Skip to main content

Cara Buat Mata Kail Untuk Mancing Ikan Belut (Ngurek)

Mata kail mancing ikan belut rawa ataupun sawah memang harus khusus, baik di buat sendiri atau beli mata pancingnya langsung di toko. Bila mengunakan mata kail yang biasa, terkadang tidak kuat untuk melawan tarikan belut sehingga mata kail akan lurus atau patah, inilah sebabnya tidak sembarangan untuk memancing ikan belut ini.
Mata kail mancing ikan belut rawa ataupun sawah memang harus khusus, baik di buat sendiri atau beli mata pancingnya langsung di toko. Bila mengunakan mata kail yang biasa, terkadang tidak kuat untuk melawan tarikan belut sehingga mata kail akan lurus atau patah, inilah sebabnya tidak sembarangan untuk memancing ikan belut ini.

Untuk kalian yang memang suka mancing ikan dan mencari rekomendasi mata kailnya kalian sedang membaca artikel yang tepat, untuk itu mari kita tukar pengalaman untuk membuat mata kail khusus untuk mancing ikan belut.

Sebelum kalian membuatnya, terlebih dahulu siapkanlah bahan-bahan yang akan di gunakan:
  1. Jari-jari pelek motor.
  2. Tang besi.
  3. Kikir.
  4. Gergaji besi.
  5. Dan palu / penokok.
Setelah kalian siapkan bahanya, sekarang kalian sudah siap untuk membuat mata kailnya.

A# Pertama bengkokan jari-jari.
Buatlah lekukan layaknya mata kail, bila terasa sulit gunakan bantuan palu untuk membengkokanya, sedangkan ukuranya menyesuaikan sebesar apa yang kalian inginkan. Buatlah bengkokan terlebih dahulu, jangan langsung di potong karena bila langsung kalian potong akan sulit untuk membengkokanya.

B# Kiri Bagianya.
Setalah pas besarnya, kikir bagian ujungnya layaknya mata kail, buatlah bulat dan halus. Kikir terus sampai jadi mirip mata kail, saat mengikikir siapkanlah air dalam wadah bila terasa panas langsung rendam bahan mata kailnya ke air sampai jadi.

C# Potong bagianya.
Setelah jadi, barulah kalian potong dan bagian atas untuk mengikat senar buat saja lempengan supaya mudah saat kalian akan membuat simpulnya nanti di mata kail.

Kalian bisa buat mata kail lebih dari 1 supaya bila putus dari senarnya nanti kalian sudah ada cadanganya. Mata kail yang kalian buat ini, tidak akan lurus ataupun patah bila berlawanan dengan ikan belut rawa, kalaupun putus paling itu senarnya atau kalian tidak kuat dalam membuat simpulnya.

Pembuatan mata kail dari jari-jari ini sebenarnya memang sudah ada sejak lama, terutama yang hobi mancing ikan belut karena memang tidak sanggup bila mengunakan sembarangan mata kail. Jadi jalan satu-satunya supaya kalian bisa mengunakan mata kail yang kuat, ya dengan jalan buat sendiri.

Jika kalian tidak mau repot-repot membuatnya, kalian bisa beli saja langsung mata kail khusus untuk mancing belut. Tapi dari segi harganya agak sedikit mahal dari mata kail biasanya. Bila memang kalian tidak mau membuatnya, maka gunakanlah mata kail yang berbahan carbon asli atau titanium.

Kedua jenis bahan mata kail yang saya sebutkan ini termasuk kuat, jadi kalian bisa juga mengunakan untuk mancing ikan belut, tapi kelemahan dalam mengunakan mata kail carbon dan titanium ini bila ikan belut terlalu kuat mata kail ini akan patah, tidak seperti buat sendiri dari bahan jari-jari motor.

Untuk mata kail aslinya yang kuat, sebenarnya tetaplah ada tapi mungkin tidak semua toko pancing menjualnya. Harus toko pancing yang besar atau memang menjual komplit alat pancing sehingga menjual berbagai bahan termasuk mata kail khusus mancing belut.