--> Skip to main content

WOW, Ini Dia Umpan Jitu Ikan Nila Yang Banyak Di Pakai Orang Mancing

Umpam ikan NilA kolam liar yang susah dipancing memang menyebalkan bagi sebagian orang, berbeda dengan kalian pemancing ikan nilA yang memang memiliki kesabaran penuh. Bagi yang sudah berpengalaman, mereka akan mencari tau cara dan umpan yang jitu untuk memancingnya, tak heran bukan? Bila pemancing senior pasti akan mendapatkan banyak ikan karena faktor pengalamanya.
umpan jitu ikan nila liar yang berada di sungai, kolam dan rawa asli jitu banget

Pada dasarnya, iKan nila termasuk ikan yang mudah dipancing, hanya saja terkadang pemancing yang mengetahui spot ikan nila selalu memancing di sana hingga beramai-ramai. Inilah yang membuat ikan nila menjadi paham dan sensitif sehingga makin lama akan semakin sulit untuk memancingnya, dalam hal ini kalian butuh pengalaman tambahan!

Selain faktor banyaknya yang mancing, ada juga pengaruh penyebab ikan nila liar ataupun kolam tidak mau memakan umpan pancing kalian. Salah satunya adalah terlalu banyaknya makanan yang bisa dimakan ikan nila, karena hewan air sudah tentu mereka lebih menikmati makanan alami untuk mereka, bila terlalu melimpah umpanya sudah jelaa mereka tidak akan melirik umpan pancing Wis Wareg Masssss

Kalian tidak perlu kuatir karena masih ada jalanya untuk mancing ikan nila yang sulit makan seperti ini, yang penting kalian ikuti saja tipsnya.

Umpan Ikan Nila Yang Sulit Di Pancing

Berikut akan saya bagikan racikan umpan ikan nila yang dirasa kalian sulit di pancing. Tapi, harus benar-benar diperhatikan takaranya supaya kalian bisa pas dalam meraciknya.

Umpan pertama yang bisa kalian racik berbahan dasar pelet, berikut bahan yang harus kalian siapkan:
  • Pelet Ikan Nila
    Kalian bisa mengunakan pelet biasa yang di jual pada toko-toko pakan ikan seperti Joss, 88 dan sebagainya.
  • Vanili
    Ini adalah pewangi kue, kalian bisa membelinya beberapa bungkua untuk stok buat umpan di kemudian hari.
  • Masako / Royco Ayam
    Bumbu masak ini bisa kalian beli bebas di toko atau warung yang menjualnya.
Setelah kesemua bahan diatas kalian siapkan sekarang saatnya kita racik yuk!

Pertama, ambil pelet sekitar 2-3 sendok dan masukan air hangat untuk menghancurkan pelet. Setelah dirasa hancur, campurkan 1 sendok teh vanili dan 2 sendok teh masako atau royco ayam dan aduk kesemua bahan sampai merata, kemudian masukan ke dalam plastik segi 4 panjang lalu gunting salah 1 bagian ujungnya dan tester, bila ikan nila belum melirik umpan ini, kita coba yang lainya.

Umpan Alternative Untuk Ikan Nila Liar

Untuk umpan cadangan, kalian bisa menyiapkan bahan utama terlebih dahulu yaitu Mie Instan Soto. Cukup kalian blender atau giling hingga halus, setelah itu campurkan air dan semua bumbu termasuk minyaknya, usahakan saat mengaduknya di dalam plastik sambil di penyet-penyet sampai padat dan pulen layaknya pelet.

Bila dirasa umpan siap dipakai seperti pelet, langsung tes juga di lirik apa nggak. Kalau masih belum juga, kalian coba lagi dengan umpan cadangan lainya yang berbahan dasar alaminya yaitu lumut.

Carilah lumut yang halus, sebelum di gunakan untuk umpan terlebih dahulu di dalam air yang bercampur lumut campurkan pelet. Biarkan pelet hancur dengan sendirinya karena terlalu lama di dalam air, setelah hancur aduk perlahan dan tes juga, biasanya umpan ini jarang meleset karena lumut adalah umpan alaminya sedangkan bau pelet untuk mengundang ikan nila supaya datang mendekati umpan utama.

