Skip to main content

Mancing Ikan Dengan Umpan Buah Kelapa Sawit

Umpan sawit memang termasuk salah satu yang biasanya digunakan oleh banyak pemancing, selain diyakini umpan yang paling jitu untuk mancing sungai tapi masih banyak para pemancing yang tidak bisa memasangnya di mata kail.

umpan mancing kelapa sawit

Bila salah dalam pemasangan umpan sawit ke mata kail, bisa dipastikan umpan akan segera hilang terbawa arus sungai atau terlihat kurang rapih dalam pemasangan umpan sawit ini.

Setidaknya, ada beberapa cara untuk mengunakan umpan sawit dan dengan olahan atau racikan tersendiri dari pemancing. Beberapa olahan tersebut adalah:

Umpan Sawit Rebus

Sebelum digunakan untuk mancing, biasanya buah sawit direbus terlebih dahulu. Ini fungsinya supaya buah sawit menjadi lembut dan mengeluarkan minyak khasnya. Sebagaian ada juga yang merendam saja buah sawit selama 3 hari, dan hasilnya akan sama untuk yang direbus.

meracik umpan sawit rebus

Untuk pengunaan umpan sawit rebus, biasanya hanya diambil bagian kulitnya dan membuang biji kelapa di dalamnya. Setelah itu tinggal dikaitkan saja ke mata kail. Tapi sebagian orang ada juga yang dipotong-potong terlebih dahulu baru di masukan ke mata kail.

Selain itu, yang paling banyak mengunakan umpan sawit rebus ini adalah dengan cara di tumbuk atau parut, kemudian diambilah umbut (bagian tengah batang pisang) setelah itu di jalin. Ini hal yang rumit, hanya sebagian orang yang telah terbiasa saja mengunakan cara ini.
Tapi bila kalian ingin mencoba mengunakan umpan jenis ini, cukup tumbuk sawit yang telah kalian rebus tadi kemudian campurkan kapas dan tumbuk hingga kapas bercampur dengan buah sawit rebus. Jadi saat akan mancing, kalian cukup mengunakan kapas yang telah bercampur dengan buah sawit yang telah direbus tadi.
Selain dengan cara diatas, masih ada lainnya tentang umpan dari buah sawit ini. Wajib dicoba bila kalian memang pemancing sejati.

Umpan Minyak Kelapa Sawit

Untuk mengambil minyak dari kelapa sawit, tentu ada caranya nah ini dia yang harus kalian ketahui sebelum membuat adonan berbahan minyak kelapa sawit. Sebelum membuat adonan, terlebih dahulu kalian siapkan beberapa peralatannya:
  1. Beberapa buah kelapa sawit segar berukuran besar, akan lebih baik bila di ambil kulitnya saja dan buang biji isinya.
  2. Tepung Aci / Kanji atau Sagu.
  3. Kain lap dan kuali.
Pertama-tama panaskan kuali diatas kompor dengan nyala api yang kecil, kemudian masukan kelapa sawit yang telah kalian siapkan tadi. Goreng tanpa mengunakan minyak, sambil diaduk-aduk terus mengunakan apa saja yang bisa kalian gunakan, tunggu sampai warna buah sawit berubah hingga kelihatan minyak dan berbau harum.

Setelah digoreng dan berbau harum, angkat kelapa sawit tersebut dan tarok ke atas kain atay lap yang sudah kalian siapkan tadi. Kemudian peras sampai mengeluarkan minyak, tampunglah sebanyak mungkin minyak yang bisa kalian dapatkan. Untuk membuat umpan, masukan secukupnya minyak kelapa sawit tadi ke dalam plastik, kemudian masukan pula secukupnya Tepung Aci / Kanji / Sagu dan penyet-penyet mengunakan tangan sampai rata.

Dengan mengikuti cara diatas, umpan siap digunakan dengan cara dibuat bulat-bulat. Hampir mirip dengan mengunakan umpan pelet.

Umpan Buah Kelapa Sawit Langsung

Nah ini yang paling banyak sekali digunakan, tanpa yang aneh-aneh seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Kebanyakan pemancing langsung saja mengunakan buah kelapa sawit yang dipotong-potong segi empat dan memasukan ke mata kail hingga 4 atau 5 potongan.

Sebagian ada juga yang terlebih dahulu mengupas, atau melepaskan kulit tipis kelapa sawit sebelum di potong-potong segi empat. Mengunakan umpan kelapa sawit seperti ini, hal yang harus kalian siapkan hanya Pisau Karter dan Buah Kelapa Sawit saja dan langsung berangkat menuju spot pemancingan.

Bila kalian masih belum mengerti juga cara memasang umpan ini, silahkan perhatikan video dibawah ini.


Selain umpan kelapa sawit ini, ada hal yang harus kalian ketahui akan ikan apa saja yang mau makan umpan ini, jangan sampai beda dengan apa yang kalian harapkan.

Ikan Apa Saja Yang Makan Umpan Buah Sawit

Ini saya ambil dari pengalaman pribadi saya sendiri, bila disungai tempat saya memancing, ikan yang sangat cepat sekali memakan umpan sawit adalah jenis patin. Terkadang, ikan Juaro yang mirip patin sangat ganas sekali memakan umpan dari buah kelapa sawit ini.

Masih banyak juga ikan lainnya seperti Ikan Culi yang bersisik, Lampam dan hampir semua ikan putian mau makan umpan kelapa sawit termasuk ikan smah (masher) juga mau makan umpan ini.

Kekurangan dalam mengunakan umpan kelapa sawit ini hanyalah keraguan dari pemancingnya saja. Mungkin kalian telah terbiasa mancing mengunakan umpan cacing dan sebagainya, jadi kurang yakin dan percaya diri bila mancing mengunakan umpan buah sawit. Tapi wajib kalian coba, karena sensasinya pasti akan berbeda mengunakan umpan kelapa sawit ini.