--> Skip to main content

Cara Jadi Juara 1 Mancing Ikan Lele

Cara jadi juara 1 lomba mancing ikan lele sebenarnya menjadi sebuah keinginan pemancing yang mengikuti suatu perlombaan mancing di kolam ikan lele. Tapi tidak bisa semuanya menang, tetap harus ada 1, 2 dan juara 3 saja, sedangkan yang lainya bisa dikatakan hanya untuk pelengkap saja untuk meramaikan suatu perlombaan.
Cara jadi juara 1 lomba mancing ikan lele sebenarnya menjadi sebuah keinginan pemancing yang mengikuti suatu perlombaan mancing di kolam ikan lele. Tapi tidak bisa semuanya menang, tetap harus ada 1, 2 dan juara 3 saja, sedangkan yang lainya bisa dikatakan hanya untuk pelengkap saja untuk meramaikan suatu perlombaan.

Seperti yang kita ketahui, para pemancing kolam biasanya akan mengadakan perlombaan mancing ikan termasuk lele pada hari-hari tertentu dan biasanya di adalan pada malam hari. Target juara biasanya ada 2 kriteria yang pertama ikan dengan bobot terberat (terbesar) atau terbanyak mendapatkan ikan yang di hitung melalui beratnya.

Bila dalam perlombaan tidak ada 1 pun peserta yang mendapatkan ikan, amblas lah uang pendaftaran semua peserta, hemmm tapi tidak seperti itu juga tetap saja dalam suatu perlombaan mancing ikan lele 1 atau 2 orang peserta tetap akan mendapatkan ikan dan menjadi juaranya.

Jadi buat kalian yang ingin mengikutinya, jangan pernah grogi tetaplah selalu optimis bahwa kalian juga bisa menjadi juara di suatu perlombaan mancing, bila gagal jangan putus asa untuk mencobanya lagi di kemudian hati.

Untuk kalian yang memang ingin fokus menjadi juara di suatu perlombaan ini, seharusnya memiliki tekat yang kuat dan selalu berusaha untuk menjadi yang nomer 1. Usaha tersebut bisa melalui peralatan dan mengoptimalkan suatu umpan yang akan di gunakan dalam perlombaan tersebut.

Berikut, kami ada beberapa tips yang bisa kaliam coba bila ingin menang. Tips tersebut meliputi penyiapan umpan hingga peralatan yang memadai untuk kalian gunakan. Karena biasanya, kegagalan dalam memancing ikan itu ada di faktor senar dan kurangnya pengetahuan dari segi umpan yang di gunakan, kalian bisa coba ikuti beberapa cara yang kami bagikan.

1# COBALAH GANTI SENAR.
Perlu kalian ketahui, ikan bisa mengetahui adanya senar, semakin kecil diameter senar yang kalian gunakan maka akan semakin baik pula. Terutama pada perlombaan mancing ikan lele, bila 10 peserta dan senar kalian yang paling kecil tetap saja umpan kalian yang akan di sambar ikan lele lebih dulu.

Sebagai saran untuk senarnya gunakanlah yang kecil tapi kuat, kalian bisa konsultasi pada pemilik toko pancing untuk di pilihkan senar pancing yang kecil, halus warna bening tapi kuat. Biasanya kalian akan di rekomendasikan senar dengan kualitas bagus yang pastinya harga akan sedikit mahal, tapi tidaklah masalah bila kalian mendapati juara 1 di perlombaan mancing itung-itung buat mengembalikan pembelian alat pancing kalian.

2# GUNAKAN BERMACAM-MACAM UMPAN.
Pada saat perlombaan mancing akan berlangsung, sebaiknya kalian persiapkanlah terlebih dahulu bermacam-macam umpan, biasanya umpan umum untuk mancing ikan lele adalah:
  • Cacing Kalung
    Kalian bisa menyiapkan terlebi dahulu cacing yang berukuran besar dan ini umpan paling umum yang di gunakan oleh para pemancing, akan lebih baik lagi bila kalian menambahkan kuning telur bebek sebagai campura, caranya masukan kuning telur bebek ke dalam plastik lalu gunting cacing sesuai kebutuhan dan masukan ke dalam plastik yang ada kuning telurnya tadi lalu aduk dan umpan siap kalian gunakan.
  • Kodok Sawah Yang Kecil
    Ini juga umpan yang umum, kalian bisa mencari beberapa ekor katak sawah yang berukuran kecil, yang agal besar juga tidak masalah. Saat akan kalian gunakan, usahakan katak di matikan dulu dan sobek sedikit bagian kulitnya supaya bau amisnya keluar dan membuat ikan lele berselera memakanya.
  • Cicak Bakar.
    Kebanyakan pemancing tidak menyadari bahwa cicak juga bisa di gunakan sebagai umpan ikan lele, tapi sebelum di gunakan cicak harus di bakar terlebih dahulu. Caranya, ambilah 2 atau 3 ekor cicak lalu bakar sampai mengeluarkan bau, 1 cicak usahakan di potong jadi 3 bagian saja dan umpan cicak bisa kalian gunakan.
  • Belut Bakar
    Ini juga termasuk umpan yang umum digunakan, belut yang di gunakan adalah belut sawah. Sebelum di gunakan, usahakan belut di bakar dulu setengah matang supaya daging belut tidak hancur saat di masukan ke mata kail, kalian bisa memotong-motong belut sesuai ukuran mata kail kalian yang terpenting bagian kulitnya jangan sampai terlepas dari dagingnya.
  • Darah Sapi
    Umpan ini termasuk di larang, hampir di semua kolam pancing ikan lele melarang pengunaan umpan darah sapi ini. Bila perlombaan yang kalian ikuti bebas, maka bisa coba mengunakan umpan ini, caranya belilah darah sapi di pasar hewan dan gunakan yang sudah beku bisa kalian potong-potong sesuai ukuran, tapi ingat ini umpan yang di larang.
Setelah peralatan pancing dan umpan kalian siapkan, berangkatlah menuju lokasi pemancingan yang mengadakan perlombaan.

3# SARAN SAAT MEMANCING.
Saat memancing ikan di perlombaan, usahakan kalian selalu fokus dan jaga pikiran untuk tetap santai, jangan sampai pikiran kalian semerawutan terlebih lagi emosi karena bisa membuat kacaw semuanya.

Anggaplah, kalian mancing biasa di kolam kalaupun kalian mengikuti perlombaan hanya sebatas untuk meramaikan saja dan menjalin silahturahmi pada sesama pemancing. Dengan pikiran yang demikian insya allah rejeki akan berpihak pada kalian, dan kalaupun saat itu kalian gagal tetap selalu optimis untuk mengikuti perlombaan mancing ikan lele di kemudian hari.