--> Skip to main content

Racikan Rahasia Umpan Dari Mie Instan dan Kuning Telur

Umpan mie instan yang di campur dengan kuning telur dan tempe ini, biasanya sangat ampuh untuk mancing ikan jenis sisik atau putian yang biasanya berada di sungai-sungai besar, kalau di sumatera biasanya disebut dengan ikan Lampam. Nah untuk kalian yang ingin mancing di sungai mengunakan umpan super mie instan, tidak ada salahnya kalian mencoba racikan yang akan saya bagikan pada artikel ini.

cara buat umpan racikan mie instan yang di campur dengan tempe untuk mancing ikan tawes dan putian lainya ✓

Tapi sebelum kalian membuat umpanya, ketahuilah dulu bahwa tidak semua ikan mau memakan umpan ini, hanya ikan tertentu saja.. Bila kalian menargetkan mancing ikan jenis putian atau lampam dan sitam, maka umpan ini sangat rekomendasi banget untuk kalian gunakan.

Sebelum kita bahas peracikanya, harus kalian ketahui terlebih dahulu bahwa mengunakan mie instan langsung untuk mancing itu sudah bisa dan mau di makan ikan. Maksudnya tanpa racikan atau campuran, tapi sayangnya bila tidak di olah lagi maka akan sulit untuk di pasang di mata kail dan pastinya kalian akan kesulitan dalam pengunaanya saat memancing.

Sebelum kita masuk pada bagian peracikan, terlebih dahulu silahkan kalian siapkan bahan-bahan berikut ini:
  1. Mie Instan Sedap Goreng.
  2. Telur ayam / bebek.
  3. Dan Tempe.
Sesudah kalian siapkan bahan diatas tadi, selanjutnya kita masuk ke tahap peracikanya.

Cara Mengadon Umpan Racikan Mie Instan Harus Di Blender Dulu Biar Cepat Halus

Untuk kalian yang ingin meraciknya, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat mie instanya menjadi tepung yang halus. Kebanyakan orang mempunyai cara tersendiri untuk menghaluskanya, ada yang di tumbuk, gerus dan blender. Bila kalian ingin cepat saya sarankan di blender saja.

Setelah mie jadi halus, tahap selanjutnya tumbuk tempe yang sudah kalian siapkan, untuk banyak dan dikitnya bisa kalian kira-kira saja supaya nanti bisa pulen adonanya. Setelah kalian tumbuk, campurkan kuning telur, bisa ayam tapi sangat di anjurkan bila kalian mengunakan kuning telur bebek karena amisnya sangat berbeda.

Setelah kalian campurkan kuning telur ke tempe yang sudah di tumbuk tadi, selanjutnya barulah kalian campurkan tepung mie instan yang sudah halus tadi, campurkan sedikit demi sedikit supaya adonan tidak menjadi keras.

Cara Pasang Umpan Mie Instan Ke Mata Kail Supaya Tidak Kuat dan Tidak Mudah Lepas Kena Arus Sungai

Sebagai pemancing ikan kalian pasti taulah caranya pasang umpan ke mata kail, cukup di puntir-puntir menyerupai bulatan dan di pasang. Untuk tahan atau tidaknya umpan berada di dalam air kembali lagi pada arus sungainya, bila deras kemungkinan umpan tidak akan bisa tahan lama.

Sebaliknya, bila arusnya sedang pasti umpan bisa bertahan lama. Bila tidak di sambar ikan maka umpan akan utuh, kalaupun hilang biasanya hanyut saat kalian menarik kail untuk mengecek umpan masih ada atau tidak.

Pada umunya, umpan racikan mie instan ini tidak membutuhkan waktu yang lama bila di tempat kalian mancing ada ikan putianya. Begitu umpan di masukan ke air, seketika itu juga akan tercium aromanya dengan ikan dan siap untuk di sambar. Karena itu juga kalian tidak boleh kelamaan menyentaknya, usahakan selalu terfokus ke pancing bila mengunakan umpan ini.

Selain itu, kekurangan mengunakan umpan ini kalian tidak bisa mendapatkan ikan lainya kecuali jika kalian membawa cadangan umpan lainya.

Kesimpulan
Mancing dengan umpan mie instan racikan ini memang mengasikan, terutama untuk kalian yang memang suka dengan ikan sisik putian sungai. Tapi harus pula kalian sadari, setiap tempat atau daerah itu ikanya tidaklah sama, begitu juga umpanya karena bisa jadi umpan ini belum tentu jitu di daerah kalian, tapi tidak ada salahnya bila kalian ingin mencoba untuk mengunakan umpan racikan mie instan ini.