--> Skip to main content

Penganti Timah Pemberat Pancing, Pakai Gusi atau Batu Kali

Saat mancing di sungai, kalian mungkin pernah ngalamin kehabisan timah pemberat. Baik itu yang berukuran besar atau memang habis sama sekali, kalau sudah begini biasanya kita akan pulang walaupun saat itu pikiran kita masih ingin mancing.

bila kehabisan timah pemberat pancing bisa mengunakan alternative dengan gusi dan batu

Kendala kehabisan timah pemberat ini sering kali terjadi bila kita lupa membelinya, atau memang lupa untuk membawa nya., maka dari itu sebagai pemancing kalian harus memiliki inisiatif untuk menangulangi kehabisan timah pemberat atau memang terlupa.

Jadi bila kalian mengerti untuk pengantinya, tidak perlu pulang bila kehabisan timah ini. Nah untuk penganti pemberatnya kalian bisa mengunakan beberapa cara tapi harus mengerti tata caranya supaya tidak salah dalam penerapan, beberapa penganti timah pemberat yang bisa kalian gunakan adalah:
  • Batu Gunung yang berat.
  • Gusi Motor/Mobil.
  • Dan baut, per, besi di sekitar kalian.
Beberapa alternatif pemberat di atas bisa kalian bawa sebagai cadangan, umumnya adalah Gusi Motor atau Mobil bawalah hingga 4-5 atau semau kalian membawanya.

Cara Mengunakan Gusi Motor / Mobil Sebagai Penganti Timah Pemberat

Untuk mengunakan Gusi sebagai ganti timah pancing, terdapat beberapa cara untuk memakainya. Ada yang rapih dan juga ada yang asal ikat saja yang terkesan tidak rapih dalam pengunaan.

Untuk yang rapih, kalian bisa langsung membolongkan bagian tengah Gusi tembus ke bagian atas mengunakan paku. Tapi cara ini terbilang ribet dan memakan waktu. Bila kalian ingin ringkas, jalanya ya itu cukup langsung ikatkan senar pancing kalian ke kepala Gusi, tapi mengunakan cara ini terlihat tidak rapih.

Walaupun kurang rapih, tetap saja kalian bisa memancing tanpa timah pemberat, walaupun terkesan tidak bermodal, terbukti cara ini memang benar-benar ampuh di gunakan sebagai penganti timah pancing.

Mengunakan Batu Kali Sebagai Ganti Timah Pancing

Bila kalian memutuskan untuk mengunakan batu, maka usahakan memilih batu yang berat, biasanya di dasar sungai bisa dengan mudah di temui. Kalian bisa mengunakanya untuk alternative timah pemberat.

Bila mengunakan batu kali, kalian harus sedikit extra dalam mengikatnya karena bila salah-salah bisa saja batu terlepas di dalam air. Untuk mengunakan batu kali, ada baiknya kalian mengunakan bantuan tali karet, atau gelang karet yang di hubungkan ke senar, tujuanya supaya ikatanya lebih kuat dan tidak mudah lepas.

Selain itu, ada kelebihan bila kalian mengunakan karet gelang sebagai alat bantu pengikat. Bila batu ini tersangkut ke kayu atau sebagainya, maka kalian tidak perlu susah-susah untuk melepaskanya, cukup di tarik kuat maka karet pengikat akan terputus dari senar dan mata kail ke senar utama akan tetap bisa kalian gunakan.

Kesimpulan
Dalam mengunakan penganti timah pemberat ini, sebenarnya susah juga terlebih bila kalian orang yang mudah tersinggung, ucapan pemancing tidak modal tetap saja bisa kalian dengar bila mengunakan Gusi atau Batu sebagai ganti timah pemberat pancing.