Skip to main content

Cara Meracik Umpan Tempe

Umpan mancing ikan memang bermacam-macam, salah satunya adalah mengunakan tempe sayur. Dimana makanan khas inipun sering kali digunakan oleh para pemancing, baik di gunakan secara langsung ataupun mencampurkannya dengan berbagai adonan tambahan.

cara mengunakan umpan tempe racikan

Sebenarnya umpan tempe ini sangat sering digunakan untuk mancing ikan putihan, seperti wader dan sebagainya. Akan tetapi banyak juga para pemancing mengunakan umpan ini untuk mancing kali/sungai yang besar sehingga potensi mendapatkan besar juga ada.
Hanya saja, untuk mengunakan umpan tempe diarus sungai yang deras, harus melewati masa tambahan atau harus diolah lagi, bila tidak ada tambahan maka umpan akan cepat hancur terkena arus sungai yang deras.
Tempe termasuk umpan yang lembut layaknya pelet, jadi tidak bisa bertahan lama bila kalian mengunakannya untuk mancing di sungai yang berarus cukup deras.
Nah apabila kalian ingin mencoba mancing mengunakan umpan tempe, tidak ada salahnya bila kalian ikuti beberapa langkah yang akan saya tuliskan dibawah ini.

Bahan Adonan Umpan Tempe

Untuk mengunakan adonan atau campuran, sebaiknya kalian pastikan dulu spot atau tempat mancing kalian, disini saya mengambil spot untuk sungai besar atau berarus deras. Bahan-bahan yang harus kalian siapkan:
  1. Tempe 1 atau secukupnya
  2. Tepung Terigu
  3. Dan Masako ayam.
Pertama-tama, tempe silahkan kalian tumbuk lebih halus maka akan baik hasilnya, kemudian campurkan tepung terigu dan masako ayam secukupnya yang penting adonan bisa pulen.

cara yang benar meracik umpan tempe pilihan

Setelah adonan pulen, goreng sebentar umpan ini supaya bisa digunakan pada sungai yang berarus cukup deras.

Untuk pengunaan umpan sendiri hanya cukup di potong-potong sesuai selera kalian, tapi ingat saat pancing kalian lemparkan ke air maka usahakan setiap 15 menit sekali ditarik ke pinggiran, karena adonan ini juga cukup cepat hancur.

Selain adonan diatas, masih ada lagi olahan umpan berbahan dasar tempe yang wajib kalian coba.

Meracik Umpan Tempe dan Super Mie

Biasanya, umpan seperti ini digunakan saat memancing di sungai-sungai kecil, waduk atau bendungan. Sasaran ikan pun biasanya hanya sebatas ikan wader, nila dan sejenisnya terkadang Mujahir juga mau memakan umpan ini.

Untuk meracik umpan campuran seperti ini tidaklah sulit, karena yang harus kalian siapkan adalah super mie dan tempe saja. Kebanyak orang, super mie terlebih dahulu di hancurkan mengunakan blender, ada pula yang hanya di tumbuk langsung bersamaan dengan tempe, kalian bisa pilih cara diatas atau mengunakan ide kalian sendiri yang penting tempe dan super mie bisa bercampur.

Ada baiknya, bumbu super mie jangan dicampurkan saat menumbuk karena kalian tidak akan bisa memprediksi seberapa banyak umpan yang akan kalian bawa saat memancing nanti. Jadi saat akan mancing, masukan umpan tempe dan super mie ke dalam plastik kiloan lalu kalian campur bumbu super mie kemudian barulah dipenyet-penyet mengunakan tangan, tujuannya supaya bumbu tercampur dengan separoh adonan saja tidak semuanya adonan bercampur dengan bumbu tersebut.

Untuk mengunakannyapun, tidaklah sulit karena memasang umpan ke mata kail seperti pasang umpan pelet yang dibuat bulat-bulat kecil mengunakan tangan.

Selain dengan cara diatas, ada yang lebih simple dalam mengunakan umpan tempe ini yaitu dengan digoreng langsung. Selain praktis juga akan memberikan aroma yang khas dari tempe ini.

Umpan Tempe Goreng dan Busuk

Untuk membuat tempe sebagai umpan yang digoreng, biasanya ada 2 macam yang paling sering digunakan oleh para pemancing.
  1. Di goreng kering.
  2. Di goreng asal kena minyak saja.
Untuk yang pertama atau nomer 1, ini tidak ubahnya dengan tempe kalian goreng kering seperti lauk makan. Selanjutnya dipotong-potong sesuai dengan ukuran umpan mancing. Tujuan di goreng ini, selain umpan lebih awet digunakan juga akan memberikan aroma minyak yang dimana minyak goreng sangat disukai oleh ikan jenis patin dan tak jarang juga ikan-ikan lainnya juga mau memakan umpan jenis ini.

pakai umpan tempe mancing ikan patin

Dan untuk yang ke 2, yaitu dengan mengorengnya hanya sekali lewat saja, tidak sampai kering dan terlihat dari warnanya yang masih biasa saja. Tujuannya supaya awet dan tidak menghilangkan bau khas tempe tersebut dan bercampur dengan minyak goreng membuat ikan lebih cepat menangkap umpan.

Selain ke 2 cara diatas, para pemancing ada juga yang mengunakan umpan tempe yang di busukan atau basi. Sehingga tempe yang busuk atau sudah basi akan memberikan aroma yang lebih menyengat dan khas, karena ikan lebih mengutamakan aroma (bau) jadi akan lebih cepat lagi dalam menyambar umpan yang kalian gunakan.

Pada dasarnya, mengunakan umpan saat mancing hampir terbilang sama saja akan tetapi, sensasi baru patut di coba untuk mencapai kepuasan memancing ikan.