Skip to main content

Bulan Yang Tepan Untuk Mancing Juni, Juli dan Agustus

Bulan Juni, Juli dan Agustus merupakan bulan dimana ikan-ikan besar di sungai keluar dan akan memakan umpan pancingan. Terkadang, mulai bulan Mei sudah banyak pemancing sungai yang menaikan ikan besar dengan ukuran di atas 3 kiloan.

Bulan Juni, Juli dan Agustus merupakan bulan dimana ikan-ikan besar di sungai keluar dan akan memakan umpan pancingan. Terkadang, mulai bulan Mei sudah banyak pemancing sungai yang menaikan ikan besar dengan ukuran di atas 3 kiloan

Mengapa harus ada bulan tertentu ikan besar mau makan umpan? Jawabanya simpel saja, karena biasanya pada bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus biasanya sudah masuk musim kemarau. Pada umumnya, ikan disungai bila air mulai surut mereka akan memilih bagian sungai yang dalam.

Bila kalian memancing pada saat musim kemarau ini, sudah jelas akan mendapatkan sambaran ikan yang besar, karena ikan berkumpul menjadi 1 pada bagian sungai yang dalam seperti lubuk atau tikungan sungai.

Itulah sebabnya, kebanyakan pemancing akan ramai sekali disungai bila mulai masuk musim kemarau.

Berbeda dengan tahun 2021 ini, musim kemarau belum sama sekali nampak khususnya untuk wilayah Sumatera. Tapi tetap saja, sebagai pemancing gak perduli banjir ataupun surut bila timbul hasrat ingin mancing tetap saja berangkat.

Buat kalian yang biasanya mancing disungai, cobalah perhatikan pada musim-musim kemarau dan saat musim banjir. Pada musim banjir, sangat jarang sekali orang mancing menaikan ikan yang berukuran besar, malah kadang tidak dapat ikan sama sekali, hal ini juga berfaktor pada air sungai karena saat banjir ikan akan menyebar sehingga sulit sekali ditemukan oleh umpan yang kalian pakai.

Saat musim air surut, ikan akan menjadi 1 disebuah tempat saja dan kalian bisa leluasa memancingnya. Kalau pas lagi rejekinya, kalian bisa menaikan ikan berkilo-kilo pada hari itu.

Selain ikan berkumpul menjadi 1 pada musim kemarau atau surut ini, biasanya pada Bulan-bulan mei - agustus ikan yang berukuran besar juga sudah jarang yang bertelur. Hal ini juga menjadi sebuah faktor sering kali orang mendapatkan ikan yang besar pada musim ini.

Nah untuk kalian bisa memilih bulan mei - agustus bila ingin mancing disungai serta memilih spot yang bagus di daerah kalian. Bila sudah lewat minimal bulan 10 kalian bisa istirahat dulu memancingnya atau berangkat sesekali saja, karena biasanya setelah musim kemarau sungai akan banjir dan kalian kesulitan untuk memancing ikan.

Walaupun begitu, tetap saja kalian masih bisa memilih bagian sungai tertentu saja yang dirasa masih ada ikanya walaupun air sedang banjir.