--> Skip to main content

TIPS Senar Pancing Supaya Banyak Dapat Ikan Banyak Dan Besar

Senar pancing yang kecil, halus dan kuat, lebih memotenasikan kalian mendapatkan ikan yang besar dan banyak. Berbeda halnya bila kalian mancing mengunakan senar yang besar, kuat, kaku dan kasar terlebih memiliki warna senar yang mencolok seperti hijau, hitam, merah bahkan warna warni.

cara memilih senar pancing yang kuat dan halus

Saat mancing ikan, kebanyakan para pemancing terlebih dahulu akan menyesuaikan senar dengan kondisi tempat mancingnya. Karena memang ada jenis ikan yang sangat sensitif, tapi kebanyakan ikan-ikan disungai tetap saja sensitif terhadap benda asing yang masuk ke dalam air seperti:
  • Timah pemberat.
  • Mata Kail.
  • Senar pancing.
  • Dan Umpan.
Bila saat mancing kalian mengunakan senar yang halus dan kuat, kemungkinan pas umpan masuk ke dalam air ikan akan langsung mendatangi umpan tapi tidak langsung melahapnya, melainkan hanya di endus-endus (di ciumi) terlebih dahulu.

Ikan lebih dulu akan menganalisa, dimakan atau tidak, bila belum di makan biasanya ikan-ikan ini masih berada di sekitaran umpan, bisa dikatakan semacam memantau umpan kalian. Bila kalian sabar dan umpan tidak bergerak, maka ikan tadi akan memakanya.
Ikan yang seperti ini biasanya tergolong besar dan sensitif, berbeda dengan ikan kecil yang banyak mereka akan langsung bergerombol berebutan umpan yang kalian masukan.
Tapi sebaliknya, bila kalian mengunakan senar yang besar, kaku, kuat dan berwarna terang. Maka ikan yang tergolong sensitif akan langsung menjauh dari umpan yang kalian masukan ke air.

Karena itulah, kebanyakan para pemancing yang berpengalaman akan menyesuaikan kondisi air, spot / tempat mancing dan ikan yang menjadi sasaran. Beginilah sebabnya, mereka yang biasanya mancing pasti akan mengetahui kondisi tempat mereka akan mancing serta peralatan apa saja yang di butuhkan.

Merek Senar Terbaik Untuk Mancing Di Sungai Jernih dan Keruh

Untuk merek senar, sebenarnya ada banyak sekali yang menjualnya, setiap perusahan pembuat senar akan selalu mengklaim bahwa senar yang mereka produksi bagus dan kuat.

Tapi kebanyakan para pemancing, mereka akan mengunakan senar berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan. Berikut ada beberapa merek senar yang saya gunakan, dari pengalaman:
  1. Okinawa Qian Liu
  2. Exori Murarai.
  3. Samurai Bening.
  4. Dan Delta.
Diatas adalah senar yang saya gunakan dengan LBS 9, atau untuk bobot ikan 5-6 KG saja, terkadang malah saya malah mengunakan yang untuk ukuran 1 setengah - 2 KG saja.

Dari kesemua senar yang saya gunakan, warnanya adalah bening, kekuranganya mengunakan senar seperti yang saya pakai ini bila mancing di malam hari, saking halusnya terkadang senar tidak nampak walaupun di senter.

Kalau Mancing Pakai Senar Yang Besar, Kaku dan Sangat Kuat

Bila kalian memang menginginkan pakai senar yang besar, kalian jangan memancing ikan di sungai yang membutuhkan kesabaran. Tapi mancinglah untuk memburu ikan-ikan predator saja seperti Toman, Gabus, Tapah dan sebagainya.

Ikan predator seperti ini, tidak akan pernah melihat ukuran senar yang kalian gunakan, yang penting umpan melintas pasti di sambar. Untuk mancing ikan predator ini, kalian malah tidak perlu pakai senar yang besar, pakai benang nilon sekalipun tetap saja akan di makan.

Tapi kalian jangan coba-coba untuk mancing ikan halusan atau biasa disungai, yang bukan jenis ikan predator, kalian harus siap-siap boncos. Karena sekali saja kalian melemparkan umpan maka ikan-ikan akan langsung berhamburan, kalau masih dapat ikan berarti itu memanglah lagi rejeki.

Kesimpulan
Memancing harus memikirkan kondisi air dan jenis ikan yang menjadi target mancing, peralatan dan senar haruslah memadai dan pas dengan kondisi saat kalian mancing ikan, maka dari itulah ketahuilah bahwa pengaruh senar saat mancing.