--> Skip to main content

Untung dan Rugi Pelihara Ikan Nila Kolam

Budidaya ikan nila merah atau yang biasa, bisa dilakukan dengan mudah, bila kalian hanya memeliharanya saja, karena cukup membuat kolam baik dari terpal atau kolam langsung ke tanah. Kalian sudah siap untuk memelihara ikan nila sampai siap panen, tapi kalian harus bisa memperhitungkan antara pakan dan bobot ikan nila setelah di jual nanti, karena untung dan ruginya bisa di lihat dari hasil penjualan akhir ikan nila yang kalian pelihara.

Budidaya ikan nila merah atau yang biasa, bisa dilakukan dengan mudah, bila kalian hanya memeliharanya saja, karena cukup membuat kolam baik dari terpal atau kolam langsung ke tanah. Kalian sudah siap untuk memelihara ikan nila sampai siap panen, tapi kalian harus bisa memperhitungkan antara pakan dan bobot ikan nila setelah di jual nanti, karena untung dan ruginya bisa di lihat dari hasil penjualan akhir ikan nila yang kalian pelihara.

Dalam pembudidayaan ikan nila ini, terkadang ada orang yang memang hanya iseng saja dalam mengolahnya, ada juga yang membuat kolam nila khusus untuk pemancingan dan juga ada yang memang khusus untuk usaha dan mendapatkan hasilnya. Kalian tinggal milih, mau pelihara ikan nila dengan tujuan apa?

Kalau hanya sebatas hobi saja, ya tinggal rutin di kasih pakan dan kuras kolamnya maka ikan nila kalian akan tumbuh besar.

Kalau maunya buat kolam pemancingan, tinggal gali tanah untuk kolam dan sebarkan ikan nila, rutin di kasih pakan dan sesekali menyaring airnya, kolam nila kalian siap untuk di jadikan tempat pemancingan. Tapi kalau kalian memelihara nila untuk tujuan usaha jual beli ikanya, nah kalian harus mempelajari cara atau setidaknya bisa memperhitungan antara untung atau rugi, dan itu harus jeli.

Bila kalian berniat untuk usaha ikan nila, sekarang coba kita perhitungkan dulu modal utama yang harus kalian siapkan. Pertama adalah biaya pembuatan kolam, kalau dari terpal maka kalian harus beli terpalnya dan minimal ada lokasinya, kalau dari tanah kalian tinggal andalkan kekuatan untuk mengali tanahnya, perbadaan antara kolam terpal dan tanah ini sangat mencolok yang harus kaliam ketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Terpal dan Tanah Untuk Ikan Nila

Pembuatan kolam ini harus kalian pikir secara matang karena bila salah kalian bisa rugi walaupun tidak terasa kerugianya, berikut yang harus kalian pertimbangkan sebelum memilihnya.

Kelebihan Kolam Terpal
Yang jelas simpel dan mudah untuk di buat, kalian tinggal beli saja terpal dan menyiapkan tiangnya lalu pasang dan isi airnya. Selain itu kolam bisa dipindahkan bila suatu saat kalian merasa kurang cocok pada lokasinya, untuk segi memanen ikan juga terbilang lebih mudah karena terbilang sangat cepat dan yang pastinya kalian bisa membuat lebih dari 1 kolam asalkan tempatnya pas.

Kekurangan Kolam Terpal
Kalian harus benar-benar bisa menjaga kolamnya, karena sangat mudah bocor dan sulit untuk di tambal, kalaupun bisa di tambal pasti tidak akan bertahan lama, selain itu kalian juga tidak bisa membuat kolam terpal yang langsung kena sinar matahari karena sudah pasti terpal lebih mudah sobek karena paparan panas matahari ini. Pengisian airpun tidak bisa banyak, harus benar-benar di sesuaikan dengan ukuran kolam bila air terlalu banyak terkadang terpal dan tiang tidak kuat menopang beratnya air, disinilah kalian harus rajin-rajin mengontrolnya.

Kelebihan Kolam Tanah
Tidak butuh banyak biaya, karena bisa dibuat sendiri oleh kalian bila terasa berat bisa meminta bantuan teman atau keluarga saat mengali tanahnya. Selain itu, ikan bila yang berada dalam kolam tanah juga terbilang lebih alami karena memang sejatinya ikan nila sukanya bermain di dasaran air yang berlumpur. Bobot ikan juga lebih cepat bertambah karena ada banyak pakan alami ikan yang berada dalam air, selain itu kadang kala ikan nila terus bertambah karena bisa dengan leluasa berkembang biak.

Kekurangan Kolam Tanah
Yang jelas tidak bisa di pindah, kalau kalian memutuskan untuk berhenti memelihara ikan nila sudah pasti kolam akan terbengkalai dan membutuhkan tenaga untuk menutup kembali kolam. Untuk urusan memanen ikan juga terbilang sedikit rumit, kadang kala harus di bantu dengan mesin pompa air, untuk lokasinya juga terbilang membutuhkan lokasi yang benar-benar strategis dan pas.

Namun antara kolam terpal dan tanah ini semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kalian yang memikirkanya mau buat yang mana tapi setidaknya harus di pikir dengan jelas.