Skip to main content

Umpan Ikan Bawal Sungai dan Kolam (Lengkap) Dengan Cara Mancingnya

Memancing iwak Bawal ternyata sangat mudah jika kalian tau umpan dan cara mancingnya, karena ikan bawal tidak sembarangan bisa memakan umpan pancing yang kalian gunakan. Hal yang susah mancing ikan bawal ini, terlalu mudahnya senar untuk putus saat akan di tarik, hal ini yang membuat ikan bawal sedikit sulit untuk di pancing bila kalian tidak mengetahui caranya.
mancing ikan bawal strike terus tanpa henti mengunakan umpan jitu

Ikan bawal sungai atau yang berada di kolam memang terkenal ganas memakan umpan, termasuk golongan ikan yang rakus, hampir semua jenis umpan mancing yang umumnya digunakan akan tetap saja di sabar dan bila tidak pas dalam memancingnya otomatis kalian kehilangan mata kail. Yang harus kalian ketahui bila memancing ikan bawal ini adalah giginya yang tajam, hampir mirip ikan buntal, gigi ikan bawal termasuk tajam sehingga dengan mudah bisa memutuskan senar pancing, maka dari itulah ketahui dengan jelas caranya mancingnya.

Bukan hanya dengan cara, kalian juga harus mengetahui dengan jelas umpan yang cocok untuk memancingnya. Walaupun rakus, ikan bawal terkadang juga tidak sembarangan memakan umpan, terutama untuk jenis roti dan umpan wangi lainya. Berikut akan saya bagikan cara dan umpan paling jitu untuk memancing ikan bawal sungai ataupun kolam.

Umpan Jitu Ikan Bawal Sungai dan Kolam

Ada perbedaan umpan untuk ikan bawal yang hidup di alam liar seperti sungai atau muara, dan berbeda juga untuk yang di kembang biakan di kolam. Kalian harus benar-benar bisa mengamati dengan jelas spot kalian mancing, di sungai atau kolam karena umpanya sudah pasti berbeda walaupun kalian mengunakan umpan yang sama baik di sungai dan kolam perbedaan akan tetap saja lebih terlihat.

Umpan Ikan Bawal Sungai

Karena ikan sungai termasuk liar yang hidup di alam liar, sudah pasti umpanya masih alami, kalian bisa memancing ikan bawal sungai ini dengan mengunakan umpan seperti di bawah ini:
  • Jangkrik / Belalang
    Ini adalah umpan alami, sebelum berangkat mancing kalian bisa mencari belalang terlebih dahulu atau membeli jangkrik di toko pakan burung, sesudah itu langsunglah berangkat mancing untuk strike ikan bawal.
  • Cacing Kalung
    Selain alami, umpan ini juga sangat sering di gunakan, hampir semua jenis ikan sungai mau memakan umpan ini, terlebih untuk ikan bawal. Bila kalian memancing dengan umpan cacing ini dan pas di spot ikan bawal, sudah bisa dipastikan kalian bisa panen strike hari itu juga.
  • Ulat Hongkong
    Dengan ulat ini, kalian bisa benar-benar panen mancing ikan bawal karena di beberapa sumber pemancingnya, umpan ini sudah menjadi andalan yang banyak di gunakan oleh pemancing sungai untuk jenis ikan bawal.
  • Katak Kecil
    Kalian juga bisa mengunakan umpan katak, walaupun jarang di gunakan tapi katak yang masih kecil memiliki bau yang amis melebih cacing, dengan begitu ikan bawal pasti akan memakan juga umpan ini.
Diatas merupakan umpan yang umum di gunakan pemancing ikan bawal sungai, kalian bisa mencobanya untuk mancing di spot andalan kalian dan jangan lupa berdoa ya.

Nah kalau kita sudah bahas umpan bawal sungai, sekarang kalian juga harus tau untuk umpan yang di kolam.

Umpan Ikan Bawal Kolam Harian

Pada umumnya yang di kembang biakan, tentu terdapat umpanya yang khusus, karena ikan di kolam akan selalu diberi pakan oleh pemiliknya dan pasti secara tidak langsung umpan akan berubah dari alami menjadi umpan harian. Biasanya, ikan di kolam akan di beri pakan pelet dan sesekali bekatul.

Karena pakanya yang dipaksa berubah, secara otomatis bila kalian akan memancingnya harus mengunakan umpan yang sejenis. Bila mengunakan pelet, kalian harus beradaptasi dengan cara memancingnya. Harus ber experiment dalam meracik umpan, yang penting bahan dasar yang di gunakan harus juga pelet sesuai dengan pakan ikan sehari-hari.

Kalian jangan pernah mencoba untuk mengunakan umpan ikan bawal di alam liar, karena hal ini termasuk percuma. Ikan bawal di kolam, tidak akan mengenali umpan alami yang kalian gunakan selain pakan sehari-harinya karena secara naluri mereka telah di paksa untuk berubah makan.

Cara Mancing Ikan Bawal Kolam dan Sungai Yang Tepat

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas tadi, karena ikan bawal memiliki gigi yang tajam maka kalian tidak bisa memancingnya dengan sembarangan. Harus benar-benar membuat bagian leader yang pas, supaya ikan bisa landed.

Peralatan yang harus kalian rombak adalah bagian leader mata kail, kalian bisa menyambungnya mengunakan sling kawat khusus yang bisa kalian beli di toko pancing atau mengunakan mata kail yang sedikit berukuran panjang pada atasnya. Bila kalian mengunakan sling kawat, maka modifikasilah terlebih dahulu bagian mata kail dan senar leader yang kalian gunakan, untuk yang simpel maka gunakan mata kail yang bagian tangkainya agak panjang.

Tujuan mengunakan cara diatas, supaya saat ikan bawal memakan umpan, giginya tidak langsung mengenai bagian senar. Selain mengunakan sling dan mata kail khusus, bila ikan bawal memakan umpan kalian juga harus cepat menariknya, ini juga untuk menghindari bila bagian mata kail masuk terlalu dalam ke mulut ikan bawal dan giginya sampai ke senar.

Selain cara utama diatas, untuk memancingnya akan lebih mudah lagi mengunakan pelapung atau tekhnik pancing gantung, mengapa demikian? Karena ikan bawal ini tidak berada di bagian dasar sungai ataupun kolam mereka berada di tengah-tengah tidak dalam dan tinggi (melayang di air), mengunakan pelapung adalah cara yang tepat untuk memancingnya.

Kesimpulan
Memancing ikan bawal baik di sungai, di kolam harus nengetahui cara dan umpanya tanpa mengetahui itu semua maka termasuk hal yang kurang pas bila kalian ingin mancing ikan bawal. Dengan membaca artikelnya, sudah bisa di pastikan kalian sudah memiliki pengalaman untuk cara dan umpan mancing ikan bawal sungai dan kolam.