Mancing Saat Terang Bulan Ikan Tidak Mau Makan Umpan

Mitos mancing saat terang bulan maka ikan tidak mau makan umpan pancing, dilain sisi kebanyakan orang yang mancingnya di saat malam bulan purnama yang terang akan sangat sulit sekali mendapatkan ikan. Pendapat ini pasti sudah banyak sekali di dengar oleh para pemancing singai, kolam dan rawa. Tapi siapa sangka angler, saat terang bulan bukan hanya di malam hari tapi siangnya juga terkadang ikan tidak mau memakan umpan.

memancing ikan saat terang bulan ikan tidak mau makan umpan itu mitos atau fakta

Namun banyak hal yang harus kalian ketahui pada musim-musim terang bulan ini jika kalian ingin memancing ikan. Memang kebanyakan ikan susah makan umpan, tapi kalian tetap bisa memancing ikan dengan cara yang akan saya bagikan disini, bukan hanya sebatas cara memancingnya saja kalian harus tau juga mengapa saat seperti ini cenderung ikan tidak mau memakan umpan.

Bisanya ada beberapa hal yang membuat ikan tidak mau makan umpan kalian, diantaranya:
  • Ikan tidak berkumpul, alias berpencar ke semua sisi air di tempat kalian memancing.
  • Ada jenis ikan yang keluar saat terang bulan dan ada juga yang sembunyi.
  • Ikan yang sedang menyebarkan telurnya.
Beberapa alasan diatas masuk akal bila kalian pemancing ikan pada malam hari, berikut akan saja jelaskan secara rinci.

Ikan Berpencar Saat Terang Bulan Jadi Sulit Makan Umpan

Saat terang bulan, kebanyakan ikan menyebar, terutama pada bagian-bagian yang cenderung tertutup seperti di bawah rimbunan pohon atau batang kayu yang berada di bawah sungai atau rawa. Pada kondisi ini, bila kalian mancing di 1 titik saja yang kebetulan bukan tempat ikan bermain, sudah bisa dipastikan tidak akan ada ikan yang makan umpan kalian, sebaliknya bila kalian pas melempar pancing tepat tempat ikan menyebar tetap kalian akan mendapatlan ikan, walaupun terang bulan.

Tapi kebanyakan, bila terang bulan ikan cenderung berada di bagian bawah rimbunan pohon. Jadi, kalian bisa mencoba memancingnya di posisi ini.

Jenis Ikan Yang Keluar Saat Terang Bulan

Perlu kalian ketahui, bila ingin mancing pada saat terang bulan. Ada beberapa jenis ikan yang memang keluarnya pada saat seperti ini, bila ikan sungai contohnya seperti Lais, Sengerat dan Belida.

Ke 3 jenis ikan yang sudah saya sebutkan tadi, sangat aktif bila bulan terang. Jadi, kalian bisa merubah target ikan pancingan bila ingin memancing di saat seperti ini, bila jenis ikan predator seperti lele atau lembat sungai maka akan sulit memancingnya karena mereka cenderung berpencar. Bisa juga sih kalian memancingnya tapi harus mencari spot yang tepat.

Ikan Bertelur Sangat Sulit Di Pancing

Kebanyakan para pemancing tidak menyadari hal ini, kebanyakan jenis ikan malah menyebarkan telurnya setiap beberapa bulan sekali, terutama di saat terang bulan. Ikan-ikan besar, kebanyakan masuk kebagian anak sungai atau sungai-sungai kecil untuk menyebarkan telurnya dan kemudian kembali lagi kebagian sungai yang dalam.

Pada kondisi ikan yang menyebarkan telurnya ini, akan sulit sekali di pancing. Apapun umpan yang kalian gunakan tidak akan pengaruh, kecuali memang pas rejeki kalian, tapi sebaliknya bila lepas dari bertelur cenderung ikan lebih ganas lagi memakan umpan.

Cara Memancing Ikan Saat Terang Bulan

Seperti yang sudah saya bahas diatas tadi, bila terang bulan memang sulit sekali memancing ikan. Ada yang bertelur, ada jenis-jenis ikan tertentu dan ikan bertelur.

Untuk memancing pada saat seperti ini, kalian harus lebih aktif lagi. Maksudnya, saat mancing kalian jangan berfokus ke 1 titik saja, tapi cobalah lebih aktif dengan berpindah-pindah lokasi mancing terutama pada bagian bawah rimbunan pohon yang agak gelap, selain itu bila kalian mengetahui posisi kayu-kayu di dalam sungai bisa memancing di dekatnya bisa bagian atas atau bawahnya.

Atau kalian bisa merubah jenis ikan yang akan kalian pancing, merubah target ikan tentu harus merubah juga tekhnik leader dan mata kailnya, juga umpan yang di gunakan harus ke target ikan yang cenderung keluar di saat bulan purnama.

Ringkasan
Walaupun kondisi terang bulan, kalian tetap bisa memancing ikan. Terutama bila menerapkan beberapa contoh yang sudah saya ulas di atas untuk mancing ikan di saat terang bulan.

Posting Komentar untuk "Mancing Saat Terang Bulan Ikan Tidak Mau Makan Umpan"