--> Skip to main content

Mancing Ikan Semah (Masher), Umpan, Tekhnik dan Cara Memancingnya

Mancing ikan Semah (Masher) memang susah-susah gampang, selain memilih umpan cara mancing ikan semah juga terbilang memiliki trik tersendiri saat memancingnya. Bila tanpa pengalaman khusus bisa dipastikan kalian hanya menghabiskan waktu dan peralatan pancing saja.

cara mancing ikan semah yang besar

Umumnya, orang memancing ikan semah adalah di sungai yang memiliki arus deras, kondisi air terbilang bersih dan jernih. Maka dari itu, kalian sangat di haruskan mengerti cara dan tekhnik memancing di arus deras ini.

Bisa kalian terka dengan pikiran, tarikan ikan di sungai berarus derah bisa berkali-kali lipat tenaganya dibanding ikan di sungai biasa, untuk yang berukuran kecil saja sudah bisa dipastikan tarikanya sudah terasa berat dan menantang.

Belum lagi ditambah dengan derasnya arus sungai, membuat kalian akan mengeluarkan keringat saat menariknya. Terutama ikan semah, selain bersisik ikan ini juga sangat dikenal pantang menyerah bila terkena pancing.

Ukuran ikan semah sendiri sangat bervariasi, terlebih di alam liar, untuk ukuran yang 5 jarian saja bisa mencapai bobot 1 kiloan, terbayangkan saat menariknya.

Apa Saja Peralatan Yang Di Gunakan Untuk Mancing Ikan Semah Ukuran Besar dan Kecil

Untuk kalian yang akan berangkat mancing ikan semah, ketahuilah untuk mempersiapkan peralatan yang lebih banyak lagi yaitu:
  • Mata Kail khusus yang tajam dan halus, gunakan Nissin.
  • Timbel, timah pemberat lebih banyak dan berukuran besar.
  • Kili-kili ukuran sedang.
  • Dan senar yang kaku dan besar.
Setelah kalian menyiapkan beberapa peralatan diatas, selanjutnya jangan lupa untuk menyiapkan berbagai jenis umpan yang berpengaruh pada cuaca, suhu dan jernih atau keruhnya sungai di saat kalian memancing.

Umpan Ikan Semah (Masher) Terjitu Yang Paling Banyak Di Gunakan Orang

Kebanyakan orang yang memancing ikan semah, selalu mengandalkan warna Orange, karena ikan semah termasuk ganas dan cepat menyambar umpan dengan warna ini.

Sebut saja Kelapa Sawit yang dikupas kulitnya, warna kan Orange dan ini sekaligus yang menjadi andalan banyak orang mancing ikan semah. Selain kelapa sawit, berikut umpan ikan semah yang bisa kalian coba:
  • Ubi kayu mentah, di potong dadu.
  • Ubi rambat warna ungu, tapi direbus setengah matang.
  • Dan Cacing sutra.
Umpan di atas bisa kalian gunakan, bila cuaca cerah dan keadaan air jernih.

Bila cuaca mendung atau habis hujan dan air berwarna keruh kecoklatan, cobalah untuk mengunakan Usus Ayam atau Cacing Sutra. Mantapkan keyakinan memancing dengan umpan ini, jangan pernah memaksakan mengunakan umpan yang untuk cuaca bagus.

Cara Merakit Pancing Saat Mancing Ikan Semah

Ketahuilah pula, saat mancing ikan semah posisi pancing kalian harus di tengah sungai, karena ikan semah berukuran besar tidak menyukai daerah sungai pinggiran.

Maka dari itu, usahakan kalian melempar pancing ke bagian tengah dan gunakan timah (timbel) pemberat yang berukuran besar. Antara mata kail dan timah, jangan lupa untuk mengunakan kili-kili karena umpan yang kalian gunakan akan berputar hebat di dalam air dengan arus deras ini.

Yang menjadi perhatian saat mancing ikan semah ini, pancing tajuran kalian harus dengan posisi tegak lurus, bila menaruh stick pancing seperti biasa, kemungkinan pancing kalian terbawa arus sungai, karena sebagian senar biasanya akan terbawa arus yang deras, sehingga menyulitkan kalian untuk membedakan antara di makan ikan dan terkena arus sungai.

Cara Menarik Ikan Semah Ke Pinggiran Supaya Senar Tidak Putus

Tarikan ikan semah, memanglah sangat kuat sekali, ini juga sebabnya kalau kalian tidak bisa menariknya ke pinggir siap-siap senar putus karena tersangkut bebatuan.

Menarik ikan semah yang terkena pancing ini, harus benar-benar mempertaruhkan antara kekuatan senar, mata kail yang kalian gunakan. Bila tidak kuat, kalian harus merelakan ikan semah memutuskan senar, dan pergi.

Maka dari itu, persiapkan dengan matang bahwa senar yang kalian gunakan jangan tanggung-tanggung, bila tidak ingin putus saja senarnya. Tapi jika kalian hanya memancing anakan ikan semah ya tidak apalah mengunakan senar dan mata kail biasa.

Kesimpulan
Mancing ikan semah hampir sama seperti memancing pada umumnya, hanya saja untuk tekhnik pasti kalian ada yang tau dan ada pula yang tidak. Karena itu, berbagi pengalaman itu sangat baik seputaran mancing ikan semah (masher).