--> Skip to main content

Ini Dia Cara Mancing Ikan Tapah Babon

Mancing ikan tapah besar dan kecil memang tergolong sangat sulit, karena biasanya pemancing yang dapat ikan tapah mengunakan tajur dari pada mancing langsung mengunakan joran. Tapi bukan tidak mungkin, dipancing biasa juga bisa mendapatkan sambaran tapah yang penting kalian telaten dalam memancin dan mengetahui dengan jelas umpan dan cara memancingnya.
mancing ikan tapah besar memang mengasikan bila tau cara memancingnya

Selain itu, kalian juga harus tau bahwa ikan tapah tidak sama seperti ikan lainya yang menetap dan membuat sarang dengan waktu yang lama. Mereka hanya beberapa hari saja bila terlihat di spot, dan selanjutnya akan berpindah-pindah tempat, tapi tetap akan kembali ke tempat lama sesekali.
Terutama untuk ikan tapah babon, mereka akan selalu mencari tempat yang paling dalam di bagian sungai dan bila musim bertelur maka mereka akan naik ke arah anakan sungai yang kecil dan menyebarkan telurnya dan ini sangat sulit untuk di pancing.
Jadi, sebelum memancing ikan ikan tapah ini kalian harus mengerti betul tata cara, umpan dan tempat untul memancingnya, tanpa mengetahui itu semua maka kalian akan kesulitan untuk mendapatkan ikan-ikan tapah walaupun berukuran kecil apa lagi babonga.

Tapi bila kalian tetap ingin memancingnya, ada beberapa tips untuk mendapatkanya yang penting kalian harus benar-benar mengikuti step by step cara yang akan bagikan disini lengkap dengan umpanya.

Menyiapkan Peralatan Untuk Mancing Ikan Tapah

Ini adalah hal utama yang harus kalian siapkan, baik dari joran, senar dan juga mata kail yang akan di gunakan. Semuanya harus disiapkan sebelum kalian berangkat memancing.

Bila kalian menyiapkan semuanya dengan benar, itu menandakan bahwa kalian memang telah benar-benar siap untuk memancing ikan tapah ini. Bukan sekadar iseng memancingnya, karena iseng bisa jadi akan membuat kalian hanya akan jengkel saja seperti senar putus, lama menunggu tapi tidak di makan juga dan sebagainya, jadi semuanya harus kalian siapkan.

Berikut, peralatan yang harus kalian siapkan dan fungsi utama sebelum berangkat.

Menyiapkan Senar Pancing Terbaik Untuk Ikan Tapah

Senar terbaik ini bisa dikatakan yang tidak mudah putus saat di tarik ikan tapi tetap kuat, jangan pernah meremehkan tarikan ikan tapah ini karena mereka sangat ganas dan tanpa henti melakukan perlawanan saat terkena pancing.

Senar rekomendasi saya adalah 0.35 ke atas sampai dengan 0.50, dengan diameter senar ini sudah cukuplah untuk menarik ikan tapah tapi tidak menutup kemungkinan bisa saja senar itu putus. Kembali lagi pada kalian, seberapa pengalaman dalam mengulung reel saat di makan ikan besar karena tarik ulur di butuhkan untuk melemahkan ikan.

Selain senar yang besar, usahakan kalian juga harus mencari senar yang yang lembut tidak kaku. Dengan mengunakan senar yang lembut ini maka umpan bisa bergerak dengan alami di dalam air, senar yang kaku bisa membuat umpan kesulitan bergerak di dalam air.

Selain itu, kalian juga harus menyiapkan joran dan mata kail yang pas. Bukan hanya ukuran senarnya saja!

Joran Yang Tepat Untuk Mancing Ikan Tapah Supaya Tidak Patah

Kalian bisa menyiapkan joran pancing yang standart dengan bobot perkiraan 12 kiloan atau LBS yang di sesuaikan, kalian tidak bisa memancing ikan tapah mengunakan joran biasa karena bisa jadi joran tersebut patah saat kalian menariknya.

Selain bobot dari Joran, kalian juga harus menyesuaikan panjang joran. Untuk rekomendasi adalah 240 - 390, semakin panjang joran yang kalian gunakan maka akan semakin baik pula saat streak nantinya.

Oh, jangan lupa juga untuk membawa joran lebih dari 3. Semakin banyak kalian membawa joran maka semakin besar peluang untu mendapatkan ikan tapah karena memancingnya adalah sistem tajur.

Selain senar dan joran pancing, kalian juga harus menyiapkan mata kail berukuran besar minimal nomer 9 besar sampai 14 bukan yang kecil, karena mulut ikan tapah ini besar jadi kalian harus menyesuaikan pula dengan mata kailnya, bila semua peralatan di atas sudah kalian siapkan selanjutnya ketahui juga cara memancingnya dan umpan yang tepat untuk di gunakan nantinya.

