--> Skip to main content

[BERHASIL] Cara Budidayakan Ikan Cupang Supaya Ganas

Cara kembang biakan ikan cupang di kolam terpal, atau mem budidayakanya termasuk hal yang di anggap sulit bagi sebagian orang, tapi pada kenyataanya ikan cupang masih tetaplah ikan yang memiliki habitat dan mereka terus bertelur dan berkembang biak. Yang penting kalian harus tau cara untuk memeliharanya, dari kecil (bibit) sampai mereka layak untuk di jual.
Cara kembang biakan ikan cupang di kolam terpal, atau mem budidayakanya termasuk hal yang di anggap sulit bagi sebagian orang, tapi pada kenyataanya ikan cupang masih tetaplah ikan yang memiliki habitat dan mereka terus bertelur dan berkembang biak. Yang penting kalian harus tau cara untuk memeliharanya, dari kecil (bibit) sampai mereka layak untuk di jual.

Pembudidayaan secara sederhana merupakan langkah yang tepat bila kalian ingin memulai usaha ternak ikan cupang ini. Tidak harus langsung berskala besar, kalian bisa dengan mudah memeliharanya di kolam terpal yang kalian buat sendiri, tapi tetap saja ada caranya, tidak sama seperti ikan lainya, karena ikan cupang termasuk ikan yang ribet (menurut saya).

Bila kalian ingin memeliharanya, ada beberapa bahan yang kalian butuhkan untuk budidaya ikan cupang ini di antaranya:
  1. Terpal untuk kolamnya.
  2. Beberapa seng untuk peneduh.
  3. Beberapa ember untuk memisahkanya nanti.
  4. Dan juga pelet untuk pakanya.
Bila bahan di atas sudah kalian siapkan, selanjutnya tinggal buat sebuah yang akan kalian gunakan untuk membudidayakanya. Beriku akan saya jelaskan satu persatu yang harus kalian lakukan.

A# Membuat Kolam Untuk Ikan Cupang
Ini merupakan hal yang utama, karena ikan cupang ini kecil kalian juga harus membuat kolamnya berukuran kecil juga. Bisa kalian sesuaikan sendiri, sebagai saran cukup buat kolam 3 kali 3 saja atau cukup sepanjang seng segi empat.

Selain itu, pikiran dengan baik lokasi yang tepat untuk membuat kolamnya, akan lebih baik bila di halaman rumah kalian, yang penting jangan jauh dari kediamanlah.

B# Membeli Bibit Ikan Cupang
Selanjutnya, belilah bibit ikan cupang, kalian bisa mendapatkan secara beli langsung pada penjualnya dan di sarankan untuk membeli obat anti stres untuk ikan.

Biasanya, ikan cupang yang pertama kali di bawa dalam perjalanan yang cukup jauh mereka akan stres. Inilah nantinya, bila bibit kalian sebarkan terlihat ikan cupangnya tidak giras, ibarat orang itu kurang semangat, dengan obat ini mereka akan lebih cepat pulih.

C# Penebaran Bibit Ikan Cupang
Selanjutnya, kalian tinggal memasukan bibit ikan cupang ke dalam kolam terpal yang sudah kalian siapkan tadi. Untuk langkah awal, kalian cukup mengecek ikan cupang secara berkala, tujuanya untuk memindahkan bila ada yang mati, selanjutnya tinggal kalian rutin memberikan pakan sehari-harinya.

Untuk pemberian pakan, sebaiknya, kalian mengunakan pelet apung untuk ikan cupang kalian. Untuk pemberian pakanya cukup di waktu pagi, siang, sore dan jam 9 malam. Sebagai tips sesekali berilah mereka pakan berupa lumut halus untuk sesekali bila ikan akan di khususkan untuk bertarung atau perlombaan, bila hanya sebagai ikan hias cukup kasih pakan pelet saja.

Ada hal yang perlu kalian ketahui bila memberikan pakan lumut, tujuanya supaya ikan tetap memiliki naluri di alam liar sehingga keganasanya tetap ada. Berbeda dengan ikan cupang yang hanya diberi pakan pelet terus sampai usia jual, mereka cenderung kurang ganas walaupun juga mau bertarung.

Selain itu, bila kalian merasa ikan cupang sudah agak besar, kalian harus memindahkan mereka ke ember khusus, pemidahan ada 2 tujuan yaitu: Yang pertama supaya mereka tidak bertarung pada sesamanya dan kedua untuk proses perkawinan atau pengembang biakan.

Selanjutnya, bila mereka sudah berumur cukup kiranya 4-6 bulan barulah kalian pindahkan ke toples kaca atau botol ceper. Untuk yang telah di wadah khusus ini berarti ikan cupang tersebut sudah layak jual dan menghasilkan uang untuk kalian dari usaha membudidayakan ikan cupang.