--> Skip to main content

Mancing Pakai Umpan Klanceng Putih

Umpan mancing pakai Klanceng Putih bisa dikatakan sangat jarang di gunakan, selain sulit mencarinya kalaupun dapat terkadang sulit di gunakan dalam hal pemasangan umpanya. Pada lebah Klanceng ini, yang biasanya digunakan juga sama seperti anak tawon pada umumnya karena susah mencarinya maka umpan ini jarang di gunakan untuk umpan mancing.

Umpan mancing pakai Klanceng Putih bisa dikatakan sangat jarang di gunakan, selain sulit mencarinya kalaupun dapat terkadang sulit di gunakan dalam hal pemasangan umpanya. Pada lebah Klanceng ini, yang biasanya digunakan juga sama seperti anak tawon pada umumnya karena susah mencarinya maka umpan ini jarang di gunakan untuk umpan mancing

Sebenarnya, umpan anak Klanceng ini lebih kuat dari umpan anakan tawon biasa, setara dengan pengunaan umpan kroto langsung. Tapi, bila kalian mengunakan anak Klanceng putih maka bisa langsung di gunakan sebagai umpan, berbeda dengan kroto yang sangat tidak mungkin bila di gunakan langsung untuk memancing ikan.

Untuk kalian yang kebetulan di sekitaran rumahnya ada lebah Klanceng dan berniat untuk di jadikan umpan, tidak ada salahnya di coba, tapi sebaiknya ketahui dengan jelas target ikan dan cara mengunakanya sebagai umpan mancing. Karena bila kalian salah dalam pemasang umpan, bisa jadi malah capek saja memasang umpanya.

Berikut beberapa target ikan yang bisa kalian pancing mengunakan umpan anakan Klanceng yang masih putih ini:

  • Ikan wader.
  • Ikan betok/betik.
  • Ikan Seluwang.
  • Ikan gabus dan toman.
  • Ikan melem.
  • Ikan lampam.
  • Dan ikan-ikan pada umumnya.

Tapi untuk ukuran ikan yang mau memakan umpan klanceng ini hanya ikan yang berukuran kecil saja, kecuali bila pas kalian mancing ada ikan besar yang melihat umpan kalian.

Cara Mengunakan Anakan Klaceng Untuk Umpan

Sebelum kalian mengunakan Klacnceng yang masih putih ini untuk umpan, sebaiknya kalian rendam terlebih dahulu dengan air panas, tujuanya supaya tekstur anakan klanceng jadi lebih kenyal dan tidak mudah hancur saat di gunakan.

Perlu kalian ketahui, klanceng yang masih putih ini sama seperti telur yang bila kalian tusuk dengan mata kail sudah pasti pecah dan saat dimasukan ke air ya pasti hilang terbawa arus sungai. Bila kalian siramkan air panas terlebih dahulu, isi dari anakan klanceng ini akan beku dan pas digunakan aromanya masih tetap utuh dan tidak mudah hancur bila kena arus sungai dan sebagainya.

Untuk pemasangan umpanya, kurang lebih hampir sama saja seperti pada umumnya memasang umpan, cukup masukan umpan ke mata kail kurang lebih 2 atau 3 bijian atau menyesuaikan besar kecilnya mata kail yang kalian gunakan.

Sebagai saran dari saya, gunakanlah mata kail yang kecil saja karena pada umumnya yang memakan umpan klanceng ini adalah ikan yang berukuran kecil. Kecuali pas lagi rejeki kalian dapat ikan yang besar.

Bila kalian memaksakan untuk mengunakan mata kail yang besar, biasanya umpan akan habis karena akan terus di makan ikan-ikan yang berukuran kecil. Jadi usahakan mata kail yang kalian gunakan menyesuaikan.

Racikan Umpan Klanceng

Jadi pemancing kurang pas rasanya kalau tidak berexperiment, anakan klanceng juga bisa kalian racik mengunakan campuran umpan lainya supaya lebih joss lagi.

Biasanya, racikan umpan klanceng ini mengunakan pelet dan lainya, kalau kalian mau mencoba untuk membuatnya silahkan ikuti cara untuk membuatnya.

Yang pertama siapkan pelet pakan ikan biasa, lalu hancurkan mengunakan air panas. Setelah hancur, campurkan nasi putih yang masih panas lalu masukan ke dalam plastik dan penyet-penyet sampai nasi dan pelet jadi 1, yang terakhir masukan klanceng dan ulang di penyet-penyet sampai tercampur semuanya, kalau dirasa sudah tercampur semua umpan siap kalian gunakan.

Selain mengunakan pelet, kalian juga bisa mencoba racikan mengunakan tempe dan mie instan. Caranya cukup giling halus mie instan, setelah halus campurkan tempe dan tumbuk sampai bercampur dan terakhir masukan anakan klanceng dan tumbuk kembali.

Untuk yang lainya, kalian bisa memadukan umpan yang biasanya kalian gunakan. Jadikan klanceng putih ini untuk tambahan aroma saja seperti keroto.

Nah itulah beberapa cara untuk mengunakan klanceng putih sebagai umpan mancing yang bisa saya bagikan, semogga bermanfaat untuk kalian.