Ikan Lais Hidung Budak, Ini Cara Paling Mudah Memancingnya

mancing ikan lais hidung budak memang mengasikan, terlebih ikan ini termasuk paling enak kalau di goreng kering. Sebagian pemancing kadang tidak tau jenis ikan lais ini, karena bila dilihat sekilas hampir mirip dengan ikan pating sungai tapi ada miripnya dengan ikan lais, hal inilah kadang juga bikin bingung nama ikan ini.
mancing ikan lais hidung budak paling mudah dengan cara ini

Ikan lais hidung budak, kalau mau di lihat dari cirinya bisa di pastikan hampir mirip dengan ikan lais biasa tapi sungut atau kunisnya tidaklah panjang. Hampir mirip dengan kumis ikan pating sungai, kumis tidak terlihat panjang tapi nampak sedikit sekitaran 5-7 cm di kiri kanan mulutnya, hal inilah yang membedakan antara ikan lais hidung budak dan lais biasanya.

Selain itu, bila dilihat dari tekstur badanya hampir mirip dengan lais biasa yang mengkilat hampir tidak ada darahnya, tapi untuk ukuran jelas ikan lais hidung budak ini lebih besar ukuranya ketimbang lais-lais biasanya. Tapi ada ciri yang paling menonjol, yaitu ikan lais mulutnya warna pink atau merah muda dan ini sangat jarang ikan yang seperti ini pada bagian mulutnya, warna tersebut bukan karena kena kail tapi memng ciri khasnya seperti ini. Nah apa kalian tertarik untuk mancing ikan ini? Kalau iya, pastikan kalian mengetahui cara mancing dan umpanya.

Umpan Ikan Lais Hidung Budak Besar dan Kecil

Untuk bisa memancing ikan ini, tentu kalian harus mengetahui dulu umpanya. Untuk makan aslinya adalah ikan-ikan kecil di sungai, tapi ikan lais hidung budak ini akan lebih ganas lagi bila memancingnya mengunakan udang. Bisa udang hidup atau juga yang sudah mati, kalian bisa mencoba memancingnya mengunakan udang dan ini termasuk umpan yang paling jitu untuk lais hidung budak ini.

Selain umpan udang, sesekali ikan ini juga mau memakan umpan cacing. Walaupun jarang, tapi tetap saja mau dimakanya, apa lagi kalau kalian mengunakan cacing kalung yang besar.

Selain kalian tau umpanya, untuk memancing ikan ini kalian juga harus tau caranya karena tidak sembarangan untuk memancingnya ada cara khusus.

Cara Mancing Ikan Lais Hidung Budak Yang Tepat

Ikan hidung budak ini, tidak main di dasar sungai atau juga bagian permukaan, ia cenderung main melayang atau tepat di tengah-tengah antara dasar dan permukaan air. Maka dari itu, kalian yang memancingnya harus menghindari tekhnik dasaran dan juga memakai pelapung.

Disarankan mengunakan pancing tekhnik leader atau sambungan antara mata kail dan di atas timah pemberat. Kebanyakan pemancing menamainya dengan tekhnik pancing gantung, dengan mata kail yang berada diatas pemberat maka otomatis umpan akan berada di bagian tengah air, sangat terlihat oleh ikan-ikan jenis hidung budak ini dan dengan begitu kemungkinan kalian mendapatkan sambaran ikan lais hidung budak ini akan semakin besar.

Yang perlu kalian ketahui lainya adalah senar pancing yang digunakan, kalau bisa gunakan yang halus dan lembut karena ikan ini termasuk sensitif bila senar yang kalian gunakan terlihat maka ia akan menjauhi umpan kalian. Jadi akan sangat sulit untuk kalian mendapatkan ikan ini bila senar pancing yang kalian gunakan berdiameter besar, jadin usahakan mengunakan yang halus.

Selain umpan dan cara mancing ikan lais hidung budak yang saya sebutkan diatas tadi, hal lainya adalah waktu. Kalian bisa memancing ikan ini di waktu malam hari karena ikan lais hidung budak termasuk aktif di malam hari, sesekali juga mau memakan umpan disiang hari tapi itu sangatlah jarang.

Nah sampai disini, pasti kalian sudah bisa mengerti caranya untuk mancing ikan ini dan umpan yang bagusnya di gunakan serta waktu yang tepat untuk mancing ikan lais hidung budak ini.

Posting Komentar untuk "Ikan Lais Hidung Budak, Ini Cara Paling Mudah Memancingnya"