--> Skip to main content

Umpan Lumut, Yuk Cari Tau Ikan Apa Saja Yang Mau Makan

Umpan lumut halus memang sangat disukai oleh ikan-ikan rawa ataupun kolam, sebagian bisa juga dipakai di sungai yang arusnya tidak begitu deras. Hampir semua ikan rata-rata mau memakan umpan lumut ini, mungkin karena memang lumut adalah tumbuhan alami di air, tapi ingat tidak semua lumut loh yang jadi makanan favorit ikan.

umpan mancing lumut halus untuk berbagai macam jenis ikan seperti sepat siam dan nila ✓

Ada lumut-lumut tertentu yang biasanya di gunakan sebagai umpan, maka dari itu bila kalian ingin mancing mengunakan umpan lumut tidak ada salahnya membaca artikel ini hingga selesai. Tujuanya supaya kalian tidak salah dalam penerapan mengunakan umpan lumut ini, selain itu nantinya kalian juga paham mana lumut yang bisa di pakai dan yang tidaknya.

Pada umumnya, lumut yang biasanya dipakai untuk umpan adalah yang halus dan serabut, biasanya lumut ini adanya di sungai-sungai kecil atau paritan, bentuknya serabut dan memanjang selain itu teksturnya juga halus. Nah lumut yang seperti inilah bisa kalian gunakan sebagai umpan untuk mancing ikan.

Tapi sebelum kalian mengunakanya, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu jenis ikan yang biasanya memakan umpan ini.

Ikan Yang Bisa di Pancing Pakai Umpan Lumut

Tidak semua ikan mau memakan umpan ini, jadi kalian harus benar-benar menentukan ikan yang menjadi target kalian.

Beberapa ikan yang mau memakan umpan lumut ini pada umumnya Nila hampir besar dan kecil akan selalu ganas memakan umpan lumut ini. Selain itu ikan sepat siam, nah untuk sepat yang berukuran besar akan lebih cepat lagi memakan umpan ini.
Tapi sayangnya, untuk memancing ikan sepat siam mengunakan umpan lumut ini kalian harus mencampurkan masako ayam ke dalam wadah lumut dan di aduk rata. Tujuanya, supaya ikan sepat siam berdatangan ke sumber aroma, karena pada umumnya ikan sepat siam besar hanya memakan umpan daging ayam asli.
Bila kalian sudah mengetahui ikan apa saja yang mau makan umpan lumut ini, ada hal yang harus kalian ketahui yaitu cara mengambilnya.

Cara Mengambil Lumut Halus Untuk Umpan Dengan Mudah dan Bersih

Kebanyakan orang yang tidak tau cara mengambil lumut, biasanya akan sangat berantakan dan bercampur dengan lumpur, yang pastinya sulitlah untuk mengambil umpan lumut ini bila kalian tidak tau caranya.

Untuk itu, bila kalian ingin tau cara yang pas mengambilnya yaitu dengan mengunakan lidi. Kalian cukup menyiapkan kantong plastik yang sudah di isi air, lebih bagus lagi kalau kalian membawa ember kecil. Setelah sampai di lokasi, kalian cukup memutarkan lidi saja bila ingin mengambil lumutnya, dengan mengunakan lidi lumut akan ikut dan dalam ke adaan yang tidak semerawutan.

Setelah kalian rasa cukup, jangan lupa untuk menambahkan air ke dalam lumut tadi. Tujuan adanya air, supaya kalian lebih mudah untuk menaroknya di mata kail, selain itu lumut juga tidak akan mudah mati.

Ingat, lumut yang kalian gunakan sebagai umpan itu bisa mati juga walaupun terlihat masih segar, lumut yang mati ini akan sulit di makan ikan. Itulah sebabnya terkadang ada orang yang mancing mengunakan umpan lumut tapi tidak di makan ikan.

Maka dari itu, setelah mengambil lumut jangan biarkan hingga lama atau berhari-hari di wadah yang airnya tidak mengalir. Lebih baik lagi, saat kalian akan pergi mancing barulah mencari umpan lumut sebagai umpanya.

Kesimpulan
Mancing mengunakan umpan lumut, pada dasarnya biasa digunakan dan sudah banyak diketahui orang, bukan lagi umpan yang perlu di racik. Yang penting, kalian tau cara mengambil lumutnya, mengunakan di mata kail, dan tau target ikan apa saja yang mau makan umpan lumut rambut atau serabut ini.