Spot Mancing Ikan Tapah dan Umpan Jitu Yang Di Gunakan

Spot terbaik untuk mancing ikan tapah dan mengunakan umpan yang pas, akan membuat kalian bisa mendapatkan peluang yang besar untuk mendapatkan ikan tapah, namun semuanya kembali lagi dengan rejeki kalian pada haru itu.

Pada umumnya, ikan-ikan tapah akan berada di dalam air yang dalam dan sedikit berarus. Sedangkan untuk umpanya kalian harus mengunakan umpan hidup tapi ada trik tersendiri untuk memilih umpan serta tempat memancingnya yang harus kalian pelajari sendiri dengan pengalaman.

Untuk itu, tidak ada salahnya kalian mengetahui juga lebih detail tentangan ikan tapah ini.

Cara Memilih Spot Mancing Ikan Tapah

Ikan tapah pada umumnya, bila mereka berukuran kecil setidaknya bobot 1 kiloan atau sekitaran 3-5 jarian ia masih bergerombol. Hampir mirip dengan ikan lais, nanti bila sudah besar barulah mereka menyendiri dan berkelana.

Spot atau tempat-tempat yang biasanya ada ikan tapah besarnya adalah bagian lubuk sungai yang dalam. Terlebih lagi bila di area lubuk banyak kayu-kayu besar, ikan tapah sangat suka main-main dan membuat sarang untuk sesat di posisi seperti ini, jadi kalian bisa menyesuaikan spot mancing yang seperti ini atau bisa jadi juga bila kalian pernah mendapatkan ikan tapah di tempat tertentu.

Bila pada musim banjir atau air sedang naik, maka kalian bisa memperkirakan bagian atas anakan sungai yang dalam dan kecil. Akan lebih tepat lagi mancingnya di sekitaran muara sungai, dari sungai yang besar ke sungai yang kecil, pada musim banjir ini ikan tapah tetap akan naik ke bagian atas dan ini menjadikan peluang untuk kalian memancingnya kalian mereka akan sangat aktif.

Berbalik bila memasuki musim kemarau, ikan tapah akan kembali ke bagian sungai yang besar dan mencari bagian sungai yang dalam. Bisa kalian sesuaikan nantinya, penyesuaian bisa melalui kalender mancing bulanan seperti antara bulan 4 - 9 biasanya musim kemarau dan selebihnya memasuki musim penghujan, berarti saat musim kemarau kalian mancingnya di sungai yang besar dan bila musim penghujan di bagian anakan sungainya.

Bila kalian sudah tau tempat mancingnya, ketahui juga umpanya ya sobat.

Umpan Ikan Tapah

Untuk jenis makan ikan tapah sendiri, mereka termasuk ikan predator yang memakan umpan hidup seperti anakan ikan yang masih kecil atau binatang air lainya Berikut umpan yang bisa kalian gunakan:
  • Anak Ikan
    Umpan hidup ini yang biasanya di gunakan adalah yang tahan lama, tidak mudah mati saat di gunakan sebagai umpan seperti;
    • Anak Ikan Lele
    • Anak Ikan Sepat siam atau Mutiara
    • Anak Ikan Malis
    • Anak Ikan Gabus
    • Anak Ikan Betok / Betik
      Kalian bisa mengunakan yang berukuran 1-2 jarian saja jangan terlalu besar.
    • Keting / Kating
    Yang Penting anak ikan mampu bertahan setidaknya hingga 4 jam saat di jadikan umpan.
  • Yuyu atau Kepiting
    Ini juga merupakan umpan ikan tapah yang pada umumnya, tapi mengunakan tidak boleh lebih dari 2 jam.
  • Umpan Tiruan Minnow
    Bila mengunakan minnow kalian harus memancingnya dengan tekhnik kesting.
  • Jangkrik dan Cacing
    Kalian juga bisa mengunakan umpan umum ini, tapi biasanya yang makan umpan ini hanya ikan tapah yang berukuran kecil.
Beberapa umpan diatas bisa kalian gunakan bila akan memancing ikan tapah, walaupun sesekali ikan tapah juga mau memakan umpan jangkrik.

Bila semuanya sudah kalian siapkan selanjutnya kalian berangkatlah untuk memancing ikan tapah.

CARA MANCING IKAN TAPAH DENGAN TEKHNIK YANG PASNYA

Sebagai panduan memancingnya, kalian bisa mencoba untuk memancingnya di malam hari, karena ikan tapah ini akan lebih aktif di malam hari. Bila kalian mengunakan umpan anak ikan maka dibutuhkan kesabaran yang lebih, karena memang membutuhkan waktu yang lama sebelum ikan tapah menyambar umpan pancing kalian.

Usahakan juga pas melempar umpan mancing jauh dari posisi kalian menunggu, karena ikan tapah ini termasuk sensitif bila ada manusia, jadi kalian lemparkan agak jauh dari tempat duduk kalian. Bila kalian memancing dengan tekhnik kesting, maka cukuplah bawa pancing 1 tapi tetap terus berpindah-pindah spot mancing dan terus di kesting.

Sampai disini, semogga rejeki mancing kalian berlimpah di hari ini...