Skip to main content

Mancing Tidak Pernah Dapat Ikan, Pasti 4 Ini Penyebabnya

Jika kalian pemancing pasti pernah sama sekali tidak mendapatkan ikan saat mancing, bukan karena faktor cuaca dan sebagainya, kalian mancing tetap saja tidak mendapatkan ikan sama sekali alias boncos garing bin kering.

penyebab mancing ikan tidak pernah dapat yang besar

Ada juga pemancing yang sama sekali tidak pernah mendapatkan ikan yang besar sampai 1, 2, 3 atau 5 kiloan, yang di dapat hanya ikan-ikan kecil saja. Bila kalian pernah merasakan hal yang saya sebutkan diatas tadi, sebaiknya kalian coba cara yang akan saya bagikan disini, karena pasti salah satu penyebab kalian tidak pernah mendapatkan ikan besar akan terjawab.

Pada umumnya pemancing, ada orang yang hanya ikut-ikutan saja, saat banyak temanya yang mancing maka ia ikut dan selalu aktif. Karena hobinya yang dadakan ini, biasanya akan membeli peralatan pancing tanpa banyak mempelajari tentang cara mancing dan pengetahuan tentang seputar ikan.

Orang-orang yang seperti inilah, sering kali mudah jengkel dan sangat mudah berhenti untuk menjadi pemancing sejati.
Berbeda dengan Angler Pemancing sejati, ia akan terus mempelajari cara mancing dan seputaran umpan ikan. Kalaupun boncos, baginya itu hanyalah hal yang biasa.
Begitulah harapanya bila kalian seorang pemancing yang terbilang pemula, atau baru saja terjun jadi pemancing, tapi tidak pernah mendapatkan ikan besar dan masih tetap axis mancing sekalipun terus boncos, oke deh langsung saja kalian simak yang mungkin kesalahan ini ada pada kalian.

Senar Yang Besar Semakin Kuat Untuk Mendapatkan Ikan Besar

Memanglah benar, senar yang kuat bisa menarik berkilo-kilo ikan bahkan kayu yang hanyut sekalipun bisa ditarik ke pinggiran tanpa putus. Namun ada hal yang harus kalian sadari, senar dengan ukuran besar malah membuat ikan lari dan menjauhi senar dan umpan pancing kalian.

Semakin besar senar, maka akan menimbulkan suara dengung yang semakin kuat. Cobalah kalian lemparkan senar yang besar ke air lengkap dengan umpan dan timah pemberatnya, dengarkan suara arus sungai yang beradu pada senar, akan menimbulkan suara dengungan yang semakin besar senarnya maka suara tersebut akan semakin kuat.

Ikan akan lari menjauhi umpan kalian, selain itu ketahuilah pula bahwa ikan bisa melihat senar di dalam air, terlebih bila kalian mengunakan senar yang besar dan memiliki warna yang terang dan norak.

SOLUSINYA:
Ganti senar kalian dengan yang lebih halus dan lembut tapi kuat, bila memungkinkan gunakan yang berwarna bening, karena transparan akan menyamarkan warna senar di dalam air. Walaupun senar terlihat, ikan tidak akan kabur karena suara dengungan semakin kecil.

Tapi jangan gunakan yang halus senarnya bila kalian mancing di sungai, dikuatirkan bila kena sambar ikan besar senar malah putus, jadi gunakan senar dengan pemikiran kalian, yang penting halus dan bening.

Sering Gonta Ganti Umpan dan Kurang Kosentrasi Saat Mancing

Terkadang sering kali ditemukan, pemancing yang meminta umpan kepada pemancing lainya padahal umpan yang ia bawa masih banyak.

Ini juga merupakan kesalahan yang biasanya terjadi, karena belum tentu umpan yang kalian gunakan itu cocok dengan peralatan yang dipakai, sebutlah umpan pancing apung tapi kalian gunakan dengan tekhnik dasaran, tentu berbeda jauh.

Mengati-ganti umpan pancing sebenarnya sah-sah saja, tapi malah terkadang bisa merusak kosentrasi dan emosi kalian saat mancing. Sebentar-bentar ganti umpan, begitu seterusnya tapi malah nggak dapat-dapat ikanya, jengkel dan emosipun timbul akhirnya pulang dan BONCOS LAGI!!!!

SOLUSINYA:
Cobalah bersabar dan yakin dengan umpan yang kalian gunakan, karena mancing sangat dibutuhkan kesabaran yang kuat. Bila saatnya kalian mendapatkan ikan, tetaplah dapat karena rejeki tidak akan tertukar.

Mengunakan Umpan Yang Salah Saat Mancing

Ini juga biasanya kesalahan yang fatal saat mancing, niatnya mau mancing ikan yang makan umpan seranga seperti jangkrik untuk ikan Gurame sungai. Tapi malah kalian memancingnya dengan umpan roti dan sebagainya.

Keadaan yang seperti ini, bila dipertahankan tetap saja akan membuat kalian boncos lagi saat mancing.

SOLUSINYA:
Cobalah untuk mengunakan umpan standart seperti cacing dan serangga saja saat kalian mancing, karena umpan yang umumnya digunakan akan memberikan hasil yang tak terduga bagi kalian.

Tempat Yang Kalian Pancing Tidak Ada Ikanya

Jangan hanya melihat lokasi spot mancing yang bagus saja tapi lihat juga ciri ikanya ada atau tidak, sebuah lokasi yang biasanya ada ikan itu nampak, ikan-ikan biasanya sesekali akan keluar untuk mengambil udara. Setidaknya, bila kalian mancing beramai-ramai maka 1 atau 2 orang teman kalian tetap akan mendapatkan ikan.

Tapi bila boncos semuanya, kemungkinan ikan dilokasi tempat kalian mancing itu sudah tidak ada ikanya. Karena dijaman sekarang, ada banyak penyebabnya ikan-ikan disungai mati atau mengungsi, beberapa penyebab itu diantaranya:
  • Penambangan PETI, Dompeng.
  • Racun / Tuba / Putas, yang di sengaja orang.
  • Di Setrum Oleh Orang.
  • Dan terdapat predator ikan seperti Biawak (benyawak) dan sebagainya.
Dengan beberapa alasan diatas, maka habislah ikan ditempat kalian mancing, bila ini kondisinya maka kalian tidak akan dapat ikan saat mancing dengan kondisi seperti ini.

SOLUSINYA:
Pindah dan cari tempat mancing lainya, karena tempat kalian mancing memang sudah tidak ada ikanya, apa lagi yang mau dipancing, harus pindah spot donk sob.

Beberapa pengalaman diatas, bila kalian terapkan mudah-mudah saat mancing ikan kalian tidak akan boncos lagi yang penting yakin dan percaya bahwa rejeki tetap akan ada untuk kalian bila tidak pernah dapat ikan besar saat mancing.