Kalau masih juga tidak mau makan 3 jenis umpan yang saya bagikan diatas, hal lain yang harus kalian ketahui lagi adalah cara mancing dan waktunya yang mungkin kurang tepat, kalian harus merubah itu semua supaya bisa melanjutkan hobi mancing kalian.

Cara Mancing Ikan Liar Yang Benar dan Jos Gandos

Bila kalian belum bisa berexsperiment dalam memancing, berarti kalian belum jadi Angler Sejati. Maka dari itu, harus kalian pelajari lagi cara mancing ikan nila liar ini.

Yang harus kalian ketahui pertama adalah ukuran senar, nah kalian coba mengunakan senar yang halus, semakin halus senar yang kalian gunakan mala akan lebih baik lagi. Karena kebanyakan ikan juga tidak mau memakan umpan bisa jadi dari faktor senar, cobalah gunakan senar dengan diameter 0.14 kebawah atau 0.08 saja, yang penting kalian hati-hati saat menarik ikanya karena senar halus akan lebih rawan putus saat di makan ikan nila besar.

Selain senar, coba juga ganti timah pemberat yang halus dan pelapung kecil. Bila semuanya samar di air, barulah kalian coba mancing lagi dan jangan lupa juga untuk terus menguji coba kedalam air melalui pelapung, karena biasanya faktor cuaca ikan nila tidak mantap posisi keberadaanya di dalam air bisa di dasar, tengah atau hanya sejengkal saja dari permukaan air.

Penyesuaian cara sudah kalian coba? Tapi masih boncos juga? Hemmm mungkin faktor waktu yang belum pas kawan, jangan menyerah dulu pertimbangkan untuk saat memancingnya.

Waktu Yang Tepat Untuk Mancing Ikan Nila Neng Alas

Pada umumnya, ikan nila hanya makan umpan di 3 waktu saja yaitu Pagi hari tepatnya jam 7 - 10 pagi, lalu jam 4 - 6 sore atau menjelang magrib - jam 9 malam. Itu adalah umumnya waktu ikan liar ganas-ganasnya memakan umpan mancing.

Tapi berbeda dengan nila kolam yang di budidayakan, kapan saja mau makan umpan. Tapi untuk mengukur waktu tepat memancing nila liar adalah di waktu yang telah saya sebutkan tadi.

Di waktu pagi, bukan hanya ikan nila yang sudah jadi liar mau memakan umpan, tapi ikan-ikan lainya juga akan sama. Termasuk di waktu sore, tapi pada umumnya ikan nila akan tepat memancingnya di waktu sore hari, bila malam hari wah ikan nila akan lebih ganas lagi tapi hanya di waktu yang sebentar saja sampai jam 9nya malam.

Kalian, bisa mencoba memancing ikan nila di waktu-waktu yang saya sebutkan tadi. Bila masih belum juga, haaaa coba perhatikan faktor cuachanya kawan.

Faktor Cuaca Pengaruhi Ikan Nila Tidak Mau Makan

Perlu kalian ketahui, faktor cuaca akan mempengaruhi air bisa dingin, biasa dan hangat. Ini juga menjadi sebuah faktor dimana ikan nila tidak mau makan umpan, kalian bisa perhatikan bila pas hari sudah hujan, kan biasanya kondisi air bertambah tentunya dingin dan memungkinkan untuk keruh airnya.

Faktor air yang dingin ini bisa jadi penyebab ikan tidak mau makan umpan, mungkin iwak e kemulan. Haha, nggak gitu juga. Air yang dingin merubah nafsu makan ikan, jadi solusinya kan sudah tau? Coba mancing di keesokan harinya saja.

Kalau pas hari panas yang terlalu, juga pengaruh karena biasanya ikan akan sembunyi di bawah rerumputan air atau berada di kedalam yang sedalam mungkin. Kalian bisa menunggu hingga sore pas air sedang hangat.

Kondisi air yang hangat inilah, waktu yang pas untuk mancing ikan nila dan yang lainya. Nafsu makan ikan akan bertambah dan ganas, jadi kalian bisa mencoba kesemua tips di atas dan pastinya salah 1 akan tetap saja nyantol sama kalian.