Umpan Ikan Wader Sungai, Rawa dan Air Keruh

Asek ketemu umpan mancing ikan wader, ini iwak yang mudah di pancing terlebih bila mengunakan umpan yang pas untuk memancingnya. Kebanyakan orang cukup mengunakan umpam cacing biasa untuk memancingnya, memang bisa saja tapi akan lebih baik lagi bila mengunakan umpan jitunya, sudah pasti kalian panen strike ikan wader hari itu juga.
umpan jitu ikan wader yang banyak di gunakan oleh para pemancing dapat banyak ikan wader sungai, ikan wader air keruh dan ikan wader besar babon

Sekilas, ikan wader memang di mana saja ada khususnya untuk air tawar, mereka bisa ada di bagian sungai yang berarus deras, rawa bahkan kolam mati yang tidak di isi ikan mereka juga bisa ada disana. Selain gampang di temukan, ikan wader juga termasuk golongan ikan yang bergerombol jadi sangat mudah untuk memancingnya.

Cukup bawa 1 joran pancing dan peralatan seadanya, tidak lupa juga umpan jitunya kalian sudah siap untuk strike tanpa henti memancingnya. Namun, sebeluk berangkat mancing alangkah bagusnya bila kalian mengunakan umpan yang tepat di spot kalian pancing nantinya, karena biasanya ketika ikan wader sudah sering di pancing maka umpan yang biasanya kalian gunakan menjadi tidak wah atau jitu untuk di gunakan, maka dari itulah kalian harus punya persiapan umpan lainya.

1 hal yang perlu kalian perhatikan adalah spot untuk kalian memancingnya, karena pada umumnya ikan wader sangat susah untuk di tebak walaupun mereka tetap mau makan umpan yang kalian gunakan, berikut beberapa umpanya.

Umpan Ikan Wader Sungai

Untuk wader sungai, kalian bisa mengunakan umpan biasanya yaitu:
  • Cacing
    Cobalah kalian memancingnya dengan mengunakan cacing biasa, bila mulai di rasa sulit ganti umpanya dengan cacing sampah yang merah dan lembut.
  • Jangkrik
    Kalian bisa mengunakan umpan jangkrik, tapi pilihlah ukuran jangkrik yang kecil saja karena mulut ikan wader ini sangatlah kecil.
  • Laron
    Ini merupakan umpan paling jitu untuk ikan wader, tapi sayangnya sangat sulit untuk mencari umpan ini hanya di hari-hari tertentu saja.
  • Keroto/anak semut angkrang
    Kalian juga bisa mengunakan kroto langsung untuk memancingnya, tapi sebelum di gunakan sebaiknya siramlah terlebih dahulu dengan air panas supaya kroto tidak mudah hancur bila di gunakan.
Umpan ikan wader di atas bisa kalian coba untuk memancing wader sungai dan untuk yang lainya harus kalian coba dengan umpan yang lainya seperti wader rawa dan air keruh karena jelas ikannya akan berubah jenis umpan dan nafsu makanya.

Umpan Ikan Wader Air Keruh

Wader yang berada di air keruh memang sangat sulit di pancing, tapi perlu kalian ketahui bahwa ikan juga butuh makan, dengan begitu tetap saja pasti mereka mau memakan umpan yang penting pas makanya.

Untuk ikan wader air keruh baik di rawa ataupuj sungai kalian bisa mebcoba mengunakan cacing biasa dan cacing sampah, atau juga bisa mengunakan anak (larva) tawon yang masih seperti susu, selain itu ulat daun pisang juga bisa kalian gunakan tapi sulit mencarinya dalam jumlah yang banyak.

Cukuplah kalian gunakan saja umpan umumnya, karena kondisi air yang keruh maka ikan wader akan mengandalkan insting dan penciuman untuk mencari makanan. Mengunakan cacing lebih pas karena umpan cacing sangatlah amis bila di masukan ke dalam air.

Bila kalian mengunakan Larva atau anak tawon untuk umpan wader air keruh haruslah di siram air panas terlebih dahulu supaya umpan berbentuk kenyal dan tidak mudah kempes. Selain itu, warnanya yang putih sudah jelas bisa terlihat oleh ikan di dalam air dan bisa dipastikan kalian bisa panen ikan wader bila mengunakanya.

