--> Skip to main content

Mancing Ikan Sungai Yang Di Setrum (stroom)

Sungai yang di stroom (setrum) untuk mencari ikan, memang terbilang habis-habisan. Bukan hanya ikanya yang ikut pingsan bahkan mati, tapi telur-telur ikan menjadi hampa atau tidak akan bisa menetas akibat di setrum ini.

mancing ikan di sungai yang biasanya di setrum

Dengan tidak menetasnya telur ikan, sudah bisa dipastikan sungai yang biasa di setrum akan sulit sekali ada ikanya lagi. Walaupun tetap ada, ikan-ikan di sungai tersebut tidak akan banyak dan melimpah, hasilnya yang sulit mendapatkan ikan bukan hanya si tukang setruk itu sendiri tapi banyak orang lainya sebut saja yang hobi mancing dan menjala ikan juga ikut merasakan imbasnya.

Nah bagi kalian yang ingin memancing ikan, tapi sungai atau rawa yang biasanya kalian pancing mendadak di setrum orang, sudah bisa di pastikan kalian akan sangat sulit sekali mendapatkan ikan memakan umpan, walaupun masih ada ikanya tapi tetap saja ikan-ikan itu akan stress dan tidak mau memakan umpan pancing kalian.

Namun, bila kalian tetap ingin memaksa memancing di sungai yang disetrum. Setidaknya ada beberapa trik yang bisa kalian gunakan, tapi harus benar-benar diperhatikan bahwa masih terdapat ikan tapi susah memakan umpan pancing.

Ikan Sungai Yang Di Setrum Tidak Mati

Memang benar, tidak semua ikan mati, tapi cobalah kalian tengok ikan-ikan yang berukuran kecil atau anakan ikan, tetap saja mati! Selain itu, seperti yang sudah saya singung diatas tadi, telur ikan tidak akan bisa menetas lagi jadi habislah sudah ikan di sungai tersebut.

Karena tidak semua ikan itu mati, disini juga jadi kesempatan kalian yang hobi mancing untuk bisa strike ikan. Tapi harus penuh dengan kesabaran, karena biasanya ikan yang stress tidak akan mau memakan umpan pancing.

Tapi tetap saja kalian bisa mengakalinya dengan rangsangan dan sebagainya supaya ikan kembali mau makan umpan pancing kalian.

Trik Supaya Ikan Sungai Yang Di Stroom Mau Makan Umpan Pancing

Untuk triknya, kalian bisa mengunakan essens atau rangsangan supaya ikan bisa tumbuh selera makanya, untuk yang umumnya di gunakan oleh para pemancing alam liar adalah Cuka makan.

Nah kalian bisa mengunakan cuka makan ini untuk merangsang ikan supaya mau makan umpan pancing, caranya sederhana. Saat kalian akan memasukan umpan ke sungai, terlebih dahulu celupkan umpan ke dalam cuka terlebih dahulu, setelah itu barulah di lemparkan ke spot.

Cara ini terbilang cukup ampuh di gunakan untuk ikan yang mogok makan, termasuk ikan-ikan di sungai yang habis di setrum. Selain mengunakan cuka, kalian juga bisa mengunakan pelet pakan ikan, tapi tidak untuk di jadikan umpan melainkan hanya sebatas untuk di tabur saja supaya ikan terangsang untuk memakan umpan.

Menunggu Beberapa Hari Setelah Sungai Di Stroom Orang Untuk Di Pancing

Dan ini adalah langkah terakhir yang paling jitu, tapi pastikan orang-orang yang biasanya menyetrum ikan tidak kembali ke sungai yang kalian tunggu.

Setelah kalian tau sungai itu di setrum, maka tunggulah beberapa hari hingga minggu sebelum bisa kalian pancing. Tujuanya, supaya keadaan air stabil dan ikan tidak stress lagi, selain itu ikan-ikan dari bagian bawah bisa saja naik ke atas dan kembali bersatu pada ikan-ikan yang stress tadi. Dengan demikian peluang kalian mancing mendapatkan ikan akan semakin besar.

Tapi apa bila si tukang setrum ikan terbiasa menyetrum sungai tempat kalian biasanya mancing, maka cara ini tidak akan berhasil. Sebaiknya, kalian pindah dan mencari spot atau tempat mancing yang baru.

Kesimpulan

Sungai yang di setrum, akan sulit sekali ada banyak ikanya ataupun melimpah seperti biasanya, kalaupun bisa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, bagi kalian yang hobi mancing tetap saja akan sulit untuk mendapatkan ikan. Tapi percayalah, imbas setrum tadi berdampak ke banyak orang termasuk si tukang setrum ikan itu sendiri.