Skip to main content

Nama Umpan Buah Yang Jitu Untuk Semua Jenis Ikan

Kalian yang hobinya mancing pasti tau kan kalau ikan juga banyak yang makan buah, tapi sayangnya hanya ada beberapa buah-buahan saja yang bisa digunakan sebagai umpan untuk mancing ikan. Tapi ada buah yang hampir di sukai oleh hampir semua ikan yang ada di sungai.

umpan buah buahan untuk mancing ikan liar di sungai yang jitu ✓

Umpan dari buah-buahan ini ada yang terlebih dahulu melalui proses pencampuran dan ada juga yang bisa langsung kalian gunakan untuk umpan mancing. Ada yang bisa langsung digunakan secara utuh, ada pula yang harus di potong-potong, nah bila kalian ingin mencobanya terlebih dahulu kalian harus tau buah apa saja itu, berikut nama buah itu:
  • Melinjo.
  • Jambu air.
  • Mengkudu.
  • Pisang.
  • Nangka.
  • Biji Para / Karet.
  • Sawit.
  • Mangga.
  • Ubi kayu / jalar.
  • Jagung manis.
  • Dan Durian / Duren.
Beberapa buah diatas bisa kalian gunakan sebagai umpan, tapi tidak setiap tempat, sungai, rawa dan kolam bisa kalian gunakan umpan diatas ini karena ada ikan-ikan tertentu yang mau memakanya. Jadi intinya, bila kalian ingin mengunakan salah satu umpan diatas maka harus di sesuaikan dengan kondisi dan ikan target kalian.

Selain harus menargetkan ikan, kalian juga harus tau jika ada yang melalu pengolahan sebelum bisa digunakan sebagai umpan.

Mancing Mengunakan Umpan Buah Melinjo Target Ikan Semah (Masher) dan Wader (Putian)

Ikan sisik memang sangat menyukai umpan jenis buah-buahan terutama yang berada di sungai yang berarus deras. Salah satunya adalah ikan semah atau masher, untuk memancing ikan ini kalian bisa mengunakan melinjo yang warnanya telah berubah menjadi orange atau agak kekuningan.

Seperti yang kita ketahui, ikan semah sangat ganas menyambar umpan bila warna orange atau kuning. Maka dari itu, bila kalian ingin mengunakan umpan melinjo ini pilihlah yang warna tersebut.

Selain itu, bila kalian ingin memancing ikan sisik lainya maka sebaiknya di rebus terlebih dahulu, bila ingin di gunakan potong mengunakan pisah yang tajam supaya melinjo jadi beberapa bagian. Bila target ikan kecil maka kalian bisa mengkondisikan ukuran umpan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Umpan Jambu Air, Pisang dan Mengkudu Untuk Target Ikan Gurame (kaloi) Alam Liar

Untuk ikan Kaloi liar atau gurame, kalian bisa mengunakan umpan ini tapi harus pas dengan kondisinya. Untuk pengunaan sendiri kalian bisa memotong-motong buah menjadi beberapa bagian terlebih dahulu supaya pas di mata kail yang kalian gunakan.

Biasanya, pemancing akan memotong buah seperti kotak kecil saja supaya bisa di cantelkan ke mata kail. Nah kalian juga bisa mencobanya tapi ingat pilihlah buah Jambu, pisang atau mengkudu yang masih mengkal jangan yang sudah terlalu matang karena nanti kalian akan kesulitan untuk memasang umpanya di mata kail.

Umpan Biji Para / Karet, Nangka dan Mangga Target Ikan Patin Yang Jitu

Untuk ikan patin alam liar, sangat dianjurkan mengunakan umpan ini. Tapi untuk buah para atau karet kalian harus tau cara membuatnya terlebih dahulu. Untuk nangka dan mangga caranya gampang, cukup kalian potong-potong sesuai selera dan bisa langsung digunakan.

Untuk buah para ini, sebelum digunakan terlebih dahulu kalian harus membakarnya. Yang digunakan haruslah bijinya, setelah kalian bakar dan bau wanginya sudah keluar barulah bisa kalian gunakan untuk umpan mancing ikan patin.

Selain itu, untuk biji karet ini umumnya ikan yang menyukai umpan dengan aroma wangi tak terkecuali ikan mas liar di sungai juga mau makan umpan ini. Jadi kalian serba bisa mengunakan umpan ini.

Umpan Ubi Kayu / Jalar dan Jagung Manis Cocok Untuk Ikan Bersisik Di Sungai

Untuk umpan dengan buah ini, kebanyakan hanya dibuat untuk campuran saja. Tapi tetap ada saja yang mengunakanya sebagai umpan langsung.

Untuk jenis ikan semah atau masher, kebanyakan orang mengunakan umpan ubi kayu yang berwarna putih secara langsung tanpa campuran yang hanya di potong kotak-kotak saja. Untuk selain itu seperti ubi jalar / rambat, biasanya di rebus terlebih dahulu dan di campurkan dengan kuning telur bebek dan di pulen seperti pelet, target ikan adalah putihan atau wader sungai

Sama halnya dengan jagung manis, biasanya digunakan sebagai campuran umpan olahan. Biasanya jagung terlebih dahulu di rebus atau kukus dan barulah di campurkan tepung kanji (sagu) dan susu dancow lalu di ulen dan digunakan seperti umpan pelet, target ikanpun sama putian.

Umpan Ikan Dengan Buah Duren / Durian dan Sawit

Untuk buah durian, biasanya akan dibuat campuran namun tetap dengan aroma yang pas. Kebanyakan orang membuat campuran olahan tepung yang nantinya akan di tambahkan durian yang sudah matang.

Sama halnya bila kalian ingin mengunakan umpan ini untuk mancing, terlebih dahulu kalian harus membuat adonan tepung lebih tepatnya dibuat godok-godok dengan aroma durian. Setelah di goreng, barula di potong-potong dan digunakan untuk umpan mancing.

Untuk jenis ikan, hampir semua ikan sungai mau makan umpan dengan aroma durian ini. Sama halnya dengan Umpan Sawit, terlebih bila di rebus terlebih dahulu dan digunakan sebagai umpan untuk semua jenis ikan sungai mau memakan umpan ini.

Kesimpulan Umpan Buah
Pada dasarnya, umpan apa saja yang kalian gunakan untuk mancing sungai semuanya bagus dan tepat. Hanya saja, kebanyakan dari orang yang mancing tidak sabaran dan selalu berganti-ganti umpan, tepatnya tidak yakin dengan umpan yang di gunakan saat mancing. Termasuk umpan buah, bila kalian fokus dan sabar insya allah rejeki akan tetap ada saja yang penting semua tekhnik yang digunakan sudah pas dan tepat.