--> Skip to main content

Senar Pancing Di Rebus [YAKIN] Bisa Jadi Kuat

Banyak yang meyakini, bila senar pancing di rebus akan kuat dan tahan tarikan ikan besar, bahkan kekuatan senar bisa menjadi sangat kuat berkali-kali lipat sehingga bisa menjadi senar andalan untuk memancing ikan di sungai yang banyak babon ikanya.

merebus senar pancing supaya jadi kuat dan awet di pakai ✓

Biasanya, senar yang halus dan berukuran kecil saja yang di rebus oleh kebanyakan para pemancing ini, karena senar yang halus sangat dipercayai lebih tidak terlihat oleh ikan. Tapi kalian jangan salah, tidak semua senar pancing menjadi kuat bila di rebus dengan suhu air yang beragam ini.

Maka dari itu, bila kalian ingin senar yang halus menjadi kuat tapi tidak tau caranya maka simaklah artikel ini hingga selesai. Bila terdapat kesalahan, bukan senar yang menjadi kuat tapi malah sebaliknya, senar tersebut bisa menjadi Getas dan sangat rapuh.

Cara Merebus Senar Supaya Menjadi Kuat dan Tahan Lama

Perlu kalian ketahui, saat membeli senar untuk di rebus harus benar-benar di pilih, karena tidak semuanya senar bisa kalian rebus. Biasanya hanya senar gulungan harga 1000-2000an dengan ukuran 10 meter yang biasanya di rebus dan bisa menjadi kuat.

Bila senar-senar pancing lainya, kebetulan saya belum nyoba dan pernah mencoba dengan Merek senar pancing Sibobi dan hasilnya senar malah menjadi getas dan sangat mudah putus. Maka dari itu, pilih saja senar yang murah meriah bila kalian ingin mencoba untuk merebusnya.

Ada pun cara untuk merebusnya sebagai berikut:
  • Siapkan senar gulungan yang murah hingga 5-8 gulung, perbandingan 10 meter = 50-80 meter supaya cukup pada Rill/Katrol yang kalian gunakan nanti.
  • Rebuslah air hingga mendidih, setelah itu itu kecilkan api kompirnya supaya suhu Air yang dimasak bisa stabil.
  • Setelah itu, masukan senar mengunakan alat bantu, bisa cutil atau kayu dan sebagainya.
  • Tunggu senar yang di rebus tadi sampai 10 menitan, harus pas 10 menit jangan lebih, kalian membutuhkan jam supaya tepat waktunya.
  • Setelah pas 10 menit, angat senar dan biarkan hingga dingin sendiri jangan pernah merendamnya ke air dingin dan sebagainya.
Setelah kalian mencoba cara diatas, saya sarankan lakukan tes terlebih dahulu dengan menarik sendiri senar pancing yang telah direbus tadi. Bila kekuatanya bertambah, itu tandanya senar yang kalian rebus pas dan tepat.

Sebaliknya, bila senar menjadi lebih mudah putus bisa jadi senar tersebut tidak cocok atau memang ada kesalahan saat kalian merebusnya, maka dari itu perhatikan tipsnya dengan benar.

Tips Merebus Senar Pancing Yang Tepat

Bila kalian ingin merebus senar pancing yang akan di gunakan, sebaiknya sebelum mengunakan senarnya lakukan pengetesan terlebih dahulu karena tidak semua senar pancing itu cocok bila di rebus.

Dengan melakukan pengetesan satu persatu senar dengan harga yang murah maka kalian bisa mendapatkan senar yang cocok untuk di rebus dan bisa menjadi kuat saat di gunakan.

Selain itu, yang harus diperhatikan adalah lamanya kalian merebusnya karena bisa saja membuat senar menjadi terlalu matang atau belum sama sekali saat direbus. Kalau saya pribadi, saat merebusnya saya cek jam di hp saat pas saya masukan senar ke air rebusan langsung saya pantengin jamnya supaya tepat 10 menit.

Selain itu, air yang rebus pertama-tama akan mendidih setelah itu kompor di kecilkan sehingga didihan air cukup untuk mengatur suhunya. Ada juga pengalaman dari teman saya, merebus dengan mengunakan magic com untuk menanak nasi, karena air yang mendidih sangat stabil.

Kesimpulan
Merebus senar pancing supaya menjadi kuat dengan cara diatas hanyalah untuk pembuktian, atau memang untuk berhemat biaya untuk alat pancing. Sebenarnya, sangat banyak senar yang di jual dengan harga terjangkau yang kecil, halus dan kuat sehingga kalian tidak perlu repot-repot merebus senar pancing supaya menjadi kuat.