Skip to main content

[SUKSES] Budidaya Ikan Patin Modal Kecil Di Kolam Terpal Segi Empat

Cara sederhana, Budidaya Ikan Patin di kolam terpal kecil dan besar yang penting kalian harus rajin-rajin untuk membersihkan dan mengecek kondisi kolam. Selagi kalian bisa mengimbanginya dan telaten dalam mengerjakan budidaya ikan patin kolam ini mudah-mudahan kalian berhasil.
Cara sederhana, Budidaya Ikan Patin di kolam terpal kecil dan besar yang penting kalian harus rajin-rajin untuk membersihkan dan mengecek kondisi kolam. Selagi kalian bisa mengimbanginya dan telaten dalam mengerjakan budidaya ikan patin kolam ini mudah-mudahan kalian berhasil.

Dalam penerapan membuat kolam dari terpal sampai panen, kalian membutuhkan waktu hingga 4 bulanan, itu juga kembali pada kalian, seberapa rajin dalam memberi pakan. Hal yang perlu kalian ketahui, bukan banyaknya pakan yang kalian kasih ke ikan patin tapi ada caranya yang tepat supaya irit pakan dan bobot ikan patin bisa mencukupi.

Namun ada yang membuat kalian bisa santai bila membudidayakan ikan patin ini, karena termasuk ikan yang nggak rewel jadi kalian bisa dengan santai menguruanya yang penting rajin. Terutama untuk yang masih berusia 1 bulanan, nah untuk kalian yang berencana untuk membuat kolam ikan patin, silahkan siapkan dulu bahanya:
  1. Kolam terpal yang sudah jadi, banyak yang jual di Online Shope, untuk ukuran bisa menyesuaikan keinginan kalian.
  2. Selang dan Sanyo, untuk mengisi kolam dan menguras nantinya.
  3. Balok kayu, sento, paku, palu, parang dan gergaji.
  4. Jaring kotak bila diperlukan pada musim hujan bila kolam kalian buat di luar halaman.
  5. Dan alat bantu lainya.
Setelah bahan kalian siapkan, selanjutnya masuk ke tahap awal yaitu persiapan.

A# Membuat Kolam.
Membuat kolam terpal untuk pelihara ikan patin modal kecil sampai besar dan bisa di jual
Untuk membuat kolamnya, pasti kalian mengerti dengan cara membuat patokan di persegi empat, bila kalian membeli terpal yang khusus kolam kalian tinggal membuat tiangnya saja. Hal yang harus kalian pikiran sebelum membuat kolam adalah lokasinya, usahakan jangan jauh dari rumah, supaya mudah untuk melakukan pengecekan.

B# Mengisi Air Di Kolam.
Sebelum mengisi airnya, silahkan di cek dulu ada posisnya sudah pas atau ada yang kurang. Bila sudah isikan langsung airnya, pengisian air pertama ini tujuanya untuk melihat kolam terpal yang kalian buat, ada kebocoran atau tidak. Jangan langsung mengisi air dan memasukan ikan patinya, karena bila ada kebocoran kalian akan kesulitan lagi, kecuali kalau memang sudah di pastikan kolam dalam keadaan bagus.

Untuk pengisian airnya, usahan jangan terlalu banyak dan juga dikit, tapi sesuaikan dengan keadaan kolam terpal dan seberapa banyak ikan yang akan kalian masukan. Bila posisi kolam tidak ada atapnya, maka kalian harus menyiapkan jaring kotak untuk menutupi bagian atasnya, karena di kuatirkan bila hujan deras dan air kolam penuh ikan bisa ikut keluar dari kolam terpal kalian.

C# Pengisian Bibit Ikan Patin.
tips orang bisa sukses pelihara ikan patin di kolam yang tidak perlu banyak modal tapi bisa berhasil
Bila semua diatas tadi sudah kalian siapkan, selanjutnya tinggal masukan bibit ikan patinya.
Sebaiknya, sebelum memasukan bibit ke dalam kolam terlebih dahulu kalian sortir untuk memilih bibit yang bagus dan tidaknya. Untuk membedakan bibit yang bagus atau tidak, caranya sederhana yaitu tinggal masukan ke dalam ember yang besar dan sebarkan bibit, untuk yang bagus ikanya giras atau seperti biasa dan yang kurang bagus terlihat diam saja, ini adalah stress pada bibit ikan tersebut silahkan kalian pindahkan yang bagus dan diamkan dulu yang terlihat kurang sehat.
Sementara itu, untuk bibit ikan yang kurang sehat tadi, bisa kalian belikan obatnya di toko penjual obat ikan atau bisa kalian tarok di kolam lain, bila keadaanya sudah terlihat baik barulaj di jadikan 1 dengan ikan patin yang lainya.

D# Pakan Ikan Patin.
Untuk pakan ikan patin kolam kalian bisa memberikan pelet seperti pakan biasanya, untuk pemberian pakan ini sebailnya 3 kali 24 jam dengan ukuran yang di naikan mnyesuaikan usia ikan patin. Yang bagus saat memberikan pakan adalah tepat jam 9 pagi - 3 sore - 9 malam dan 3 subuh, seterusnya seperti itu, atau kalian bisa menyesuaikan yang penting jaraknya memberi pakanya 6 jam.

Pemberian pakan ikan patin ini sebaiknya selalu di jam tersebut bila kalian memang ingin fokus dalam usaha budidaya ikan patin. Karena bila pas dan tepat jam pemberian pakan ikan akan lebih cepat naik bobotnya, selain itu dengan durasi 6 jam ini bisa menyesuaikan ikan tidak terlalu lapar dan masih kenyang sehingga ikan patin tidak akan menyerang sesamanya.

SEBAGAI TAMBAHAN
Untuk panen ikan patin ini bisa menyesuaikan bobotnya, tapi lebih baik kalian ikut penjualan pasaran, karena bila ikan patin yang kalian pelihara terlalu besar nanti akan menghabiskan banyak pakan sehingga tidak sesuai antara pembelian pakan dan hasil penjualanya, jadi harus kalian sesuaikan kecuali bila kolam kalian hanya untuk sampingan saja.

Bila kalian ingin fokus dalam pembudidayaan ikan patin ini, lebih baik dari yang kecil atau mulai dari bawah. Jangan langsung memulai usaha dari modal besar, dengan pemeliharaan awal kecil-kecilan kalian akan mengetahui benar cara untuk mengurus ikan patin seiring berjalanya waktu, termasuk penangkaran nantinya dan proses pengembangan bibit ikan patin.