Reel Pancing Bunyi Grak Grak Grak, Ini Penyebab dan Cara Perbaiki

Sebenarnya sangat mudah untuk perbaiki reel pancing yang bunyi grak...grak...grak bila di gulung senarnya, kalian para pemancing biasanya pasti pernah mengalami kerusakan pada reel gulung senar pada joran pancing yang digunakan.

Kerusakan ini, bisa terjadi pada reel pancing baru ataupun sudah lama dipakai karena memang bunyi grak...grak dari reel ini bisa terjadi tanpa kita ketahui asal mulanya namun bisa diketahui penyebabnya.

cara memperbaiki reel pancing yang bunyi grak grak grak dengan mudah dan cepat cukup ganti bagian girnya saja

Kerusakan reel yang biasanya bisa dirasakan saat mengulung senar pancing, ini hanya terjadi bila ada beban saja.

Maksudnya seperti ini, saat mengulung senar tanpa beban maka reel seperti biasa saja, tapi bila pancingnya di makan ikan dan digulung maka akan terasa sesekali di gulung reel akan bunyi grak...grak beberapa kali putaran senar.

Termasuk pas mengunakan timah pemberat yang lumayan, seperti ukuran setengah ons saja pasti bunyi.

Kalian tidak bisa membiarkan reel seperti ini dalam waktu yang lama, bila di paksakan terlalu lama maka akan ada pengaruh pada engkol reel dan juga bagian-bagian lainya.

Maka dari itu, bila reel bunyi seperti demikian segeralah perbaiki, karena tidak sulit untuk memperbaikinya seperti sedia kala lagi.

Untuk memperbaikinya, terlebih dahulu silahkan buka bagian engkol reel mengunakan obeng, lepaskan semua baut yang terpasang.

Bila saat membuka tidak bisa, maka harus membongkar habis dari bagian atas seperti spool dan lainya.

Untuk membuka spool, bisa membuka bagian atasnya, lalu ambilah kunci 9 atau tang dan putar bautnya ke arah berlawanan supaya bagian atasnya terlepas semua.

Biasanya cukup membuka bagian bawah saja, sudah bisa di lepaskan tapi lain merek maka lain juga pasanganya.

bongkar reel pancing terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan bagian dalamnya

Setelah terbuka, bisa melihat adanya GIR yang terpasang, ini cirinya yang paling besar sendiri di bagian dalamnya.

Dan perhatikan bagian girnya, gunakan jari untuk merasakan sekelilingnya, karena bunyi yang grak...grak ini berasal dari beberapa gerigi gir ini yang sudah aus.

Kalian cukup menganti saja gir ini, bisa kalian beli di toko alat-alat pancing.

Sebagai saran, saat akan membeli gir bawalah gir yang rusak tadi untuk mencocokan gir baru yang akan kalian beli. Atau kalian juga bisa membawa reel nya langsung ke toko pancing dan bongkar di sana, selanjutnya tinggal beli yang sesuai.

Perlu diketahui, bila membeli gir ini lain merek maka akan lain juga bentuk dan ukuran reelnya, maka dari itulah bawa contohnya supaya pas.

Bila gir barunya sudah kalian beli dan pasang, silahkan coba pasti suara itu tidak akan ada lagi.

Penyebab Reel Pancing Rusak dan Bunyi GrakGrakGrak

penyebab kerusakan reel pancing yang bunyi grak itu berasal dari aus nya gir yang seperti ini

Penyebab kerusakan reel yang bunyi Grak...Grak...Grak ini biasanya kesalahan dari kita sendiri, karena memang kurangnya pengalaman atau baru-baru mengunakan pancing yang mengunakan reel.

Kalau sudah pengalaman, pasti kita akan memiliki kesabaran, dan bila baru-baru maka kita tidak akan bisa tau resiko kerusakan saat mengulung atau menarik pancing seperti ini dan itu.

Biasanya, ausnya gir ini kita mengulung senar dengan maksa reel.

Contohnya saat ada ikan yang makan pancing, lalu kita paksa tarik mengunakan engkol dan di gulung terus, atau pancing tersangkut kayu karena senar yang kuat sehingga kita memaksakan untuk mengulung senarnya langsung mengunakan reel.

Karena di paksa maka gir bagian engkol akan beradu kuat dengan yang utama dan biasanya yang akan kalah adalah girnya besar karena yang kecil lebih rapat dan kuat.

Tapi tidak menutup kemungkinan, bila sering-sering seperti ini, bisa jadi gir engkol yang kecil juga akan kalah.

Karena itulah biasanya untuk memperbaiki gir yang suaranya grak...grak...grak ini yang dilihat bagian gir utama yang besar dan juga engkol yang kecil.

Selain dipaksa langsung, penyebab lainya adalah memancing dari tempat ketingian seperti dari atas jembatan atau tebing.

Karena dari ketinggian bila kita dapat ikan, maka akan sulit untuk menariknya, terutama bila kita masih baru, biasanya langsung mengulung senar dan ini juga akan menyebabkan gir menjadi aus.

Supaya Reel Pancing Awet Tidak Mudah Rusak Bagian Dalamnya

Untuk merawat pancing, sebenarnya tidaklah sulit karena yang penting itu tergantung cara kalian mengunakannya.

Selain itu, rajin-rajinlah memberikan minyak khusus untuk reel pancing supaya bagian dalamnya menjadi lancar dan tidak kesat.

Pada saat ada ikan yang dikira berat bobotnya, jangan buru-buru di tarik mengunakan reel tapi cobalah untuk menarik bagian joran perlahan-lahan dan mulai mengulung reel.

Bila ada perlawanan ikan, maka segera kendorkan bagian kunci supaya senar bisa perlahan terulur dan buka tutup kuncian sampai ikan bisa di tarik mengunakan joran.

Bila mancing dari ketinggian seperti tebing atau atas jembatan, kalian bisa langsung mengangkat ikan mengunakan senarnya.

Jangan pernah memainkan joran dan reel untuk menaikan ikan, bila joran kalian tidak kuat maka bisa patah.

Bila reel tidak kuat bisa rusak, kunci hanya ada pada senar utama maka angkat langsung saja ke atas.

Jadi kuncinya, semua kembali pada kalian jangan pernah memaksakan antara reel, joran dengan bobot ikan ataupun tersangkut kayu di sungai, kolam dan rawa.

Bila berat karena bobot ikan kalian bisa memainkanya terlebih dahulu, bila tersangkut maka tariklah langsung bagian senar utamanya dan jangan lupa untuk terus di rawat alat pancing kalian, dengan begini pasti reel dan joran pancing kalian akan awet.

Posting Komentar untuk "Reel Pancing Bunyi Grak Grak Grak, Ini Penyebab dan Cara Perbaiki"