Umpan Ikan Wader Rawa

Di rawa-rawa juga ada ikan wadernya, hampir sama saja bila dikatakan soal umpan. Bila mengunakan cacing ikan wader tetap saja akan memakan umpan pancingan kalian, tapi akan lebih jos gandos lagi bila mengunakan umpan yang cocok.

Untuk mancing ikan wader rawa umpan yang sangat cocok adalah ulat bambu, kalian bisa mencari ulat bambu dan mengunakanya untuk mancing ikan wader di rawa favorit kalian dan bisa dipastikan ikan-ikan wader yang ada di sana pada ikutan pulang ke pengorengan kalian.haaa

Selain umpan-umpan ikan wader diatas, kalian juga bisa coba umpan wader yang lainya.

Umpan Ikan Wader Racikan

Biasanya kebanyakan orang membuat khusus racikan ikan wader, untuk membuatnya kalian tinggal mencari bahan yang di gunakan lalu racik sendiri.

Berikut beberapa racikan umpan ikan wader yang bisa kalian coba:

1# Racikan Ubi.
Untuk membuat umpan ini terlebih dahulu siapkanlah bahan utamanya yaitu ubi jalar atau ubi rambat dan telur. Pertama-tama rebuslah ubi terlebih dahulu, setelah masak tumbuk halus mengunakan botol lalu masukan ke dalam plastik kiloan, ambil kuning telur lalu campurkan ke ubi tadi dan terus di penyet-penyet hingga pulen dan umpan siap di gunakan.

2# Racikan Mie Instan
Terlebih dahulu kalian siapkanlah mie instan apa saja lalu blender atau tumbuk sampai halus, lalu campurkan kuning telur dan penyet-penyet dalam plastik sampai racikan menjadi lengket dan bisa di gunakan sebagai umpan mancing.

3# Racikan Tempe
Belilah tempe terlebih dahulu lalu tumbuk sampai halus, lalu campurkan royco rasa ayam dan penyet-penyet dalam plastik sampai umpan bisa kalian gunakan.

Beberapa racikan umpan diatas bisa kalian gunakan di berbagai kondisi air baik mancing di sungai, rawa ataupun air keruh. Bila di rasa umpan yang sudah saya bagikan diatas masih kurang, ayuk kita buat umpan yang lainya lagi khusus untuk ikan wadere.

Umpan Ikan Wader Racikan Roti

Nah biasanya kan kebanyakan pemancing mengunakan racikan umpan roti untuk mancing ikan wader di berbagai kondisi air. Bila kalian juga ingin mencobanya bisa coba ikuti tata cara membuatnya dibawah ini.

A# Racikan Roti Chrispy
Untuk membuat umpan ini terlebih dahulu kalian belilah rotinya, setelah itu ambil 4-5 keping roti chrispynya lalu rendam sekilas mengunakan air dan masukan ke plastik kiloan, remas-remas sampai pulen seperti pelet dan umpan siap di gunakan. Supaya lebih jos, campurkan kuning telur dan aduk sampai rata.

B# Racikan Roti Klik
Hampir mirip dengan chrispy, untuk membuat umpan dengan roti klik cukup beli 1 atau 2 bungkus saja. Kemudian tumbuk halus dan campurkan kuning telur lalu aduk mengunakan sendok sampai pulen, umpan sudah siap kalian gunakan.

C# Racikan Roti Tawar
Siapkan roti tawar, vanili dan keju, ambil 2 keping roti tawar dan hancurkan, cabik-cabik hingga kecil, ambil keju ukuran 2 jarian saja dan parut hingga halus, selanjutnya tumbuk kesemua bahan sampai pulen seperti pelet dan umpan siap di gunakan.

Sebenarnya, memang masih banyak campuran umpan untuk mancing ikan wader, tapi yang saya bagikan disini hanya yang telah saya buktikan sendiri sedangkan yang belum tau jelas tidak di tulis.

Untuk kalian yang ingin mencoba umpan yang sudah saya bagikan di atas dipersilahkan dan semogga rejeki mancingnya dapat banyak ikan wader nya.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Wader Sungai, Rawa dan Air Keruh"