing biasanya akan ada sisa yang masih banyak. Jika hanya disimpan kemungkin laron hanya bisa bertahan hidup selama seminggu saja, kemudian hancur dan menimbulkan bau yang tidak enak.

Selain cara mencari laron untuk umpan mancing dan menyimpannya, Anda juga harus mengetahui cara memasangnya dikail pancing yang Anda gunakan.

Cara Memasang Umpan Laron di Mata Kail

Perlu Anda ketahui, dengan ukuran laron yang kecil sudah bisa dipastikan untuk digunakan dengan mata kail yang kecil pula.

Bukan untuk mata kailnya yang berukuran kecil, tapi gunakanlah mata kail yang halus walaupun berukuran besar. Untuk mengunakannya, masukan antara 3 - 4 ekor laron ke mata kail secara bersamaan, usahakan memasukannya melalui bagian kepala hingga tembus ke bawah.

Tujuan memasukan mata kail dari kepala terlebih dahulu adalah supaya umpan laron tidak mudah hancur saat di sambar oleh ikan-ikan kecil.

Semogga artikel tentang seputaran umpan laron ini bisa menambah pengetahuan untuk kita semua.