Skip to main content

[NYOBA] Membudidayakan Ikan Wader

Budidaya ikan wader memang termasuk jarang, tapi tetap saja bila sebuah usaha di tekuni akan tetap membuahkan hasil yang nyata. Termasuk membudidayakan wader ini, kalian bisa mencobanya dengan alat seadanya dengan ketekunan mudah-mudahan bisa berhasil.

Budidaya ikan wader memang termasuk jarang, tapi tetap saja bila sebuah usaha di tekuni akan tetap membuahkan hasil yang nyata. Termasuk membudidayakan wader ini, kalian bisa mencobanya dengan alat seadanya dengan ketekunan mudah-mudahan bisa berhasil

Budidaya Wader untuk di kosumsi ini termasuk kerja yang mudah dan simpel, yang penting kalian tau cara untuk mengolahannya. Kalau sudah tau, pasti akan terasa lebih mudah untuk mengurusnya sekalipun hanya bermodalkan kolam terpal dan pakan seadanya.

Untuk kalian yang ingin mencobanya, jangan terburu-buru tapi siapkan dulu bahan yang akan kalian butuhkan. Setidaknya perhitungkanlah terlebih dahulu sebelum kalian mengerjakan sesuatu termasuk membudidayakan ikan wader ini.

Hal yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu adalah Terpal untuk membuat kolamnya, setelah itu pastikan posisinya tepat untuk membuat kolamnya. Setalah itu barulah kalian siap untuk menebarkan bibit ikan wadernya, bila di tempat kalian tidak ada yang jual bibitnya kalian bisa memasang perangkap ikan wader saja untuk mengembang biaknya.

Untuk pemeliharanya, termasuk tidak rumit karena ikan wader tidak termasuk ikan predator, jadi tidak akan memakan sesamanya. Yang penting kalian harus menyiapkan aerator, supaya air di kolam kaliam mencukupi oksigen dalam air supaya ikan wadernya tidak mati. Tanpa aerator ikan wader yang kalian pelihara bisa mati, maka itulah alat ini juga harus kalian persiapkan.

Selain aerator, kalian juga membutuhkan bahan dasar supaya ikan wader lebih nyaman di kolam kalian. Caranya cukup masukan bebatuan dan pasir, bila kalian memilih untuk memasukan pasir di dasar kolam terpal kalian usahakan di bersihkan dulunpasirnya supaya air dalam kolam tetap bersih.

Kalian juga bisa menyiapkan tumbuhan air seperti kangkung, eceng gondok atau bunga teratai supaya wader kalian lebih nyaman lagi.

Untuk pakanya, kaliam bisa mengunakan pelet biasa saja, sesekali juga bisa kalian berikan bekatul (dedak) yang di campurkan dengan pelet apung.

Untuk usia ikan wader, kalian bisa memanenya bila sudah berumur antara 4-5 bulan bila pemberian pakanya tepat waktu.

Pemeliharaan ikan wader, tergantung dengan pakanya. Jadi bila kalian mengatur dengan tepat pemberian pakanya, maka akan semakin baik juga perkembangnya, semakin cepat besar dan siap kalian panen.

Walaupun terdengar mudah, kalian harus tekun bila ingin berhasil dalam membudidayakan wader ini, karena sesuatu yang di anggap mudah belum tentu bila sudah mengalaminya. Jadi bila bulatkan telat kalian bila ingin menjalankan usaha ini, sekali maju membudidayakan ikan wader jangan lagi mundur sebelum kalian berhasil.