--> Skip to main content

Umpan Ikan Hampala, Di Jamin Strike

Umpan ikan hampala atau kebaraw sungai deras, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kalian gunakan, kebanyakan pemancing mengunakan cara kesting untuk memancing ikan hampala ini. Karena ikan ini termasuk predator air deras, jadi sangat mudah untuk memancingnya mengunakan umpan tiruan.
Umpan ikan hampala atau kebaraw sungai deras, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa kalian gunakan, kebanyakan pemancing mengunakan cara kesting untuk memancing ikan hampala ini. Karena ikan ini termasuk predator air deras, jadi sangat mudah untuk memancingnya mengunakan umpan tiruan.

Tapi jarang yang tau, cara membuat umpan buatan khusus untuk ikan hampala ini, kebanyakan pemancing asli pribumi mereka memiliki cara tersendiri untuk memancing dan membuat umpan khusus untuk ikan hampala.

Bila kalian memilih mancing hampala mengunakan tekhnil kesting (casting) maka siapkanlah terlebih dahulu umpanya seperti:
  1. Minnow (umpan tiruan seperti anak ikan)
  2. Umpan dari seng yang menyerupai anak ikan, biasanya orang asli pribumi mengunakan ini.
  3. Umpan tiruan dari logam yang mengkilat.
Umpan kesting di atas bisa kalian coba bila memilih untuk menarik dan lempar lagi umpan untuk mencari sambaran ikan hampala.

Keunikan mancing dengan tekhnik kesting untuk ikan hampala ini, kalian bisa terus berpindah-pindah tempat dan tidak perlu membawa banyak pancing. Cukup bawa 1 joran saja dan beberapa umpan minnow cadangan, kalian sudah bisa berangkat untuk memancing ikan hampala. Kalau pas lagi rejeki kalian juga bisa dapat ikan yang babonnya dan pasti tarikanya akan kuat sekali.

Berbeda halnya jika kalian memancing ikan hampala dengan tekhnik tajur, kalian membutuhkan waktu dan membawa lebih banyak cadangan timah, mata kail dan juga joran pancing. Untuk tajur ini ikan hampalanya sangat pasti tapi tergantung rejeki juga.

Umpan Ikan Hampala Mancing Tajur

Bila kalian memilih pancing tajur, maka siapkanlah cadangan yang sudah saya sebutkan tadi. Untuk umpanya, akan lebih baik bila kalian mengunakan umpan hidup, bila umpan mati sebenarnya bisa juga karena tetap saja ikan butuh makan.

Untuk jenis umpanya, kalian bisa membawa:
  1. Anak ikan malis yang sebesar 1 atau 2 jarian.
  2. Anak ikan seluwang.
  3. Udang batu, usahakan ikuran sebesar kelingking atau menyesuaikan.
  4. Yuyu atau Kepiting.
  5. Kulit daging ayam.
  6. Usus ayam.
  7. Dan Cacing kalung yang besar.
Umpan diatas sangat ampuh untuk mancing hampala, bila kalian mengunakan umpan hidup sekitar 1 jam sekali bila belum ada tarikan silahkan kalian gulung pancingnya dan lihat apakah umpan masih hidup atau sudah mati, kalau mati ganti yang baru. Untuk yuyu atau kepiting walaupun mati tetap akan di makan, begitu juga udang.

Sedangkan usus atau kulit ayam dan cacing kalung, kalian bisa mengunakan seperti biasa kecuali usus. Bila usus ayam, kalian harus buatnya memanjang caranya masukan usus ke dalam kail ke senar sekitaran 1 jengkal dan potong, pas bagian atasnya kunci langsung mengunakan simpul sehingga usus akan terlihat bergerak dan ikan hampala akan menyambar umpan ini.

Cara Mancing Ikan Hampala Paling Ampuh

Untuk cara memancingnya, tergantung pada kalian ingin model apa tekhnik kesting atau tajur. Hampir sama saja seperti biasanya, yang membedakan adalah trik dan caranya supaya hasil benar-benar memuaskan.

Cara Mancing Hampala Dengan Kesting sangat mudah, kalian cukup melemparkan ke bagian sungai yang di rasa sangat di sukai ikan hampala berdiam. Karena pada saat ikan hampala ini mencari makan ia cenderung diam di suatu tempat sambil memperhatikan target, setelah dirasa dengan nalurinya akan di makan ia dengan sigap menangkap sasaran. Kalian bisa memanfaatkan ini, lempar dan gulung ke setiap bagian sungai, dari seberang pinggir dan terus ke bawah hingga aliran sungai.

Lakukan terus sampai dapat sambaran, kalau dirasa tidak ada ikan yang menyambar, kalian bisa pindah lokasi mancing dan lakukan seperti itu terus.

Mancing hampala dengan tajur adalag hal yang membosankan tapi hasilnya pasti. Kalian tinggal memasang umpan dan melemparkanya ke tengah sungai, semakin banyak pancing yang kalian bawa maka akan semakin besar juga peluang untuk kalian mendapatkan sambaran ikan hampala.

Usahakan dalam membawa umpan jangan 1 jenis saja, tapi bawa 3-5 jenis umpan. Yang terbaik adalah umpan hidup, karena hampala mainnya menyambar ia akan langsung menangkap umpan hidup yang kalian gunakan. Terlebih umpan yuyu atau kepiting, karena ikan susah menangkapnya bila di air dan pas melihatnya hampala akan langsung memakanya dan strike....