Skip to main content

Umpan Mancing Ikan Patin Sungai Deras ✓ Lengkap

Umpan mancing ikan patin sungai deras memang terbilang susah-susah gampang, terlebih bila kalian tidak mengetahui jenis umpan yang cocok di gunakan. Jadi tidak sembarangan bila ingin mancing ikan patin di sungai yang memiliki arus yang deras.

umpan jitu untuk mancing ikan patin di sungai yang deras ✓
Pada umumnya, ikan patin sungai baik lubuk maupun arus deras, mereka sama-sama memiliki naluri makan umpan yang sama. Seperti yang kita ketahui, bahwa ikan patin sangat suka dengan jenis umpan yang mengandung Minyak dan buah-buahan. Beberapa buah yang sangat di sukai ikan patin sungai adalah:
  • Buah Nangka.
  • Cempedak.
  • Jambu Biji yang isinya warna merah.
  • Degan atau Kelapa Muda.
  • Dan Juga Kelapa Sawit.
Bila kalian ingin mancing ikan patin sungai deras, bisa coba mengunakan salah satu jenis umpan yang telah saya sebutkan diatas tadi.

Bila memungkinkan, cobalah siapkan semua jenis umpan tadi bila kalian memang ingin memburu ikan patin sungai deras ini. Tapi sebelumnya, sangat di sarankan bagi kalian juga mengetahui umpan alternative ikan patin sungai deras ini, tujuan supaya kalian bisa menjajal satu persatu umpan yang cocok di daerah tempat kalian memancing.

Umpan Alternative dan Jitu Untuk Ikan Patin Sungai Deras

Bila buah-buahan yang telah saya sebutkan diatas tadi adalah yang umumnya digunakan, sekarang sebaiknya kalian juga mengetahui dan menyiapkan umpan cadangan.

Kalian bisa mencoba untuk membuat roti dengan aroma buah seperti yang telah saya sebutkan tadi, beberapa bahan yang bisa kalian siapkan terlebih dahulu:
  • Tepung Gandum.
  • Pernipam / Pengembang Kue.
  • Dan Pasta Kue untuk berbagai aroma seperti Pisang, Durian, Nangka dan sebagainya. Pilih sesuai kebutuhan.
Untuk meramunya, tidaklah begitu sulit cukup masukan 4 sendok makan Tepung Gandum ke dalam wadah, kemudian campurkan dengan Pernipam secukupnya lalu aduk kering terlebih dahulu.

Setelah di kira-kira tepung dan pernipan tercampur, ambilah sedikit air kira-kira seperempat gelas kecil. Kemudian campurkan dengan pasta kue sesuai aroma yang kalian butuhkan, lalu aduk hingga menjadi adonan pulen layaknya bikin kue, setelah itu tunggu 10-15 menitan supaya adonan mengembang.

Setelah itu, goreng adonan yang telah kalian siapkan tadi. Mengorengnya jangan sampai gosong, cukup matang saja. Setelah itu cobalah untuk mengunakan umpan tersebut.
Kekurangan Umpan Jenis Ini
Tidak tahan lama dalam air, terlebih bila arus sungai yang deras membuat kalian akan rajin memasang umpan.
Jadi ada baiknya, kalian memang mengunakan umpan yang asli. Selain tahan dan awet di air yang deras juga tidak sulit untuk mendapatkanya.

Kelebihan Umpan Mancing Pakai Buah-Buahan Asli

Yang pastinya umpan jenis buah ini tidak sulit untuk kita temukan, selain itu untuk mengolahnya juga tidak terlalu sulit karena cukup di potong-potong sesuai dengan keadaan mata kail saja.

Untuk pengunaan jenis buah kelapa sawit, ada baiknya kulit halus pada bagian luarnya di buang terlebih dahulu dan hanya mengambil yang bagian orange saja, untuk pemasangan umpan seperti biasanya yaitu di susun hingga 5 irisan ke mata kail.

Bila mengunakan kelapa muda atau degan, usahakan kalian memilihnya yang sudah agak keras supaya lebih tahan lama di dalam air. Tapi kalian tidak boleh memanfaatkan beberapa macam umpan ini saja bila memancing ikan patin di sungai yang deras.

Sebaiknya, kalian menyiapkan beberapa umpan lainya seperti cacing dan sebagainya, karena bisa jadi kondisi air akan membuat umpan yang kalian gunakan di atas menjadi tidak terlihat oleh ikan, air sedang keruh contohnya!!!

Kesimpulan Umpan Ikan Patin Sungai Deras
Umpan-umpan yang telah saya sebutkan tadi, merupakan yang umumnya digunakan oleh para pemancing juga sesuai dengan ppengalaman pribadi memancing ikan patin di sungai deras dengan umpan jitunya.