Skip to main content

Mancing Di Musim Kemarau Banyak Dapat Ikan

Pemancing biasanya ramai bila musim kemarau, kebanyakan orang memang bertanya-tanya mengapa disaat musim ini sangat banyak sekali orang yang pergi mancing ke sungai.

asiknya mancing ikan saat musim kemarau

Banyak perbedaan saat mancing di musim kemarau dan hujan, dan yang pastinya pemancing akan lebih besar berpotensi dapat ikan bila musim kemarau. Sedangkan pada musim penghujan, bisa dipastikan akan sulit sekali untuk mancing karena keadaan sungai banjir dan air terbilang besar.

Terutama dibagian sungai-sungai besar yang menjadi induk dari berbagai sungai kecil, saat musim hujan sudah tentu akan banjir. Sebaliknya, pada musim kemarau air akan surut dan kondisi air tidak seberapa deras dan sangat asik saat memancing ikan.
Inilah sebabnya, dimusim kemarau lebih banyak orang mancing ketimbang musim hujan.
Selain itu, ada banyak sekali penyebab mengapa dimusim kemarau ini pemancing lebih banyak mendapatkan ikan, diantaranya adalah:
  • Ikan akan berkumpul dibagian sungai yang lebih dalam seperti lubuk dan sebagainya.
  • Makanan ikan menjadi berkurang, karena terbatasnya jarak ikan berkeliaran mencari makan, ikan-ikan ini hanya mengandalkan makanan yang ada disekitar mereka.
  • Kondisi air cenderung hangat, dan ini biasanya membuat selera makan ikan lebih ganas menangkap umpan pancing.

    Ikan Berada Di Bagian Sungai Yang Dalam Saat Kemarau

    Silahkan kalian perhatikan, saat musim kemarau kebanyakan para pemancing akan memilih spot atau tempat mancing di bagian lubuk sungai atau muara.

    Ke 2 bagian sungai ini, sangat dikenal dalam sekalipun musim kemarau, maka dari itulah kebanyakan orang mancingnya dibagian ini. Ikan-ikan akan berkumpul menjadi satu dibagian ini, makanya bila pas kalian mancing dengan kondisi kemarau dan tepat pada bagian ini, potensi mendapatkan ikan semakin banyak lagi.

    Jadi, inilah jawabanya mengapa kebanyakan orang memilih bagian sungai yang dalam, bia mancing di saat kemarau, lagian kalau kondisi seperti ini di air yang cetek (dangkal) kemungkinan tidak akan ada ikan sama sekali.

    Saat Kemarau, Ikan Akan Kesulitan Untuk Mencari Makan Apa Benar Ya

    Bila tempat ikan berkumpul pada sungai yang dalam, kemungkinan kehabisan makan yang enak bagi ikan itu bisa saja terjadi. Karena seperti yang kita ketahui, kebanyakan ikan memakan umpan anakan ikan-ikan kecil, dalam kondisi kemarau sudah bisa dipastikan bahwa ikan akan sulit keluar dari bagian sungai yang dalam.

    Ikan-ikan kecil yang biasanya dimakan ikan besar, pada umumnya bermain dibagian pinggiran sungai nah jangkauan ikan besar akan sulit sekali sampai ke tempat seperti ini, terutama ikan yang berukuran besar.

    Potensi Dapat Ikan Mancing Di Musim Kemarau Semakin Besar dan Banyak

    Pada umumnya iya, kebanyakan para Angler pemancing akan beramai-ramai, berkelompok, bersama-sama memancing ikan sebagai hiburan.

    Kebanyakan dari mereka sudah bisa dipastikan akan mendapatkan ikan, selain jumlahnya yang banyak juga pastinya akan membawa umpan yang banyak pula. Jadi tak heran bila kalian melihat para pemacing saat musim kemarau lebih banyak membawa pulang ikan.

    Nah sampai disini, pasti kalian bisa mengambil kesimpulan asiknya mancing di saat musim kemarau ini. Berbeda halnya bila mancing di musim penghujan, selain airnya banjir juga dikuatirkan petir dan pastinya kehujanan saat memancing ikan.

    Selain itu, pada musim kemarau kebanyakan airnya juga jadi jernih dan kebiruan. Dengan kondisi air yang seperti ini, umpan lebih terlihat oleh ikan jadi potensi dimakanpun semakin besar kan.

    Diatas, adalah gambaran mengapa dimusim kemarau banyak yang pergi mancing.