Skip to main content

Cara Mencari Umpan Udang Hidup Untuk Mancing

Cara mencari udang hidup untuk umpan mancing sebenarnya tidaklah sulit, yang penting kalian tau cara untuk memcarinya, kalau hanya sebatas mencari saja mungkin kalian akan kesulitan untuk mencari udang hidup untuk mancing ikan.

Cara Mencari Umpan Udang untuk mancing di sungai atau rawa dengan mudah dan cepat.

Mencari umpan hidup udang ini setidaknya ada beberapa cara, tapi yang paling sering di gunakan ada 2 cara yaitu:
  1. Mengunakan sauk / tangguk yang halus.
  2. Mengunakan obat pertanian yaitu Decis.
Selain itu jenis udangnya juga terbagi 2 yang biasanya sering di gunakan untuk umpan mancing ini, yang pertama adalah udang kolam atau rawa dan yang ke 2 adalah udang sungai.

Nah untuk cara mencarinya juga tidaklah sulit, yang penting di lokasi yang akan kalian cari tersebut memang ada udangnya.

Cara Mengetahui Ada Udang atau Tidaknya Di Kolam, Rawa dan Sungai

Ini merupakan hal yang terpenting harus kalian ketahui bila ingin mencari udang hidup untuk umpan, bila kalian mencarinya di kolam hal yang harus kalian ketahui adalah bahwa di kolam tersebut tidak ada ikan predator udang seperti ikan Gabus, Patin dan Sejenisnya. Selain itu, perhatikan juga apakah kolam tersebut biasa di beri pakan ikan berupa pelet atau tidak, karena pada umumnya setiap kolam yang terbiasa di beri pelet maka akan ada banyak udang di kolam tersebut.

Bila kalian memcarinya di rawa-rawa, maka usahakan pada malam hari, bila siang hari maka kalian akan kesulitan memcarinya, selain itu tidak semua rawa ada udangnya. Jadi bila kalian mencarinya di rawa, harus di cek dulu apakah ada udangnya atau tidak. Caranya dengan mengunakan senter pada malam hari, kalian cukup menyenter bagian pinggir rawa bila ada udangnya maka akan keliatan warna matanya (merah), bila kalian sudah menyenter ke setiap tepian rawa tapi tidak keliatan ada udangnya lebih baik cari rawa yang lainya.

Dan yang terakhir adalah di sungai, bisa dipastikan setiap sungai biasanya ada udangnya. Tapi tetap saja harus di cek juga, cara mengetahuinya sama dengan di rawa tadi, yaitu dengan menyenter pada malam hari. Bila kalian sudah tau cara untuk mengetahui ada udangnya atau tidak, sekarang kalian ketahui juga cara mengambilnya.

Cara Mencari Udang Mengunakan Sauk, Tangguk atau Jala

Biasanya, mengunakan cara ini hanya untuk mengambil udang di daerah kolam atau rawa. Caranya kalian cukup mengunakan Sauk atau Tangguk bergagang, tinggal tangguk pada bagian pinggir kolam atau rawa dan berjalan terus.

Setiap sekali tangguk bila ada udangnya langsung pindahkan ke wadah, jangan menunggu banyak baru di pindahkan karena biasanya kalau udangnya sudah banyak maka akan meloncat-loncat keluar tangguk, dan ini akan menyulitkan kalian.

Terus cari dan berjalan sampai kalian merasa cukup udangnya untuk umpan kalian gunakan. Bila di rasa masih kurang, maka teruslah mencari.

Cara Mencari Udang Mengunakan Decis

Sebenarnya, mengunakan cara ini tidaklah bagus, tapi ini merupakan cara yang paling banyak di gunakan oleh para pencari udang.

Caranya, kalian cukup beli decis bisa yang botol besar atau yang kecil, lalu tuangkan ke sungai atau kolam. Gunakan hanya 1 - 2 tutup saja, bila sungai kecil seperti parit maka cukup 1 atau setengah tutup botol saja. Bila kebanyakan Decisnya, udang bisa langsung mati dan kalian gagal mendapatkan umpan hidup ini.

Setelah Decis kalian tuangkan ke air, tunggulah bebetapa menit sampai decis benar-benar menyebar. Setelah itu, kalian bisa dengan mudahnya untuk mengambil udang mengunakan tangan.
Bila kalian mengunakan Decis, maka siapkan juga wadah udang dengan air yang bersih dan segar, bila memungkinkan setelah udangnya cukup ganti sampai 2 atau 3 kalian dengan air yang baru supaya udang bisa kembali segar.
Diatas adalah cara yang paling banyak digunakan, walaupun sebagian orang ada juga yang mengunakan perangkap udang seperti wuwu (bubu payung) atau jebakan yang di buat mengunakan botol aqua dan sebagainya. Mengunakan cara ini memakan waktu yang cukup lama, setidaknya 12 - 24 jam baru keliatan udang yang terperangkap.

Bila mengunakan cara yang sudah saya bagikan diatas, kalian tidak perlu repot-repot menunggu. Tinggal praktek dan berangkat mancing.

Ringkasan
Adahal yang harus kalian ketahui bila ingin udang tetap hidup, yaitu perhatikan wadahnya. Usahakan saat memancing wadah tempat udang kalian di rendam ke sungai atau tempat kalian mancing, fungsinya supaya udang kalian tetap hidup dan tahan lama sampai kalian pulang mancing ikan mengunakan udang hidup.